saokudaAvatar border
TS
saokuda
Denny Siregar: BPJS Rugi Karena Dokter Mata Duitan


Jakarta - Pegiat media sosial Denny Siregar menilai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan rugi triliunan rupiah karena kebanyakan dokter mata duitan.

"Modus dokter beginilah yang disoroti dokter Terawan, Menteri Kesehatan. Dokter sekarang banyak main operasi supaya dapat uang banyak," kata Denny Siregar dalam tulisan berjudul Dokter Error, Negara Tekor di laman Facebook, Sabtu, 30 November 2019.

Denny menambahkan, untuk operasi sesar saja, kata dokter Terawan, BPJS menanggung 260 triliun rupiah, sedangkan untuk operasi jantung tahun 2018 beban biaya 10 triliun rupiah

Dalam tulisan tersebut, Denny pada awalnya menceritakan pengalaman pribadi berurusan dengan rumah sakit. Berikut seutuhnya tulisan Denny Siregar.

"Di sebuah rumah sakit terkenal, saya memeriksakan anak yang katanya di dalam hidungnya sakit.

Seorang dokter lelaki muda sesudah memeriksa dengan biaya periksa yang lumayan bikin kantung perih berkata, "Dia kena penyakit X. Harus dibedah hidungnya."


Kaget? Pasti. Siapa sih orang tua yang tidak syok melihat anaknya yang masih kecil harus berhadapan dengan meja operasi.

"Kira-kira berapa, dok, biayanya?" tanyaku agak gemetar. Rumah sakit ini terkenal dan pasti mahal.

"Sekian puluh juta. Ada asuransi ?" tanyanya.

Ouch. Benar dugaanku. Dan aku pamit pulang. Sebagai kepala rumah tangga, mumet pun datang. Kebayang repotnya mengurus ini itu. Belum lagi waktu terbuang karena pasti menginap beberapa hari di sana. Anak kecil enggak bisa ditinggal.

Iseng telepon seorang teman yang dokter di rumah sakit pemerintah yang terkenal murah. Dia bilang, "Coba ke dokter ini. Dia dokter di RS ini juga. Praktik rumahnya di alamat ini."

Aku ikuti kata temanku. Aku butuh second opinion, atau pendapat dokter kedua.

Sesudah mengantre agak lama, akhirnya giliran kami masuk ke ruang dokter yang sudah senior. Sederhana sekali ruangannya, beda dengan ruangan dokter muda di RS terkenal itu. Proses pendaftarannya pun masih manual, pakai kartu warna-warni dengan suster yang juga sudah berusia 60-an.

Ah, ini sih biasa. Anak kecil rentan kalau kena debu. Infeksi biasa. Kasih obat ini saja," kata dokter senior itu.

Biaya periksa 75 ribu rupiah dan obatnya sesudah kutebus sekitar 200 ribu rupiah kurang sedikit.

Dan benar, besoknya sudah ada perubahan. Dua hari kemudian anakku sembuh. Untung tidak jadi operasi yang makan biaya puluhan juta rupiah itu.

Kalau enggak ada duit, memang manusia cenderung kreatif. Beda kalau ada fasilitas sekarang seperti BPJS, yang pasien cenderung mengangguk saja apa kata dokter. Dan dokternya senang main bedah-bedahan, karena bayarannya lumayan.

Modus dokter beginilah yang disoroti dokter Terawan, Menteri Kesehatan. Dokter sekarang banyak main operasi supaya dapat uang banyak.

Untuk operasi sesar saja, kata dokter Terawan, BPJS menanggung 260 triliun rupiah. Sedangkan untuk operasi jantung, tahun 2018 beban biaya 10 triliun rupiah.

Jadi, bagaimana BPJS enggak tekor?

BPJS dibangun sebagai konsep gotong-royong supaya yang tidak mampu bisa disubsidi yang mampu. Tapi itu tidak akan berguna jika dokternya tetap mata duitan.

Mungkin banyak dokter yang lupa, bahwa profesi ini adalah profesi pengabdian, bukan profesi mencari uang. Bayaran terbesarnya adalah pahala, bukan material. Kalau pengen kaya, kenapa enggak jadi pengusaha saja?

Saya kebayang dokter-dokter senior yang mengabdikan dirinya, ada yang mengobati di perahu, ada yang cuman bayar 10 ribu rupiah saja. Mereka tampak miskin di dunia, sesungguhnya mereka adalah orang yang kaya kelak di akhir masa.

Sungguh, sulit negeri ini akan maju, jika orang pintar belum bisa mengubah cara berpikirnya."

Penjelasan Menteri Kesehatan
Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyinggung praktik dokter yang berlebihan dalam penanganan persalinan, tindakan penyakit jantung, dan tindakan terhadap penyakit kanker. Terawan mengatakan tidak sedikit dokter yang melakukan tindakan tidak secara optimal.

Terawan pada Jumat, 29 November 2019, mengumpulkan berbagai kepala dinas kesehatan dari seluruh daerah untuk menyelesaikan masalah dugaan fraud atau kecurangan dalam penyalahgunaan layanan Jaminan Kesehatan Nasional.

Ia menyatakan satu di antara yang disoroti adalah layanan persalinan melalui operasi sectio caesarea yang banyak terjadi di seluruh daerah dan diduga tidak sesuai ketentuan.

"Wong sectio caesarea saja perbandingannya dengan norma itu 45 persen, harusnya menurut WHO 20 persen. Harus benar-benar mana di sectio caesaria, mana yang tidak supaya tidak ada pembengkakan biaya, kalau terjadi berlebihan tindakannya, ya, bangkrut," ujar Terawan seperti diberitakan Antara.

Ia menyatakan tindakan dokter kepada pasien yang dilakukan secara berlebihan membuat pembengkakan dalam biaya klaim BPJS Kesehatan kepada rumah sakit.

Terawan menegaskan bahwa layanan yang diberikan dalam program JKN adalah layanan kesehatan dasar dengan dana yang terbatas. Namun nyatanya di lapangan kerap dilakukan dengan tindakan berlebihan sehingga membuat pembiayaan juga jadi berlebih.

"Ini namanya limited budgeting, kok diperlakukan unlimited medical service, jelas akan jadi pengaruh yang besar. Kita mengacu pada pasal 19 UU Nomor 40 Tahun 2004 di mana di situ bunyinya adalah pelayanan kesehatan dasar, kalau dibikin unlimited medical services pasti akan menjadi kolaps," tutur Terawan.

Terawan meminta kepala dinas kesehatan untuk menguatkan upaya promotif dan preventif di Puskesmas dalam program pencegahan penyakit.

Di sisi lain, pemerintah mengeluarkan kebijakan menaikkan tarif iuran BPJS Kesehatan sebesar 100 persen per 1 Januari 2020. Kebijakan ini ditempuh untuk menutup kerugian. Banyak elemen masyarakat menentang kebijakan ini. []

https://www.tagar.id/denny-siregar-b...er-mata-duitan

Siapa yg pernah operasi sesar
Diubah oleh KASKUS.HQ 02-12-2019 06:42
asepdeni343
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 15 lainnya memberi reputasi
14
11.9K
155
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan