AerozzAvatar border
TS
Aerozz
Review Ajaib – Beli Reksadana Sambil Belajar
Diposting ulang dari blog saya adriansiaril.com

Mencari kode referral Ajaib? Gunakan kode ini untuk mendapatkan bonus –> asia625
Latar Belakang Ajaib
Ajaib memiliki nama legal PT Takjub Teknologi Indonesia. Ajaib lahir dari salah satu program inkubator tingkat internasional, sehingga Ajaib sempat disuntik dana oleh Softbanks, Y Combinator, Alpha JWC, Insignia Ventures Partners dan pihak yang tidak disebutkan. Berarti, Ajaib sudah menunjukkan kompetensinya di dalam dunia startup karena memiliki banyak suntikan dana.

Ajaib bekerjasama dengan beberapa manajer investasi yang lumayan populer, seperti Syailendra, RHB, dan Kresna. Kakak sepupu saya sendiri bekerja sebagai manajer investasi di RHB dan cukup dekat dengan orang-orang dibalik Ajaib.
Kemudahan Penggunaan
Saya pribadi sangat suka bahwa Ajaib tidak memusingkan investor pemula dengan memajang nama produk reksadana yang sebenarnya tidak memberikan informasi apa-apa. Orang yang baru saja masuk ke dunia reksadana pasti tidak tahu apa maksudnya “CIMB Index 30”, “Trim Dana Tetap”, atau “Brawijaya Berimbang Tetap”

Ajaib mengganti nama produk reksadana rekomendasi mereka dengan deskripsi singkat yang menarik dan informatif, seperti “Saham Terbaik Pilihan Para Ahli”, “Obligasi Terbaik Pilihan Para Ahli”, “30 Saham Terbesar di Indonesia”, dan lain-lainnya. Tentu judul judul tersebut jauh lebih menarik bagi pemula dan pendatang baru.

Interface (tatap muka) aplikasi Ajaib cukup sederhana dan straightforward. Saking sederhananya, malah jadi memusingkan bagi investor berpengalaman yang membutuhkan chart, prospektus, dan data-data detail lainnya karena informasi-informasi tersebut terlalu tersembunyi (butuh banyak navigasi dan pencet-pencet agar bisa ditemukan). Bahkan nama reksadana aslinya saja disembunyikan!
Minimal Investasi
Rp10 ribu untuk pembelian sendiri (manual) dan Rp400 ribu untuk investasi otomatis.
Kelengkapan Produk
Bagi yang lebih suka memilih produk reksadana mereka sendiri, harusnya tidak menggunakan Ajaib yang jelas-jelas ditargetkan untuk pemula. Namun ada kalanya kita perlu belajar dari yang mudah dulu dan pelan-pelan belajar untuk bisa mandiri. Jadi, saya juga menilai kelengkapan produk reksadana apabila suatu hari nanti mau beralih dari investasi otomatis menjadi investasi manual.
Ketika review ini ditulis, ada delapan jenis reksadana campuran, 10 reksadana obligasi (pendapatan tetap), 18 reksadana saham, 6 reksadana syariah, dan 10 reksadana pasar uang. Sebenarnya ada lagi 13 reksadana ‘bertema’ yang paling dibanggakan Ajaib, seperti “Bertanggung Jawab Sosial” dan “Fokus Membangun Infrastruktur Indonesia”, namun saya tidak menghitung mereka karena reksadana bertema tersebut sebenarnya sudah dimasukkan ke kategori lainnya.

Sebagai contoh, RHB Sri Kehati Index Fund masuk dalam kategori “Bertema” maupun “Saham”, jadi satu produk yang sama dimasukkan dua kategori berbeda.

Kesimpulannya, pilihan reksadana di Ajaib sangatlah sedikit sekali. Untungnya, pilihan produk yang cukup sempit ini tertolong oleh kualitas produk yang dijual, karena beberapa produk yang dijual cukup populer dan sudah berada lama di pasar reksadana (bukan produk yang baru diluncurkan).

