Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kartika2019Avatar border
TS
kartika2019
Berat! Ekonomi RI 3-6 Bulan ke Depan Melambat, Ini Pemicunya
Berat! Ekonomi RI 3-6 Bulan ke Depan Melambat, Ini Pemicunya
MARKET - Monica Wareza, CNBC Indonesia
 21 November 2019 13:01

Berat! Ekonomi RI 3-6 Bulan ke Depan Melambat, Ini Pemicunya Foto: The Straits Times

Jakarta, CNBC Indonesia - Danareksa Research Institute (DRI) memperkirakan target pertumbuhan ekonomi Indonesia yang ditargetkan pemerintah di tahun ini tak akan tercapai. Bahkan, diprediksi pertumbuhan ekonomi hanya akan mendekati level 5% saja.

Head of Danareksa Research Institute Moekti Prasetiani Soejachmoen mengatakan tak tercapainya target pertumbuhan ekonomi ini disebabkan karena tekanan dari dalam dan luar negeri serta pelaku pasar yang masih menunggu (wait and see) iklim usaha kondusif.

"Hal ini memberikan sinyal di Q4 ini pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih rendah dan Berat! Ekonomi RI 3-6 Bulan ke Depan Melambat, Ini PemicunyaBerat! Ekonomi RI 3-6 Bulan ke Depan Melambat, Ini Pemicunyasepanjang 2019 pertumbuhan ekonomi lebih mendekati 5%. Untuk mencapai 5,05% dirasa berat karena pengaruh impor yang terus menurun," kata Moekti dalam siaran persnya, Kamis (21/11/2019).

Dia menyebutkan saat ini terjadi penurunan angka impor, terutama impor barang modal dan bahan baku. Ini berarti dalam 3-6 bulan ke depan, perekonomian Indonesia masih melambat.

Neraca perdagangan yang surplus pada Oktober lalu, juga dinilai bukan berarti pertanda yang baik karena bisa jadi surplus tersebut terjadi karena adanya penurunan impor yang lebih dalam dari ekspor.

Selain itu, faktor perlambatan ekonomi juga dipengaruhi banyaknya pihak yang masih wait and see dengan iklim usaha di Indonesia. Sehingga paling cepat dapat mendorong perekonomian Indonesia pada kuartal IV ini adalah belanja pemerintah (government spending), seperti bantuan sosial langsung ke masyarakat kelas bawah.

"Namun saat ini nilainya tidak banyak, karena hingga bulan Oktober 2019, realisasi bantuan sosial sudah mencapai 95%, sehingga dirasa tidak terlalu berdampak signifikan, apalagi ditambah dengan nilai impor yang turun lagi sehingga dirasa berat," katanya.

Dia menjelaskan, perlambatan ekonomi Indonesia saat ini merupakan dampak dari perlambatan ekonomi global. Artinya, permintaan dunia terhadap barang-barang produksi negara-negara juga turun, yang pada akhirnya berdampak pada sektor manufaktur dan komoditas.

Tahun depan diperkirakan kondisi perekonomian Indonesia akan lebih baik dibanding tahun ini. Faktor-faktor seperti perang dagang Amerika dan China mulai mereda, kemudian kepastian Brexit dan dampak dari penurunan suku bunga Bank Indonesia akan mulai terasa di awal tahun.


Source:

https://www.cnbcindonesia.com/market...ini-pemicunya

Berat! Ekonomi RI 3-6 Bulan ke Depan Melambat, Ini Pemicunya
Source:
https://katadata.co.id/infografik/20...konomi-global

-------------------------

Silahkan kalian mulai mengikatkan ikat pinggang masing-masing dengan lebih kenceng lagi ...

Berat! Ekonomi RI 3-6 Bulan ke Depan Melambat, Ini Pemicunya
Diubah oleh kartika2019 25-11-2019 22:37
darmawati040
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.7K
30
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan