CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Polisi Larang Skuter di Jalur Sepeda, Pergub Anies Tak Berlaku?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dde1f7c48c38d20ba624f4f/polisi-larang-skuter-di-jalur-sepeda-pergub-anies-tak-berlaku

Polisi Larang Skuter di Jalur Sepeda, Pergub Anies Tak Berlaku?

Polisi Larang Skuter di Jalur Sepeda, Pergub Anies Tak Berlaku?

Foto:Ilustrasi skuter listrik ( Lamhot Aritonang)

Jakarta - Polisi tidak hanya melarang skuter listrik mengaspal di jalan raya dan trotoar. Skuter listrik baik pribadi maupun sewaan, dilarang menggunakan jalur sepeda.

"Ya enggak boleh (menggunakan jalur sepeda)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi detikcom, Rabu (27/11/2019).

Yusri mengatakan, skuter listrik hanya diperbolehkan dipergunakan di kawasan tertentu. Misalnya, di kawasan GBK dengan syarat-syarat tertentu.

"Skuter itu sudah ditentukan harus di kawasan tertentu misal GBK, tempat wisata Ancol dan beberapa tempat tertentu lainnya," lanjut Yusri.

Bagi pengguna skuter listrik yang melanggar, polisi mengenakan Pasal 282 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pengguna skuter yang melanggar dapat dikenakan sanksi denda tilang sesuai Pasal 104 UU No 22 Tahun 2009.

Adapun, Pasal 282 UU No 22 Tahun 2009 berbunyi:

"Setiap Pengguna Jalan yang tidak mematuhi perintah yang diberikan oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 104 ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250ribu."


Pasal 104 UU No 22 Tahun 2009:

"(1) Dalam keadaan tertentu untuk ketertiban dan kelancaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dapat melakukan tindakan:
a. memberhentikan arus Lalu Lintas dan/atau Pengguna Jalan;
b. memerintahkan Pengguna Jalan untuk jalan terus;
c. mempercepat arus Lalu Lintas;
d. memperlambat arus Lalu Lintas; dan/atau e.mengalihkan arah arus Lalu Lintas."


Sementara, Peraturan Gubernur Nomor 128 Tahun 2019 tentang Penyediaan Lajur Sepeda, justru mengatur penggunaan skuter di jalur sepeda. Dalam Pergub tersebut, skuter termasuk salah satu sarana transportasi yang boleh melintasi jalur sepeda. Di Kamus Besar Bahasa Indonesia, skuter adalah kendaraan bermotor beroda dua dengan ukuran roda yang kecil dan tidak berjeruji kawat. Pengertian itu sesuai dengan skuter listrik, yang memiliki motor listrik.

Berikut bunyi Pasal 2 Pergub DKI No 128 Tahun 2019 yang berbunyi:

Ayat (1):

Lajur sepeda diperuntukan bagi:
a. sepeda; dan
b. sepeda listrik.

Ayat (2)

Selain sepeda dan sepeda listrik sebagaimana dimaksud pada ayat (1), lajur sepeda dapat dilintasi:
a. otopet;
b. skuter;
c. hoverboard; dan/atau
d. unicycle


Melihat ketentuan pada Pergub tersebut, apakah pelarangan skuter listrik di jalur sepeda menjadi bertolak belakang dengan Pergub tersebut?

"Tapi kan sekarang sudah ditentukan (penggunaan skuter) di kawasan tertentu," jawab Yusri.


Sumber : https://news.detik.com/berita/d-4800...s-tak-berlaku/

Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh vasilizaitsev
Halaman 1 dari 6
Alay2 skuter klo bisa d tilang klo kendarai skuter d jln..ntar mati menyusahkan sopir mobil..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 11 lainnya memberi reputasi
grab (grabwheels) blom ngasih upeti keknya nih emoticon-Leh Uga
jadinya disusahin kan lu emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 14 lainnya memberi reputasi
wan aibon mah above the law. tidak ada hukum di alam fana ini berlaku buat wan aibon

SUKA SUKA GUE BANGSAT!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pergub yg dibuat gaberner paling smart seindonesia mana mungkin salah...

Yang ada Polda metro pasti sudah disusupi aseng asing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 10 lainnya memberi reputasi
kok brani polisinya y?

Spoiler for jgn dibuka:
Lihat 1 balasan
Taati aturan yang sudah dikeluarkan sama PMJ
profile-picture
mas.bodhonk memberi reputasi
maksud ditilang bgm sih?

pke skuter bgituan hrs punya SIM n STNK jg y?

#serius nany
Lihat 3 balasan
Ya emang bahaya sih kalo diliat...





~bata only
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abizaidan dan 15 lainnya memberi reputasi
Jadi, kira harus ngikutin peraturan gubernur atau peraturan polisi nih?
Lihat 1 balasan
Serunya di Jakarta emoticon-Leh Uga
Pasal 104 UU No 22 Tahun 2009:

apa hubungannya dgn skuter listrik ??
gak ada bunyi2 nya penjelasan ttg kendaraan listrik.
Emang udah jadi uu
emoticon-Ngakak
Quote:


SUKA SUKA GUE baik!!

Kalau diterjemahin ke bhs linggis

Jadi

"LIKE LIKE ME F*CK"
Emang ada undang2 melarang skuter listrik?
Undang2 yg mana?
Bagusnya pelebaran trotoar, itu mengakomodasi sepeda dan skuter listrik.

Kalo jalur sepeda di jalan raya, gak perlu nilang motor lah. Malah bikin jalan sempit. Dilampu merah juga pada ngumpul nutupin jalur sepeda.
Di UU tidak ada tertulis otopet/skuter dilarang lewat lajur sepeda.
Pertanyaannya;
apakah kepolisian ada mengeluarkan aturan khusus untuk hal ini?
apakah aturan tersebut sudah disosialisasikan?

Jika tidak, maka merujuk pada UU yang dikutip diberita, maka polisi tidak berhak menilang pengguna otopet di lajur sepeda.

Polisi cuma berhak memberikan perintah pengguna otopet untuk berhenti/mengalihkan keluar dari lajur sepeda (pasal 104), jika pengguna tidak mengikuti perintah baru ditilang sesuai pasal 282.

Jadi bagi pengguna otopet/skuter, jangan mau ditilang bila lewat lajur sepeda, karena aturan yang ada yang mengatur hal ini adalah Pergub DKI No 128 Tahun 2019 pasal 2 yang membolehkan lewat lajur sepeda.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bohlamputus12 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Balasan post gudhel0001
Quote:


bikinnya pake buildbox ya breh jufri? lumayan bagus juga game nya emoticon-Matabelo
Toh cuma ngelarang, salahnya di mana?
Utk pelanggaran kan bisa disita dulu barbuknya
mantap bisa menentang kebijakan lord aibon
Ane setuju kalo skuter listrik hanya boleh ditempat wisat dan dengan syarat tertentu gan
emoticon-Kissemoticon-Kiss
Terlalu berisiko kalo dipake di jalanan umum.
profile-picture
profile-picture
tololdevil dan galuhsuda memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di