*catatan: produk yang baru diluncurkan belum tentu buruk, namun performanya lebih sulit diramal karena tidak memiliki track record yang bisa kita jadikan sebagai acuran.
Investasi Otomatis
Ajaib memiliki konsep yang mirip dengan Bibit dimana terdapat pilihan investasi ‘otomatis’ yang menyebarkan uang anda ke berbagai produk sesuai dengan target investasi anda. Ajaib unggul dalam hal personalisasi, dimana Ajaib memberikan beberapa jenis ‘wawancara’ virtual untuk menentukan strategi investasi anda, misalnya hari tua, keperluan mendadak, liburan, dan custom made. Investasi otomatis anda alokasi nya tergantung pada hasil wawancara tersebut.

Namun demikian, saya menemukan kejanggalan dalam sistem Ajaib, dimana seluruh ‘wawancara’ saya menghasilkan rekomendasi alokasi yang sama, yaitu 67% pendapatan tetap dan 33% saham. Saya kira seharusnya rekomendasi hari tua saya banyak dialokasikan ke saham, dan untuk keperluan mendadak tentu lebih banyak dialokasikan ke pasar uang. Saya tidak tahu apakah ini masalah teknis di Ajaib atau memang sistemnya kurang cerdas untuk memberikan personalisasi yang dijanjikan tersebut.
Tingkat Keamanan
Ajaib terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sejauh ini tidak ada berita ataupun laporan berisi masalah yang cukup serius tentang Ajaib.

Apakah Ajaib penipu? Pernahkah terjadi kasus Ajaib penipuan?
Tentu saja tidak !! 
Anda juga harus tahu bahwa reksadana adalah salah satu instrumen investasi teraman yang tersedia selama puluhan tahun, bahkan menurut saya nomor dua teraman (setelah deposito). Dalam berinvestasi reksadana, meskipun agen penjual reksadana nya bangkrut (misalnya Ajaib), dana anda tetap aman tersimpan dalam bank kustodian (bank yang ditunjuk untuk menyimpan uang anda). Sekalipun manajer investasi anda juga bangkrut (misalnya Sucorinvest), dana anda juga masih aman di bank kustodian!
Kualitas Customer Service
Anda bisa menghubungi tim mereka melalui Whatsapp. Pesan saya dibalas dalam hitungan menit dan langsung menjawab apa yang saya tanyakan tanpa bertele-tele memverifikasi informasi yang tidak penting dari saya.

Update Agustus 2019: Entah kenapa belakangan ini kualitas jawaban dari tim CS Ajaib menurun drastis, dan bukan hanya saya yang mengeluhkan hal ini. Mereka kerap menggunakan template yang tidak nyambung dengan hal yang ditanyakan, serta tidak pernah berhasil menyelesaikan masalah. Mereka kerap meminta banyak screenshot, rekaman video, namun tidak pernah menghubungi kembali untuk memberikan kabar soal masalah yang kita laporkan.
Program Referral
Ketika anda berhasil mengajak teman anda bergabung dan berinvestasi, anda akan mendapat sesuatu bernama “koin ajaib”. Koin ini digunakan untuk memilih satu diantara tiga kartu, dimana tiga kartu ini berisi saldo bonus yang berbeda-beda, dengan nilai Rp10 ribu sampai Rp1 juta. Dari lima referral saya, saya mendapatkan 3xRp10 ribu dan 2xRp100 ribu.

Ketentuan program referral ini cukup rumit karena anda harus memiliki investasi aktif selama 30 hari untuk menghindari penghapusan bonus referral anda. Bonus referral juga baru bisa ditarik setelah 30 hari didapatkan.

Keunggulan dari referral Ajaib adalah saldo referral anda langsung secara otomatis dialokasikan tanpa perlu melakukan transaksi apapun sehingga sangat mungkin memiliki portofolio di Ajaib tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Saldo bonus referral anda diinvestasikan ke reksadana pasar uang, namun tidak diinformasikan produk apa yang mendapatkan alokasi ini.

Ketentuan lengkap program referral mereka dapat dibaca di: https://www.ajaib.co.id/referralterms
Kesimpulan dan Rekomendasi
Ajaib masih kalah daripada Bibit dari segi kemudahan penggunaan, namun didalam Ajaib terdapat beberapa produk populer yang tidak tersedia di Bibit. Apabila anda merasa percaya diri memilih reksadana sendiri dan merasa nyaman dengan desain antarmuka Ajaib, maka tidak ada salahnya memilih Ajaib sebagai platform investasi reksadana utama anda.
Apabila anda tertarik menggunakan Ajaib, gunakan kode referral ini untuk mendapatkan bonus –> asia625



0
3.1K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan