Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr7Avatar border
TS
valkyr7
Tito Bicara Jakarta Kayak Kampung Dibanding Shanghai, Ini Kata Anies
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Kadek Melda Luxiana-detikcom)

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menilai Jakarta seperti kampung jika dibandingkan dengan Shanghai, China. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Tito bicara soal transformasi negara, bukan sekadar kota.

"Pak Tito tadi memberikan gambaran transformasi yang dialami oleh Tiongkok selama 4 dekade karena beliau menceritakan bagaimana analis-analis di akhir tahun 70-an, 80-an mengantisipasi perubahan yang akan terjadi di Tiongkok," kata Anies di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, (26/11/2019).

Anies menuturkan Tito menceritakan pengalamannya saat mengikuti sesko di Australia dan Selandia Baru. Saat Indonesia belum membicarakan mengenai China, di mana-mana sudah membicarakan transformasi.

"Jadi menceritakan betapa cepatnya, betapa cepatnya perubahan di sana. Dan kemudian di dalam konteks itu menceritakan 2 kota yang pada saat itu tahun '98. Jadi menurut saya tidak usah dilepaskan konteks percakapan tentang transformasi. Itu artinya juga PR bagi kita untuk mempercepat transformasi dan ini obyektif saja, bahwa dalam beberapa dekade perekonomian Tiongkok yang asalnya kecil lompat sampai 100 kali lebih besar," ujarnya.

Lompatan perekonomian China itu dikatakan Anies bukan hanya perbandingan Jakarta dan Shanghai. Tapi China sebagai negara dengan seluruh dunia.

"Jadi menurut saya merupakan pelajaran penting yang kita ambil dari pesan yang disampaikan Pak Mendagri tadi adalah pesan tentang transformasi sebuah negara. Lebih dari soal kata kampung. Jadi memang itu kan clickbite, menarik tweetable, tapi sesungguhnya ini adalah pesan penting bagaimana transformasi sebuah negara itu terjadi dikerjakan dengan konsisten selama beberapa dekade di sebuah negara dan mereka merasakan buahnya," ucapnya.

Menurut Anies, pesan penting dari Tito yakni jangan berpikir semua selesai dalam satu atau dua malam, tapi kerja dengan waktu panjang. Karena itu, lanjutnya, pembangunan yang sedang berjalan di Indonesia, seperti konektivitas jalan, telekomunikasi, dan lainnya merupakan transformasi yang luar biasa. Dampak besarnya akan terlihat dalam satu dekade ke depan.

"Jadi saya menangkap pesan dari Pak Tito tadi bagaimana transformasi sebuah negara. Nah ini yang nanti harapannya yang kita lakukan," katanya.

Di Jakarta, Anies mencontohkan, pihaknya tengah melakukan transformasi transportasi. Transportasi di Jakarta diintegrasikan antarrute kemudian ticketing managemen. Hasilnya, penumpang transportasi umum yang berjumlah 328 pada tahun 2017, melonjak menjadi 700 ribu pada 2019.

"Lompat 2 kali lipat dalam 2 tahun karena ada transformasi serius di bidang integrasi informasi ketika kita melakukan langkah-langkah yang tepat untuk melakukan transformasi maka lompatan drastis itu terjadi. Dan Tiongkok memberikan pelajaran bahwa lompatan drastis itu bukan satu dua lokasi tapi di seluruh negeri. Jadi pesan kepada saya ini buat kepala daerah menjadi menarik," tuturnya.

Mendagri Tito Karnavian sebelumnya menjadi pembicara dalam Musyawarah Nasional IV APPSI Tahun 2019. Di situ, Tito menyindir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan gara-gara Jakarta yang dinilai seperti kampung jika dibandingkan dengan Shanghai, China.

"Pak Anies, saya yakin kalau sering ke China, kalau kita lihat Jakarta kayak kampung dibanding Shanghai," kata Tito di Hotel Borobudur, di Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (26/11).

SUMBER


Tito ngomongin jakarta.. si wan abud malah ngomongin negara.. emoticon-Malu (S)

Inti kata wan abud.. kalo jakarta ga maju.. itu salah negara.. emoticon-Malu (S)

Kayanya percuma juga si tito ngomong sampe berbusa.. si wan abud juga kaga nangkep apa yg d omongin.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7 26-11-2019 08:19
kucing.bingung
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 28 lainnya memberi reputasi
29
6K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan