idungmanchungAvatar border
TS
idungmanchung
Amerika Serikat Timbun Emas 8.133 Ton untuk Cadangan Devisa, Indonesia Berapa?


Merdeka.com - Kepala Divisi Inovasi Produk Keuangan Syariah Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), Yosita Nur Wirdayanti menegaskan bahwa emas merupakan sarana investasi yang aman. Sebab, emas merupakan salah satu instrumen yang tahan terhadap gejolak yang terjadi dalam perekonomian.

Oleh karena itu, sejumlah negara memiliki cadangan devisa berupa emas. Bahkan ada negara yang menjadikan emas sebagai porsi terbesar dalam cadangan devisanya.

"Emas memang menjadi devisa negara yang dipelihara bank sentral," kata dia di Hotel Ashley, Jakarta, Jumat (29/11).

Sebagai contoh, dia menyebut Amerika Serikat sebagai negara yang sebagian besar cadangan devisanya terdiri dari emas. Cadangan devisa AS berupa emas sebanyak 8.133,46 ton atau sekitar 74,9 persen dari cadangan devisa negara Paman Sam tersebut.

Selain itu ada Jerman dengan 3.366,77 ton atau 70,6 persen dari total cadangan devisa. Ada juga Italia 2.451 ton atau 66,9 persen dari total cadangan devisa. Prancis juga memiliki 2.436 ton emas atau 61,1 persen dari cadangan devisa.

Indonesia Urutan Ke-38



Indonesia berada di urutan ke-38 dalam deretan negara yang menjadikan emas sebagai bagian dari cadangan devisa. Jumlah emas Indonesia sebanyak 78,5 ton atau 2,86 persen dari total cadangan devisa.

"Kalau Indonesia 2,5 sampai 3 persen dari cadangan devisanya, kita lebih banyak trade-nya," jelas dia.

Meskipun demikian, dia mengatakan, bahwa sejauh ini belum ada ketentuan baku terkait berapa banyak emas yang harus disimpan sebagai cadangan devisa oleh bank sentral. Hal tersebut tergantung kebijakan masing-masing negara.

"Kalau setahu saya tidak ada ketentuan cadangan devisa itu bentuk emas, bukan mandatory, kebijakan tergantung masing-masing negara, secara internasional tidak ada ketentuan batas minimum bagi bank sentralnya memiliki emas," tandasnya.

sumber

Anjrit! Punya cadangan emas sampai segitu.

Semisal amit-amit datang lagi badai krisis keuangan global yang dahsyat, jadi negara paling bisa survive tuh USA



Paling nangis darah Jerman, Prancis, Italia. Cadangan emasnya luar biasa banyak tapi malah pakai Euro. Uni Eropa kena badai krisis, langsung terseret-seret krisis tuh tiga negara emoticon-Ngakak (S)

Apalagi italia saat ini mati segan, hidup tak mau. Disenggol dikit lagi aja udah ambruk tuh italia. Misal di Italia ada gempa kecil aja, atau gunung berapi sana erupsi langsung bubar jalan RIP Italia emoticon-Ngakak (S)
Sudah nggak ada duid buat penanggulangan bencana boro-boro perbaikan ekonomi pasca bencana.

Semisal Italia saat ini masih pakai Lira, tinggal depositokan tuh emas ke bank sentral & cetak duid buat perbaikan ekonomi. Sekarang punya emas segitu banyak gak bisa buat apa-apa. Tinggal nunggu waktu pindah tangan aja tuh emas ribuan ton.

Ngenes amat. Negara dengan produk budaya sangat kaya, fashion no. 1 dunia, serta otomotif paling yahud bisa gitu amat nasibnya


emoticon-Turut Berduka

apollion
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.8K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan