CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Islam Solusi Tuntas Berantas Narkoba
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddd0dc868cc956377236dee/islam-solusi-tuntas-berantas-narkoba

Islam Solusi Tuntas Berantas Narkoba

.............

Darurat narkoba disebabkan karena penerapan sistem demokrasi yang rusak dan merusak. Disamping penerapan sistem kapitalis-liberal yang menghalalkan segala jenis barang untuk diperjualbelikan asalkan menguntungkan.

Keuntungan material menjadi asasnya. Selama sistem ini diterapkan, meskipun di negeri dengan penduduk Muslim mayoritas, narkoba akan sulit diberantas. Apalagi dalam sistem ini, hukumnya sangat lemah karena tidak bisa membuat jera pelakunya.
Memberantas kejahatan narkoba harus dilakukan dengan membongkar landasan hidup masyarakat yang rusak dan menggantikannya dengan yang benar yaitu dengan menanamkan akidah Islam.

Mengapa? Agar orang takut melakukan kejahatan karena takut akan siksa dan mengharap keridhaan Allah di akhirat. Berikutnya, negara wajib memupuk keimanan dan membina ketakwaan masyarakat. Kuncinya adalah penerapan sistem Islam secara kaffah.
Ketika sistem Islam diterapkan hanya orang yang pengaruh imannya lemah atau terpedaya oleh setan yang akan melakukan dosa atau kriminal, termasuk kejahatan narkoba. Jika pun demikian, maka peluang untuk itu dipersempit atau bahkan ditutup oleh syariah Islam melalui penerapan sistem pidana dan sanksi dimana sanksi hukum bisa membuat jera dan mencegah dilakukannya kejahatan.
Islam melarang dan mengharamkan narkoba. Ummu Salamah menuturkan: “Rasulullah saw melarang setiap zat yang memabukkan dan menenangkan” (HR Abu Dawud dan Ahmad).

Mengkonsumsi narkoba apalagi memproduksi dan mengedarkannya merupakan dosa dan perbuatan kriminal yang termasuk jenis ta’zir, dimana bentuk, jenis dan kadar sanksinya diserahkan kepada ijtihad Khalifah atau Qadhi. Sanksinya bisa dalam bentuk diekspos, penjara, denda, jilid bahkan sampai hukuman mati dengan melihat tingkat kejahatan dan bahayanya bagi masyarakat.

Dalam konteks hukuman ta’zir, saat kasus itu diproses maka Khalifah boleh meringankan hukuman bagi pelakunya bahkan memaafkannya.
Rasul saw bersabda: “Ringankan hukuman orang yang tergelincir melakukan kesalahan kecuali hudud” (HR Ahmad, Abu Dawud, al-Baihaqi, al-Bukhari di Adab al-Mufrad).

Seruan ini adalah untuk Imam sebab kepada Imamlah diserahkan (penentuan sanksi) ta’zir sesuai keumuman wewenangnya. Maka Imam wajib berijtihad dalam memilih yang paling baik karena hal itu berbeda-beda sesuai perbedaan tingkat masyarakat dan perbedaan kemaksiyatan.

Adapun Qadhi (Hakim) maka ia tidak boleh meringankan sanksi lebih dari apa yang diadopsi oleh Khalifah. Semua itu sebelum vonis dijatuhkan.

Sanksi yang ringan ini bisa diberikan kepada orang yang tergelincir hingga mengkonsumsi narkoba untuk pertama kalinya, selain bahwa ia harus diobati dan ikut program rehabilitasi. Bagi pecandu yang berulang-ulang mengkonsumsi narkoba, sanksinya bisa lebih berat lagi, tentu selain harus menjalani pengobatan dan ikut program rehabilitasi.

Sedangkan bagi pengedar narkoba, tentu mereka tidak layak mendapat keringanan hukuman, sebab selain melakukan kejahatan narkoba ini, mereka juga melakukan kejahatan membahayakan masyarakat. Bahkan demi kemaslahatan umat, maka para pengedar narkoba harus dijatuhi hukuman yang berat, bisa sampai hukuman mati sehingga menimbulkan efek jera.

Adapun jika vonis telah dijatuhkan, syaikh Abdurrahman al-Maliki di dalam Nizhâm al-‘Uqûbât (hal. 110, Darul Ummah, cet. I. 1990) menyatakan, pemaafan atau pengurangan hukuman oleh Imam itu tidak boleh.

Beliau menyatakan, “sedangkan untuk ta’zir dan mukhalafat, karena vonis Qadhi itu jika telah ditetapkan maka telah mengikat seluruh kaum muslim sehingga tidak boleh dibatalkan, dihapus, dirubah atau diringankan ataupun yang lain, selama vonis itu masih berada dalam koridor syariah. Sebab hukum itu ketika sudah diucapkan oleh Qadhi maka tidak bisa diangkat sama sekali, sementara pemaafan itu adalah pembatalan vonis (sebagian atau total) dan karena itu tidak boleh’.
Pelaksanaan hukuman yang dijatuhkan itu harus dilakukan secepatnya, tanpa jeda waktu lama dari waktu kejahatan dan dijatuhkannya vonis. Pelaksanaannya hendaknya diketahui atau bahkan disaksikan oleh masyarakat seperti dalam had zina (lihat QS an-Nur[24]: 2).

Sehingga masyarakat paham bahwa itu adalah sanksi atas kejahatan tersebut dan merasa ngeri. Dengan begitu setiap orang akan berpikir ribuan kali untuk melakukan kejahatan serupa. Maka dengan itu kejahatan penyalahgunaan narkoba akan bisa diselesaikan tuntas melalui penerapan syariah Islam secara kaffah dalam bingkai Khilafah. Wallahu a’lam.


http://tegas.co/2019/11/25/islam-sol...antas-narkoba/












Meanwhile in kafeer universe
.
.
.

Islam Solusi Tuntas Berantas Narkoba

Rahasia Islandia memberantas narkoba dan alkohol di kalangan remaja


....................
Kesuksesan Islandia ada pada program Youth yang mulai pada 1998 dan berbasis pada riset berkelanjutan terhadap kebiasaan dan kekhawatiran yang ada pada remaja.
"Jika Anda adalah direktur perusahaan farmasi, Anda tidak akan meluncurkan obat baru di pasaran tanpa melakukan riset sebelumnya," BBC Spanyol, Jón Sígfusson, direktur Icelandic Center for Research and Analysis Social yang menangani program Youth di Islandia.

"Hal ini sama dengan industri yang lain, dari pertanian sampai infrastruktur. Mengapa tidak hal ini juga dilakukan di kalangan remaja?" ujarnya.
Dia menjelaskan pemetaan program, melalui kuesioner dilakukan setiap dua tahun untuk remaja-remaja dari semua sekolah di negara tersebut.
Di antara variabel lainnya, data dikumpulkan pada pola konsumsi, karakteristik keluarga, putus sekolah, dan masalah emosional remaja.

Dengan faktor-faktor tersebut, laporan-laporan khusus dipersiapkan untuk masing-masing daerah dan sekolah.
"Kami mengumpulkan data dan, dua bulan kemudian, sekolah-sekolah menerima hasilnya," kata direktur program tersebut.


Peran serta orang tua
Langkah berikutnya adalah menganalisis data ini dengan bekerja sama antara sekolah-sekolah, komunitas, dan pemerintah kota, yang mengidentifikasi faktor-faktor risiko utama dan perlindungan terhadap penggunaan alkohol dan narkoba.

Peran serta orang tua adalah faktor penting pencegahan remaja untuk mengkonsumsi alkohol dan narkoba.

"Tidak ada yang terjadi pada satu hari dan hari berikutnya, tapi ini mungkin untuk ditindaklanjuti karena data tersebut mengajarkan kami, contohnya sangat pentingnya faktor orang tua," kata Sígfusson.
"Ini menunjukkan perlunya untuk menginformasikan orang tua dan menjelaskan mereka bahwa mereka adalah faktor pencegahan (konsumsi alkohol dan narkoba) utama untuk anak-anak mereka yaitu menghabiskan waktu dengan mereka, mengawasi dan menjaga mereka," jelasnya.

Menurut pendapat direktur Youth di Islandia, sebelum memulai program tersebut, salah satu pengukuran pencegahan utama adalah mengajari anak-anak tentang efek negatif narkoba.
Namun, tindakan ini saja tidak berhasil. Maka, pendekatan program Youth ini mengubah kondisi secara drastis.
"Kita harus menciptakan lingkungan di mana mereka merasa sehat dan memiliki pilihan untuk mengisi waktu mereka dengan kegiatan-kegiatan positif, yang mengurangi kemungkinan mereka mengkonsumsi zat-zat berbahaya," ungkapnya.

Islandia meningkatkan dana untuk kegiatan olahraga bagi remaja.
Beberapa studi menunjukkan peningkatan partisipasi kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler dan waktu yang dihabiskan bersama dengan orang tua mengurangi risiko konsumsi alkohol dan zat-zat lainnya.
Oleh karena itu, Islandia meningkatkan dananya untuk penyediaan kegiatan-kegiatan remaja seperti olah raga, musik, teater, dan tari.
Dan sejak 2002 telah dilarang, dengan pengecualian-pengecualian, anak-anak di bawah usia 12 tahun berjalan sendirian setlah jam 8 malam dan remaja antara usia 13 dan 16 tahun setelah jam 10 malam.

Proyek internasional

Hasil yang diraih oleh Islandia menyebabkan pembentukan program Youth di Eropa pada 2006, yang bertujuan untuk memperluas metode pencegahan alkohol dan narkoba di kalangan remaja ini di bagian-bagian lain benua tersebut.
"Kami belum pernah bekerja sama dengan semua negara-negara karena, di satu sisi, sangat susah untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah, dan terutamanya karena ini adalah pekerjaan yang harus dikembangkan secara lokal," kata Sígfussen yang juga memimpin proyek Eropa.
Semua kota yang menjalani program ini memberikan kuesioner sama. Jadi, mereka mengetahui kebiasaan remaja, risiko, dan faktor perlindungan di masing-masing tempat.
"Metodologi ini bersifat partisipatif, didasarkan pada komunitas, dan dari tingkat bawah ke atas, berdasarkan pada bukti-bukti pendekatan ilmiah. Ini yang kami coba untuk meniru metodologi Islandia," kata Patricia Ros, direktur Addiction Prevention Service di kotamadya Terragona yang berpartisipasi dalam program Youth di Eropa sejak 2015.
Data diambil dari 2.500 remaja dari sekolah-sekolah di Spanyol.
"Hal-hal ini sangat jelas dan seharusnya semua orang tahu," kata Ros.
"Olahraga, contohnya, anak berusia lima tahun mengerti mereka yang berolahraga kurang mengonsumsi narkoba. Tapi, yang mereka tidak mengerti adalah ketika anak masuk sekolah menengah (usia antara 12 dan 16 tahun) setidaknya di Terragona, tidak ada lagi kegiatan ekstrakurikuler," jelasnya.



https://www.bbc.com/indonesia/majalah-38991700
profile-picture
profile-picture
parmitu212 dan pdt.henderson memberi reputasi
Diubah oleh gaygene
Halaman 1 dari 3
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
klo gitu bis kota & kapal laut mesti dilarang dong, soalnya ane selalu mabuk klo naik bis kota & kapal laut
profile-picture
profile-picture
gaygene dan bajier memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Ih segitunyaa

Sakit ati yaaaaaaaaaaaaaaaa

emoticon-Leh Uga
profile-picture
soljin7 memberi reputasi
Lihat 12 balasan
wkwk

liat acehnistan itu
ladang ganja buanyaaakkkkkemoticon-Big Grin

Eksportir ganja no 1 di indoemoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mansion_999
Contohnya di Propinsi "Serambi Ganja" kan... ya kan.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Qadal.Gurun
Semerbak opium di balik perlawanan Taliban Afghanistan

Merdeka.com - Kelompok militan Taliban di Afghanistan memproduksi opium untuk dijadikan sumber pendapatan mereka. Bahkan sekitar 85 persen opium di dunia, dihasilkan dari negara tersebut.

Selama bertahun-tahun, setiap kali panen, kelompok tersebut menyelundupkan opium yang telah disuling dalam bentuk sirup. Penyulingan tersebut, mempermudah mereka untuk menyelundupkannya ke Negara Barat. Selain itu mereka juga mengolahnya ke dalam bentuk morfin atau heroin dengan tingkat kemurnian yang bervariasi.

Pejabat Afghanistan menyatakan perdagangan obat-obatan terlarang tersebut membawa keuntungan yang sangat besar bagi kelompok pemberontak tersebut. Bahkan, sedikitnya 60 persen dari pendapatan mereka didapatkan dari perdagangan narkoba dan hal itulah yang membuat perang melawan kelompok tersebut tak kunjung usai hingga saat ini.


Sembur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gaygene dan 3 lainnya memberi reputasi
Islam Solusi Tuntas Berantas Narkoba


Islam Solusi Tuntas Berantas Narkoba



emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
Ini karna budaya nenek moyang yg suka madat disebarluaskan di nusantara ama cucunya yg agen impor
emoticon-Imlek

Tapi ya, bodo amat
Islam Solusi Tuntas Berantas Narkoba
Quote:


Quote:


Yoaaaa brayyyy

Udah jadi bumbu dapur katanya

emoticon-Leh Uga
profile-picture
slider88 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Quote:


Konon kabarnya Sambal paling enak kalo dicampur ituemoticon-Malu
Noh propinsi umat gimana ?

Ekspor ganja aman akhi ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kuot yg ini aja emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
liee dan gaygene memberi reputasi
Dikit2 agama

Ente laper beli beras pake agama?
Sakit bayar dokter pake agama?

Bikin eneg lama2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Umat agama yg cm bisa omong tok




emoticon-Traveller

Besar mulut
Bnyk mulut

Di Adu di kancah dunia melempem lebih Drpada apem
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan gaygene memberi reputasi
Balasan post smirting
@smirting

ihh gak usah sok kuat gitu ah kamyuuu emoticon-Betty

keliatan kok kamyuu itcu sakit ati sampai bergetar kaya vibrator


emoticon-Leh Uga
profile-picture
soljin7 memberi reputasi
hmm maaf bukan menyela mimpi indahnya ya akhi


tapi bukankah aceh punya ladang ganja besar?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post tukangsiomay17
yah begitulah kenyataanya bray

mo bijimane lagiemoticon-Frown
bagaimana dengan syariat islam di aceh??
profile-picture
gaygene memberi reputasi
Quote:


minum khomer yuk ditemani bidadari loh
profile-picture
gaygene memberi reputasi
Diubah oleh panci72bidadari
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di