RifanNazhifAvatar border
TS
RifanNazhif
18 Keajaiban Tubuh Manusia Yang Membuat Kita Terpana


Terkadang kita merasa sok hebat, sehingga merasa paling bisa segalanya. Bahkan fenomena “keakuan” akan semakin mendongkrak rasa sombong itu. “Kalau bukan karena aku. Kalau tak dibantu aku. Kalau bukan biaya dari aku”. Bla-bla-bla.


Maka dari itu, agar kita bisa menanamkan rasa rendah hati (bukan rendah diri), sebenarnya bisa didapatkan dengan hanya mengamati tubuh kita. Betapa luar biasanya makhluk yang Tuhan ciptakan ini. Jadi, percuma saja kalau mau sombong.

Baru delapan belas bagian saja keajaiban dari tubuh manusia yang kita ketahui, kita semua akan merasa terkejut dan tentu merasa sangat kecil. Lalu, Apa saja bagian dari tubuh manusia yang menakjubkan itu?

Pertama, tubuh manusia itu terbuat dari sekitar 7 oktilion atom. Jangankan kamu, aku juga baru sekarang mendengar angka itu. Tujuh oktilion itu adalah angka 7 dan deretan dua puluh angka nol di belakangnya. Bisa kebayang kan bagaimana cara menghitungnya? Kalkulator saja error dan  memilih menjadi sempoa karena layarnya tak sanggup memunculkan angka sebanyak itu.

Kedua, tubuh manusia terdiri dari 37 triliun sel. Bagaimana ribetnya menggabungkan begitu banyak sel, hingga berwujud diri kita.

Ketiga, kalau kamu merasa hebat karena sudah  cum laude mematahkan empat batang bata, sekarang kamu harus sering sungkem kepada lambung. Apa pasal? Kamu tak usah ngences, yah. Asam lambung manusia dapat melarutkan logam, lho.

Keempat. Lapisan kulit luarmu akan gugur setiap 2 sampai 4 minggu. Kalau dihitung, dalam setahun kamu bisa mengumpulkan 0,7 kg kulit mati. Lumayan tuh dijadikan krupuk kulit (maaf bercanda).

Kelima, meski usia tua akan menanggalkan satu demi satu organ tubuh manusia seperti gigi, maka ada beberapa bagian yang akan menyertai kita sampai meninggalkan dunia fana. Cei, kayak cinta mati, dong. Bagian mana dari tubuh manusia yang setia itu? Yakni sel-sel di lensa mata bagian dalam, sel-sel jantung serta neuron korteks serebral.

Keenam, otak terbentuk dari kerutan-kerutan. Bila kerutan dibentang, ukurannya bisa sebesar bantal. Kamu tak katakan wow, gitu?

Ketujuh, saraf daya ingat kamu  mudah-mudahan bisa mengingat tulisan sederhana ini. Karena studi telah menunjukkan bahwa setelah manusia melihat 2.500 gambar hanya dalam 3 detik, peserta dapat mengingat jika mereka telah melihat gambar dengan akurasi 92 persen.

Kedelapan, berbanggalah bisa berkedip, karena dengan berkedip, kornea mata kamu akan tetap lembab. Bayangkan, dalam sehari, manusia telah menghabiskan waktu sebanyak sepuluh persen untuk berkedip. Eh, dikedipin pacar sekali saja, kamu sudah klepek-klepek.

Kesembilan, mata kita bisa membedakan antara 2,3 dan 7,5 juta warna yang berbeda. Wow, amazing!

Kesepuluh, eh, walaupun hidung kita pesek, tapi dia bisa membedakan antara 1 triliun aroma yang berbeda.

Kesebelas, jari-jari kita bisa merasakan benda meski sangat renik atau 7.500 lebih kecil dari diameter rambut manusia.

Keduabelas, dalam keseharian, kita sering kali tak menganggap keberadaan jari kelingking. Berhubung dia paling ramping, kita kerap kali memberinya tugas membersihkan lobang hidung. Tapi apakah kita tahu seandainya jari kelingking tak ada, maka kita akan kehilangan 50 %  dari kekuatan tangan.

Ketigabelas, kita tentu tahu betapa berartinya jantung bagi tubuh, hingga bila seseorang itu amat kita cinta, kita sering mengatakan, “kaulah jantung hatiku”. 

Didalam tubuh kita, jantunglah yang tak pernah meminta istirahat. Karena kalau dia istirahat, maka nyawa pun lewat. Jantung kita berdetak 100.000 kali per hari. Memompa 5,5 liter darah per menit, atau 3 juta liter per tahun.

Keempatbelas, ketika manusia sudah mati, maka 4 menit kemudian mulailah proses “pencernaan diri” yakni enzim dan bakteri akan memakan tubuh tempat dia menumpang.

Kelimabelas, mulai sekarang kita harus merubah persepsi bahwa mahkluk pemilik tubuh kita adalah kita sendiri. Padahal ada makhluk lain yang menetap di tubuh ini. Yap, dialah bakteri. 3 hingga 5 pon dari berat tubuh setiap manusia, itu terdiri dari bakteri. Di gigi saja, jumlah bakteri ada sekitar 100 juta sampai 1 miliar.

Keenambelas, terkadang kita berpikir betapa rapuhnya tulang manusia. Padahal kekuatannya sangat hebat. Seseorang dengan  berat sekitar 83 kilogram dan tinggi 11 kaki (ukuran US),  diperkirakan bisa menahan beban 16.000 orang pada suatu waktu. Hmm.

Ketujuhbelas, bila DNA didalam tubuh manusia tidak digulung, jika dibentangkan, maka panjangnya sekitar 10 miliar mil.

Delapanbelas,  terakhir pembuluh darah. Kamu akan terkejut bila mengetahui bahwa ketika pembuluh darah manusia dibentangkan, panjangnya sekitar 60.000 mil.

Setelah melihat segelintir hal yang menakjubkan di tubuh manusia, apakah kita tetap merasa sombong? Tentu tidak, kan?



anasabila
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 43 lainnya memberi reputasi
42
13.5K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan