CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bukan Cuma Rocky, Pengamat Ini Juga Nilai Presiden Tidak Mengerti Pancasila
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5deb998388b3cb2c57540cb1/bukan-cuma-rocky-pengamat-ini-juga-nilai-presiden-tidak-mengerti-pancasila

Bukan Cuma Rocky, Pengamat Ini Juga Nilai Presiden Tidak Mengerti Pancasila


Sabtu, 07 Desember 2019 Bukan Cuma Rocky, Pengamat Ini Juga Nilai Presiden Tidak Mengerti Pancasila

Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.comJAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Studies Alfarisi Thalib menilai, pernyataan Rocky Gerung 'presiden tidak mengerti Pancasila' merupakan kritik, bukan hinaan. Karena itu, tidak layak dibawa ke ranah hukum.

Alfarisi menyatakan pandangannya setelah menonton ulang tayangan ILC yang disiarkan TV One, Selasa (3/12), dimana Gerung menyatakan pandangannya saat menjadi pembicara.


"Saya sudah menonton dengan seksama acara ILC tersebut sejak awal hingga akhir. Termasuk juga telah menganalisis pernyataan Rocky Gerung yang menyebut presiden tidak mengerti Pancasila. Saya menilai pernyataan Rocky sarat argumentasi dengan sistem logika yang padat. Dengan itu mungkin Rocky tidak bermaksud menghina Joko Widodo baik sebagai personal maupun sebagai kader PDIP," ujar Alfarisi kepada JPNN.com, Sabtu (7/12)


Baca Juga:




Menurut Alfarisi, pernyataan Gerung yang ditujukan kepada presiden sebagai pemerintah, merupakan kritik membangun. Kemungkinan dilatari sejumlah kebijakan presiden yang dinilainya bertentangan dengan Pancasila. Seperti kebijakan menghapus aturan amdal, merupakan bencana bagi lingkungan. Begitu juga kebijakan menaikkan iuran BPJS, dinilai semakin menyengsarakan rakyat.


"Tentu masih banyak kebijakan lain yang jika ditelisik justru bertentangan dengan Pancasila. Kebijakan-kebijakan yang tidak mencerminkan nilai Pancasila inilah yang dimaksud Rocky bahwa presiden tidak mengerti Pancasila," ucapnya.


Alfarisi lebih lanjut mengatakan, Jokowi sebagai personal diyakini sangat paham dan menghafal Pancasila di luar kepala. Begitu juga Jokowi sebagai kader PDIP, tentu telah mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang nilai-nilai Pancasila.


Baca Juga:




"Tetapi sebagai presiden, pemahamannya tersebut bisa dibaca dalam kebijakan yang diambil. Presiden adalah jabatan publik, yang diberikan dan digaji oleh rakyat, dengan uang rakyat melalui pajak," katanya.


Alfarisi menyebut, rakyat, siapapun dia, berhak mengawasi dan mengontrol setiap kebijakan presiden apakah sudah pancasilais atau justru bertentangan dengan Pancasila.(gir/jpnn)





  


BERITA TERKAIT














profile-picture
bebas.akses memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
nanti kl dipidana berarti era orba datang lagi
Idealisme dan realita itu dunia yg berbeda dul
Pancasila cuman cangkangnya doang,prakteknya lebih ke kapitalis,liberal dan ham

Ketika sukarno ditanya apa itu pancasila dia secara mantab akan bilang GOTONG ROYONG

Sekarang dimana gotong royong itu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegashin_ryu dan 5 lainnya memberi reputasi
Trus kalau si amat dan gerung paham akan Pancasila gitu ya'
profile-picture
simsol... memberi reputasi
pengamat bani kadrun sedang bicara..
maha benar kadrun dengan segala bacotannya
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Quote:


Msh ada kegiatan Siskamling, kerja bakti di daerah agan?
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post ontacomel
Quote:


Nehi gan,siskamling dah lama pake banget gada,kerja bakti paling setahun sekali ketika agustusan

profile-picture
simsol... memberi reputasi
Quote:


Yups, kl pancasila di terapkan secara paten dan lurus

Ya larinya jadi negara sosialis emang, nyrempet2 kuminisemoticon-Malu (S)


Quote:


Lebih pancasilais dr pemuda pancasilaemoticon-Malu (S)
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Diubah oleh kakidal27
Quote:


Nah itu saat nya agan inisiatif menggerakkan warga buat gotong royong..
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Kritik atas substansi, bukan pribadi atau pengetahuan org,, lama2 org ikut dungu sama org2 dungu ini
profile-picture
hantumasam memberi reputasi
boro2 ngerti, hapal juga nggak kayanya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
malaikatrindu dan simsol... memberi reputasi
terus pancasila model presiden itu yang gimana emoticon-Ngakak
Ah tai kucing. Pengamat2 taik kucing, argumentatif apaan, justru dikit2 lu argumen ideologis juga itu sampis. Jaman sekarang mana ada sih dengan kekuatan ideologis lu bisa rubah negara?

Ini udh bukan era jaman hitler atau stalin dengan ideologi bisa mantap. Hadeh pler
profile-picture
malaikatrindu memberi reputasi
negara terbelakang emang gini presiden dibikin seperti raja gak boleh tersentuh apapun.
Lihat 1 balasan
klo menurut gw mah kalo mau dipaksa jd pelanggaran jatoh nya bkn kritik bkn jg hinaan tp itu tuduhan
ini pengemut
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Balasan post jeerabbit
Quote:


cm cebong tolol aja kali yg menyembah si joke seperti raja, org waras sih ogah emoticon-Najis (S)
Wtf with this country?
pengamat dari bani kadrun pasti dukung siapapun yg nyinyir ke jokowi walaupun omongan roki garong di ilc itu kebanyakan ngibul dan si garong pun pernah mengakuinyaemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan liee memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post simsol...
Quote:


Itulah politik, bani cebong utek seiprit pasti dukung kowi walaupun kebijakannya salah...
Siap membela dan menjilat sampe mati...
emoticon-Traveller
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di