romeorabunAvatar border
TS
romeorabun
Mau Kursi Murah di Kereta Api? Coba Cari Tiket Sub Kelas P atau Z



Menggunakan kereta api adalah salah satu alternatif transportasi jarak jauh yang bisa kamu pilih. Ada banyak hal yang membuat kereta api jadi salah satu transportasi jarak jauh favorit. Selain harga, juga perjalanan yang terasa lebih ada feel petualangnya gitu. Hehe... ya nggak sih?

Anyway, kalau kamu beli tiket kereta api biasanya akan ada sub-sub kelas yang ditandai dengan huruf-huruf berbeda. Sub kelas ini terbagi berdasarkan kelas utamanya jadi Ekonomi punya sub kelas yang berbeda dengan Bisnis dan Eksekutif.

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Humas PT KAI Daop 1, Eva Chairunisa menjelaskan meski dibedakan dengan huruf tapi secara fasilitas sebenarnya nggak ada yang berbeda dari sub kelas ini. Namun memang, ada perbedaan harga.



Harga yang paling murah ada di mana?

Menurut PT KAI, pembagian sub kelas ini dilakukan untuk memudahkan penumpang dalam memilih tempat duduk. Tempat duduk yang berbeda bisa juga dihargai dengan tarif berbeda pula. Termasuk juga posisi gerbong.

Gerbong tengah biasanya banderolnya lebih mahal dari gerbong belakang. Lalu tiket dengan sub kelas yang lebih dekat dengan kereta makan atau restorasi juga harganya lebih mahal. Jadi kamu harus menghindari gerbong yang ini.

Nah tips selanjutnya untuk mencari tiket kereta dengan harga murah adalah memilih tempat duduk di dekat pintu. Karena biasanya harganya akan berbeda dengan yang agak ke tengah.

Sementara untuk sub kelas, tiket termurah biasanya ada di sub kelas huruf P dan Z. Itu adalah sub kelas untuk Ekonomi.

Tapi ini juga relatif ya, GanSis. Karena PT KAI sendiri sebenarnya bilang nggak ada acuan pasti soal harga dan sub kelas ini. Biasanya juga ada tanggal-tanggal tertentu yang nggak diberikan sub kelas, sehingga harganya semua sama. Mungkin di peak season kali ya.

Anyway, ini tips berguna buat kamu yang ingin melakukan perjalanan dengan kereta api.
anasabila
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 13 lainnya memberi reputasi
14
6.5K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan