wongjamblangAvatar border
TS
wongjamblang
Sekaraang sudah masuk era SPION KAMERA
Beberapa hari kebelakang ini ane sempat baca berita di otosia.com yang membahas tentang mobil LEXUS ES 350 yang akan dijual bulan depan di jepang dengan memiliki fitur baru yaitu spionnya bukan lagi dari cermin tetapi sudah memakai kamera. emoticon-Wow

(https://www.otosia.com/berita/spion-...canggih.html).


Setelah baca tentang berita tersebut ane jadi kepikiran buat nulis tentang spion kamera. Sebelum ane baca berita tentang Lexus ES 350 ini bulan maret 2018 (kalo ane ga salah inget) ane udah pasang dulu spion kamera di mobil sigra ane dengan modal seadanya dan bahan seadanya juga. Kameranya ane pake kamera mundur, trus monitornya juga ane pake monitor yang murahan kurang lebih ane ngelurin modal 600ribuan untuk nambahin kamera di spion mobil ane. Video mobil ane bisa diliat di bawah ini:




Setelah berbulan2 pake spion kamera banyak sekali orang2 di jalanan yang mengingatkan atau ngasih tau ane kalo spion mobil ane masih ketutup, bahkan sempet ada juga yang sampai ngejar mobil ane untuk ngasih tau kalau spionnya masih nekuk, tetapi setelah ane turunkan kaca mobil dan ane tunjukan kalau spionnya sudah diganti pakai kamera dan untuk melihat bagian kanan kiri belakang mobil dari layar monitor barulah mereka pada tau dan mengerti kenapa spion mobil ane selalu menekuk ketika jalan. Bahkan ane sudah 4x diberhentikan sama pak polisi ketika ada razia gabungan, kebetulan pada saat itu ane sedang perjalanan keluar kota, ketika pak polisi itu mendekati mobil ane sambil menunjuk ke arah spion dan ane turunkan kaca mobil pak polisipun melihat ada 2 monitor di dashboard ane yang menampilkan bagian kanan dan kiri mobil ane layaknya seperti spion cermin kemudian pak polisi pun mempersilahkan ane melanjutkan perjalanan kembali.

Selain banyak orang yang ngasih tau ane klo spion ane masih nekuk, banyak juga yang nanyain beli dimana dan gimana masangnya. Maka dari itu ane juga coba buatkan tutorialnya agar agan2 sekalian dan orang2 yang pengen ikutan pasang kamera di spionnya bisa ikut pasang juga, gampang ko pemasangannya. Untuk video tutorialnya bisa diliat disini:

&t=95s


Keuntungan spion menggunakan kamera:

1. Lebar mobil dapat berkurang beberapa CM (untuk sigra sekitar +-30cm) karena spion terlipat.
2. Ketika kita melewati jalan/gang sempit atau pas macet2an dijalan kita tidak takut kaca spion mobil kita lecet/pecah karena kesenggol tembok/motor tetapi untuk pandangan ke belakang tetap terlihat jelas.
3. Blindspot jauh lebih kecil dibanding menggunakan spion kaca, jadi pas mau pindah jalur ga kaget gara2 ada kendaraan di sebelah yang ga keliatan di daerah blindspot.
4. Ketika kita melihat kaca spion kanan/kiri fokus berkendara kita terganggu sekian detik dan ketika kita kembali melihat ke depan kadang kaget ketika tiba2 kendaraan di depan mengurangi kecepatan atau berhenti mendadak. Dengan menggunakan monitor yang disimpan di dashboard, kita cukup melirik kebawah sebentar dan sudah dapat melihat bagian pinggir kanan/kiri mobil sehingga fokus berkendara tidak terganggu cukup lama, dan masih bisa melihat ke depan.
5. Mobil beda dari yang lain.

Kekurangan menggunakan spion kamera:
1. Perlu penyesuaian, lama atau tidaknya penyesuaian tergantung dari orangnya.
2. Kadang suka silau kalau terkena sorot lampu dari kendaraan di belakang, tetapi bisa diatasi dengan menggunakan kamera dan monitor yang memiliki resolusi lebih bagus (lebih mahal pasti, berhubung duitnya dikit jadi yang saya pake yang alakadarnya dan murah meriah)
3. Kalau malam gelap gabisa liat ke belakang, bisa diatasi menggunakan kamera dengan infra merah (lebih mahal pasti, berhubung duitnya dikit jadi yang saya pake yang alakadarnya dan murah meriah).
4. Kalo arus listriknya putus ya gbsa liat kebelakang, solusinya sediain kaca spion cadangan (tapi kan ga sering putus arus listriknya).
5. Apa lg ya?

Ya mungkin itu aja sih tread dari ane, kalo agan dan sista pas dijalan ketemu mobil sigra putih yang di kaca belakangnya ada gambar kucing putih trus ada tulisan "SPIONNYA PAKE KAMERA" dan spionnya nekuk berarti itu mobil ane, jangan disenggol ya apalagi ditabrak, hehehe. semoga tread ane ini bermanfaat dan berfaedah buat agan dan sistah yang baca, terima kasih sudah baca coretan ane. Sekian dan terima kasih emoticon-Shakehand2emoticon-Hai
Diubah oleh wongjamblang 18-09-2018 12:36
2
5.2K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan