amdar07Avatar border
TS
amdar07 
[BUKA GAME LAMA] Sweet Home, Sang Pelopor Game Survival Horror
#AmdarGanteng



emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih emoticon-terimakasih
Halo agan dan sista,
Tidak kerasa ya, konten BGL ane sudah masuk angka dua digit emoticon-Ngakak (S). Maka dari itu, untuk episode 10 BGL (Buka Game Lama), ane bakal bahas game Sweet Home.

(Klik Untuk Thread Game Lama Lainnya)


Simak dulu intronya

Berbicara tentang Resident Evil atau Biohazard, dipikiran kalian pasti terlintas gambar-gambar detektif khusus STARS yang berlari ke sebuah rumah besar, menemukan jalan keluar, dan kumpulan zombie yang mengejar kita sampai mereka semua berlumuran darah. Ini bagaikan plot film lama, bukan?

Ane yakin kalian baru tahu dibalik layar Resident Evil bukanlah sebuah kisah percobaan sains palsu, melainkan sebuah remake dari proyek pada game Famicom sebelum menjadi seri game baru yang semua orang tahu hari ini. Nama gamenya adalah Sweet Home, sebuah nama yang manis namun memiliki rahasia gelap dari apa yang diharapkan.



sumber: http://www.capcom.com/

Sweet Home adalah game RPG dari CAPCOM yang dimana pemain akan memainkan peran sekelompok dokumenter yang melakukan perjalanan ke rumah misterius. Di rumah ini, pemain akan bertemu banyak hantu sampai harus bekerja bersama melalui mereka semua. Tetapi kondisinya bisa ane bilang tragis banget sih, soalnya senjata dan item pemulihan dalam permainan sangat terbatas. Wajar karena ini adalah awal mula game survival horor.



sumber: http://www.capcom.com/

Game ini hadir dengan total 5 karakter, dimana pemain dapat berganti karakter kapan saja atau membagi tim untuk mengeksplorasi antara 2-3 orang selama tidak ada yang dibantai. Setiap orang akan memiliki barang-barang pribadi yang berbeda seperti kamera, korek api, kotak obat, gembok atau penyedot debu, dan lain-lainnya.



sumber: http://www.capcom.com/

Nah untuk gameplay sendiri, itu mirip dengan permainan JRPG pada umumnya di masa itu. Dimana karakter berada dalam bentuk kecil dan bergerak di sekitar peta dengan pertempuran berbasis giliran. Kunci permainan ini adalah untuk memecahkan teka-teki dan bertahan hidup. Sebagai contoh, kadang-kadang kita menemukan dinding tali, nah pemain dapat membawa korek api ke titik ini untuk membuka jalan. Selain itu, fragmen atau bagian cerita bergantung pada membaca surat atau noda darah di dinding.

Saat memasuki rumah besar ini, pemain akan mengalami tekanan dengan iringan musik yang fantastis. Ada juga berbagai jebakan seperti pasir hisap dan lampu gantung yang mungkin jatuh menimpa para karakter. Belum lagi tiap clip adegan saat hantunya datang, berasa mau berhenti main emoticon-Ngakak (S).



sumber: http://www.capcom.com/

Sistem manajemen item adalah hal penting lain yang membuat game ini semakin sulit. Karena kadang-kadang pemain dapat menemui rintangan aneh. Seperti duri kecil yang ada ditiap lantai rumah. Pada titik ini, kadang-kadang kita harus benar-benar pandai menggunakan obat regenatif, karena seperti yang ane katakan diawal thread. Item di game ini sangat terbatas.

Sweet Home pertama kali dirilis pada 15 Desember 1989 dan hanya dirilis di Jepang, karena dulu pengembang berpikir bahwa game RPG tidak terkenal di belahan bumi bagian barat. Tetapi pada akhirnya sih dirilis juga, malah penggemar game sendiri yang menerjemahkan file game ke dalam bahasa Inggris dan didistribusikan lewat internet.



sumber: http://www.capcom.com/

Harapan ane sih, Sweet Home bisa dibuat ulang dalam grafik tiga dimensi. Karena game ini merupakan pelopor survival horror seperti Resident Evil, Dread Out, dan masih banyak lagi.
Ohh ya sebelum ane menutup thread ini, bagi yang mau request "Buka Game Lama" tinggal komentar dibawah.
Thanks and see you next thread GanSist.


Quote:


Diubah oleh amdar07 02-08-2020 08:51
nunu403
nona212
tien212700
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
4.2K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan