Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Richy211Avatar border
TS
Richy211
Menguak Cerita Keramat Praktik Pesugihan 'Rumah Kabira' di Sidrap Sulsel
Menguak Cerita Keramat Praktik Pesugihan 'Rumah Kabira' di Sidrap Sulsel

Sumber: sini

Selamat siang Gansist? Akhirnya kembali menulis thread horor. Bagi Agan atau Sista yang penakut sebaiknya skip saja. Pasalnya TS ini demen nonton film horor juga. Bukan karena modus kalau ketakutan bakalan mepet-mepet si doi 😂. Ane yakin di antara Agan di sini pasti ada yang takut nonton film horor? Oke lanjut saja ke pembahasannya Gansist.


Boleh TS bertanya adakah yang tahu tentang pesugihan? Definisi pesugihan menurut opini TS adalah cara seseorang ingin cepat kaya, dengan jalan yang instan, tetapi bertentangan dengan ilmu Agama.

Nah, di sebuah tempat di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) di daerah Sulawesi Selatan ini ada beberapa tempat yang dianggap keramat. Lokasi tersebut banyak didatangi tidak hanya masyarakat setempat, tetapi masyarakat luar daerah yang percaya akan mitos. Tujuannya beraneka ragam dan salah satunya ialah melakukan ritual pesugihan di tempat ini.

Lokasi keramat tersebut ada di sebuah rumah bernama Rumah Kabira. Kabupaten Sidrap ini sebenarnya lebih dikenal sebagai daerah lumbung padi di Sulsel. Memang sih kalau TS melihat lokasi Rumah Kabira itu ada di area persawahan.
 
Salah satu tokoh masyarakat setempat bernama Andi Ansarullahpun tidak mengetahui kenapa rumah-rumahan kecil (Rumah Kabira) berubah fungsi menjadi lokasi ritual pesugihan. Di Rumah Kabira tersebut konon terpasang kelambu warna merah dan ditemukan juga bekas sesajen.

Jalan menuju ke Rumah Kabira ini pun sangat menegangkan karena harus melewati hutan dan ada banyak makam yang jumlahnya puluhan. Bahkan di jalan setapak ini sering dijumpai sosok gaib bertubuh mungil menggunakan tongkat. Sehingga tidak bisa dipungkiri hal ini membuat kepercayaan masyarakat yang menjadikan Rumah Kabira itu keramat dan terkesan angker.

Spoiler for foto:


Dulunya, menurut Sejarah Rumah Kabiraadalah tempat persinggahan raja-raja atau Arung. Salah satu raja atau Arung yang sering datang adalah Andi Mappiabang atau Arung Lamerrang. Sedangkan Arung Lamerrang diketahui adalah kakek dari Andi Ansarullah alias Petta Ulla. Rumah Kabira digunakan oleh para raja tersebut untuk menyusun cara dalam menghadapi tentara Belanda pada
masa itu.

Quote:


Namun, untungnya sekarang tempat ini sudah tidak dijadikan lokasi ritual pesugihan lagi karena dilarang Gansist. Meskipun, menurut cerita ada orang yang datang melakukan ritual pesugihan seperti meminta nomor lotere dan hal lain di luar nalar.


Quote:


Quote:


Mendengar kisah di atas tadi bulu kuduk TS agak merinding. Terkadang TS tak habis pikir dengan seseorang yang mencari kekayaan dengan jalan pintas yang bisa dibilang tidak halal. Padahal masih banyak cara halal agar bisa meraih kesuksesan dan menjadi orang kaya. Misalnya saja menekuni hobi bermain game dan menjadi atlet eSports.



Sumber: sini
Diubah oleh Richy211 10-12-2019 07:33
GutSchreiben
MAQ375
tien212700
tien212700 dan 12 lainnya memberi reputasi
11
4.7K
73
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan