CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dubes Sebut Tiga Syarat Agar Rizieq Shihab Bisa Cepat Pulang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df0465ab84088729300dd5e/dubes-sebut-tiga-syarat-agar-rizieq-shihab-bisa-cepat-pulang

Dubes Sebut Tiga Syarat Agar Rizieq Shihab Bisa Cepat Pulang

Rabu 11 Desember 2019, 06:50 WIB

Blak blakan Agus Maftuh Abegebriel

Dubes Sebut Tiga Syarat Agar Rizieq Shihab Bisa Cepat Pulang

Jakarta -

Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menegaskan sejauh ini tidak pernah ada negosiasi khusus antara Indonesia dan Arab Saudi terkait nasib Muhammad Rizieq Shihab (MRS). Meskipun demikian bila memang pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu ingin kembali ke tanah air, sebagai diplomat dia akan membantunya dengan sepenuh hati.

Dubes Sebut Tiga Syarat Agar Rizieq Shihab Bisa Cepat Pulang

Syaratnya, Rizieq bersikap kooperatif dengan perwakilan RI di Arab Saudi. Dia dapat menyampaikan laporan terkait berbagai masalah yang dihadapinya ke kantor perwakilan RI terdekat.

"Saya harus tegaskan saudara MRS ini tidak pernah melapor soal keberadaannya maupun permasalahannya secara resmi ke perwakilan KBRI," kata Agus kepada Tim Blak blakan detik.com.

Tapi dia mengakui bahwa Rizieq pernah berkomunikasi melalui telepon, salah satunya ketika dia berada di Qatar dua tahun lalu. Komunikasi via telepon itu dilakukan Rizieq melalui orang lain dan percakapan lebih sekedar basa-basi.

"Jadi, ada orang lain yang menelepon saya lalu dia ikut berbicara. 'Pak dubes apa kabar kapan kita ngopi?'," ujar Agus mengulang percakapannya dengan Rizieq.

Terkait pernyataan Rizieq yang disiarkan dalam reuni 212 di Monas, Senin (2/12) bahwa dirinya mengutus staf KBRI dari BIN, Agus menepisnya. Ia menegaskan dirinya tidak pernah memberi perintah maupun advice baik lisan apalagi tertulis kepada stafnya untuk menemui Rizieq.

Kedua, Agus menyarankan agar Rizieq mencabut pernyataan yang menyebut Jokowi sebagai presiden illegal. Padahal faktanya Raja Salman maupun putra mahkota Muhammad bin Salman (MBS) menjalin persahabatn yang erat dan sangat menghormati Presiden Jokowi.

"Pernyataan semacam itu sensitif di Arab Saudi. Kalau warga negara yang tidak mengakui kepala negaranya ini muskillah, udahlah cabut. Ini kan urusan dignity, soal NKRI," saran Agus.

Selain itu, Agus juga menyarankan agar Rizieq mencabut sumpahnya yang tidak akan meminta tolong kepada pemerintah karena menilai pemerintah sebagai rezim zalim. "Saya yakin itu kitab-kitab yang menjadi background, backdrop ketika dia ceramah, ada satu bab tentang kitab sumpah dan nazar dan bagaimana menggagalkan sumpah itu ada. Dicari saja," ujar dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga itu.

Terlepas dari itu, Agus menyarankan agar Rizieq segera mendatangi perwakilan Indonesia terdekat dan menceritakan persoalan yang tengah dihadapi. Sebab cuma dengan kelengkapan data yang formal pihaknya dapat berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. "Bila tidak, ya nanti ditertawakan oleh Kemenlu Arab Saudi," ujarnya.

Meskipun demikian, dia mengaku secara informal terus menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait yang berwenang di negeri itu untuk mencari tahu persoalan sebenarnya terkait Rizieq Shihab. Karena semula lembaga formal tak memiliki informasi akurat, ada kemungkinan yang menangani adalah lembaga lain yang lebih tinggi dan bertanggung jawab langsung kepada Raja Salman.

"Karena ini kejadian yang pertama kali selama hampir 4 tahun saya bertugas. Jawaban dari kolega kami, kalau yang mencekal ini lembaga superbody berati ada masalah super serius, permasalahan hukum," ujar diplomat kelahiran Semarang, 1 Oktober 1965 itu.

Apapun yang terjadi, KBRI akan terus memantau kasus ini dan siap memberikan pendampingan terhadap Rizieq Shihab meskipun yang bersangkutan menyatakan tak mau dibantu. "Selama masih memegang paspor RI, KBRI akan lakukan pendampingan dan berikan hak-hak kekonsuleran," ujar bapak empat anak tersebut.

Pada bagian lain, Agus menceritakan soal banyaknya WNI maupun warga dari negara yang overstay di Arab Saudi tapi tidak serta-merta dideportasi ke negara asal. Pendeportasian hanya dilakukan bila terjadi razia massal di jalanan.

https://m.detik.com/news/berita/d-48...ospopular_list

kebayang kan ente si fisang tegang ini kena razia massal di jalanan arab sono...karma is a bitch...makanya bib jgn bikin ulah ... tuman...nanti ente bisa di khasoggi kan sama MBS baru tau rasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Syarat yg ke empat?

Akui perbuatannya dengan firza. Pakai sumpah pocong kalau memang betul punya nyali emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reinaldo69600 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ini sepertinya sudah cukup jelas, ....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ehe hehehehe


turut berbahagia ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chrysalis99 dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post balonkempes
ada cara kelima gan..
naik cargo dalam peti emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Tetap saja, brizik merasa paling benar ... kamprinngggg
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan simsol... memberi reputasi
"Jadi, ada orang lain yang menelepon saya lalu dia ikut berbicara. 'Pak dubes apa kabar kapan kita ngopi?'," ujar Agus mengulang percakapannya dengan Rizieq.Dubes Sebut Tiga Syarat Agar Rizieq Shihab Bisa Cepat Pulang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bodo amat cabul. emoticon-Traveller
profile-picture
simsol... memberi reputasi
syarat 2 dan 3 ga bakalan bisa.sokorrrrrrŕr
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Saran yang baik dari Pak Dubes
profile-picture
profile-picture
chrysalis99 dan simsol... memberi reputasi
gak bosen"nya berita dari HBS yah emoticon-Traveller
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Balasan post Theist
Quote:


Bagi para pendukung HRS, FPI dan jg jombi 212, tetep menganggap bahwa doi dikriminalisasi...

Sbnernya udh cukup bgd itu buat nangkep bibieb saat blg Jokowi itu presiden Illegal...


Siapa sih sbnernya bibieb rijieq?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Dubes Sebut Tiga Syarat Agar Rizieq Shihab Bisa Cepat Pulang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EvoltoCiao dan 5 lainnya memberi reputasi
Ga usah diurus.. Tungguin aja paspornya abis
profile-picture
simsol... memberi reputasi
udah lah. paketin aja pake FEdEx, ribet amat
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Quote:


Dubes Sebut Tiga Syarat Agar Rizieq Shihab Bisa Cepat Pulang

emoticon-2 Jempolemoticon-Ngakakemoticon-2 Jempol
itu bre diatas ane kasih sekelumit cerita briziek
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Masalahnya lebih dalem kaenya gegara bendera dirumahnya....

Plus video dia nyuruh pasang tu bendera ditiap2 rumah

Tau ndiri kan arab alergi ma kek gt an
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 2 lainnya memberi reputasi
MBS kata om ts ciapa ya?
Bukannya laja cekalang SbAZ?
emoticon-Bingung
Memkopolhukam aja di bilang orang kecil apa lagi ini dubes yang ngomong, mana mau di anggap oleh rijek. Tapi tunggu nanti rijek mewek apa engga, kalau mewek berarti rijik memang suka menjilat ludah sendiri. emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
I.Just.Run dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


tinggal dibanyakin aja jalan jalan nya.. siapa tahu bisa pulang gratis.
Quote:


Bankeeeee emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di