Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

phinokkAvatar border
TS
phinokk
Tips Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lain Kepada Kita
Tips Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lain Kepada Kita
Sumber: ten mriki😉

Pernah gak sih agan atau sista ngerasa kesal sama seseorang? Ngerasa marah, ngerasa dendam, atau merasa benci gitu?


Kita tentu pernah mengalami semua itu. Manusiawi lah yaa. Tapi ingat jangan lama-lama. Setiap orang pasti pernah berbuat salah bukan. Entah besar atau kecil, sengaja atau tidak, jika dia meminta maaf maka jangan segan untuk memaafkan. Nggak gampang sih emang, tapi bukan berarti gak bisa kan. Kebanyakan orang pasti sulit memaafkan kalo udah bener-bener kecewa.

Nah disini aku punya tips buat mudah memaafkan kesalahan orang lain. Ok simak baik-baik yak😉

1.) Istighfar saat kesal

Ketika kamu sedang marah sama seseorang, pas lagi kesel-keselnya, pas emosi-emosinya, ingat sama Allah. Baca istighfar sebanyak mungkin untuk menenangkan hati. Kalo ga bisa seenggaknya baca tiga kali lah. Astaghfirullahaladzim.. Astaghfirullahaladzim.. Astaghfirullahaladzim..

2.) Positif thinking

Berfikir positif akan membawa hasil yang baik. Setiap hal yang kita sikapi dengan positif akan berbuah positif. Karena semua tergantung dari sudut pandang kita masing-masing. Semisal ada seseorang yang buat kita kesel, ya berpikir positif aja. mungkin orang itu sedang bercanda, atau mungkin orang itu tidak sengaja atau apapun itu intinya kita tuh harus berpikir positif.

3.) Sugestikan pada diri sendiri untuk tidak benci

Ngerti sugesti kan? sugesti itu adalah sesuatu perintah yang mengharuskan kita untuk melakukan sesuatu. Nah kita harus melakukannya pada diri kita sendiri. kita harus sugestikam pada diri kita sendiri bahwa kita tidak boleh membenci siapapun apapun alasannya. Yah misalnyasaya sedang kesal kepada seseorang lalu saya sugestikan kepada diri saya sendiri agar tidak membenci orang itu. Intinya gue nggak boleh benci sama itu orang, gue gak boleh jadi jahat, gue nggak boleh nyakitin siapapun, gue nggak boleh marah sama siapapun, gue harus sabar, gue harus ikhlas, gue nggak boleh benci, gue harus jauhin sikap benci sifat-sifat buruk itu dari diri gue. Gue gak boleh membenci siapapun pokoknya gitu.

4.) Introspeksi diri

Yaps introspeksi. sekali lagi kita perlu melihat ke diri kita sendiri sebelum menilai orang lain. Bercermin lah ya istilahnya. Jadi kan kita sebagai manusia tuh nggak ada yang sempurna. Setiap orang pasti pernah berbuat kesalahan. setiap orang pasti pernah melakukan apapun yang membuat orang lain kesal atau marah. Lalu apa masalahnya memaafkan orang lain kita sendiri pernah bersalah. jadi sebelum marahnya terlalu besar coba kita lihat diri sendiri dulu ya guys.

5.) Ingat kebaikannya

ingat ya kalau kita mau marah sama seseorang atau benci sama seseorang itu kan pasti kita lagi ingat buruknya orang itu nih, jeleknya orang itu, karena kita lagi keadaan emosi, kita lagi keadaan kesel. Nah pada saat itu kita coba inget-inget kebaikannya. dia pernah ngelakuin apa ke gue, pernah nolong apa ke gue, masa gue nggak inget sih, masa gue cuma ini jelek nya aja. setiap orang kan punya sisi baik dan sisi buruk. jadi nggak bisa dong kita langsung nge'judge' seseorang itu jahat hanya karena kita lagi emosi.

6.) Posisikan diri kita lada orang tersebut

Setiap manusia pasti punya sudut pandang yang berbeda bukan, setiap orang pasti punya pemikiran yang berbeda. nah dari itu kita coba melihat dari sudut pandang orang lain. belum tentu orang itu salah sepenuhnya. coba kita posisiin diri kita ke orang itu. kita pasti tahu dong rasanya nggak dimaafin itu enggak enak. punya rasa bersalah dan itu nggak enak banget kan nah kita coba lihat dari sisi itu dan cobalah untuk memaafkannya.




Ok guys itu dulu ya tips dari aku. Ingat pesan aku memaafkan itu indah.
Diubah oleh phinokk 17-12-2019 13:35
lina.wh
NadarNadz
nona212
nona212 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.5K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan