CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Hati-Hati Jebakan Batman Discount Zalora
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddb3d425cf6c43f094b3b7b/hati-hati-jebakan-batman-discount-zalora

Hati-Hati Jebakan Batman Discount Zalora

Halo,

Saya customer Zalora dari tahun 2016. Sudah beberapa kali membeli dari Zalora.
Saya merasa tertipu dan terjebak pada pembelian saya yang terakhir. Sangat kapok beli di zalora.

Kronologis:
Pada tanggal 11/11, saya membeli 11 pakaian dari zalora menggunakan promo kode : diskon27
T&C Promo =  Extra 27% Min Minimal order 599000 Maksimal potongan 200000 hanya bisa di gunakan 2x order

Sehingga harga total = 1.769.200 - 200.000 (disc) = 1.569.200 (Net).

Zalora menyediakan fasilitas pembatalan dan full refund. Saya memutuskan untuk membatalkan 9 pakaian karena alasan tidak cocok/ kualitas yang buruk. 

Sehingga saya membeli hanya 2 pakaian dengan harga total sebelum discount = 388.900.

Saya tentu mengira, saya akan bayar nya sebesar 388.900 - discount 27% = 283.897.  Atau discount sebesar 105.003 (tidak melebihi maksimal 200rb).


Ternyata saya kaget ketika ditagihan tertulis bahwa yang saya bayar = 344.936! Atau diskon efektif hanyalah 11%Saya merasa sangat tertipu dan terjebak, karena discount yang saya terima hanyalah 11% bukan 27%.



Setelah saya hitung", dasar penghitungan disc Zalora sangatlah unik (menjebak) dan tidak ditemukan di online e-commerce lainnya seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll.  
Mereka menghitung, pembelian 200.000/ 1.769.200 = 11% yang berarti discount yang dikenakan hanya 11% bukan 27%.

Hal ini sangatlah menjebak, tidak logis, dan tidak ditemukan di online e-commerce lainnya.
Bayangkan anda sebagai pembeli, ketika membaca T&C diatas, tentu anda akan berasumsi kalau dari 11 baju yang saya beli 9 nya di cancel. 
Maka discount akan diperhitungkan dari 2 produk yang anda beli bukan?  
Logika zalora berbeda dengan logika manusia, mereka menghitung discount juga dari produk yang tidak jadi saya beli.

Ini tidak seperti di tokopedia, shopee,bukalapak, atau website e-commerce besar lainnya.
Mereka juga ada promo disc dengan maksimal cashback. Di website mereka, lets say kalau beli 11 produk dan 9 produk di cancel. Maka discount akan diperhitungkan untuk 2 produk yang jadi beli!  Bukan menggunakan rumus penghitungan Zalora yang sangatlah menjebak!

Hati-hati beli produk di Zalora, promo discountnya sangatlah menjebak. Seharusnya dapat disc 27% malah hanya dapat 11%!  

Zalora, anda telah kehilangan customer setia anda dari tahun 2016. Will not buy from you again! Ever!

bukti beli 
Spoiler for proof:


Halaman 1 dari 2
Ini mah kurang teliti dalam perhitungan matematika.

diskon27
T&C Promo = Extra 27% Min Minimal order 599000 Maksimal potongan 200000


Dengan kata Lain Diskon maksimal hanya 200rb meskipun seharusnya dapat lebih.

Pada pembelian 1.769.200, serharusnya mendapatkan diskon 477rb tetapi karena ketentuan maksimum potongan hanya sampai 200rb, maka yang didapatkan hanya 200rb.

untuk mendapatkan diskon maksimal 200rb, seharusnya menggunakan rumus hargaTerbaik = maksimalDiskon / persenDiskon, dengan kata lain hargaTerbaik = 200rb/27% -> sekitar 745rb. Pembelian di atas 745rb mendapatkan persen diskon yang menurun.
Lihat 10 balasan
Balasan post manggaca
Quote:


Saya sangat paham gan. Makanya saya jadinya beli 2 produk senilai total 388.900, bukan 1.769.200. 2 Produk ini masih dibawah 745rb yang agan bilang kan?

Di e-commerce lainnya, juga banyak promo dengan cashback maksimal.

Tapi kalau lets say saya beli 11 produk , 9 produk di cancel dan 2 produk jadi beli. Maka di e-commerce lainnya, 2 produk itu yang dikenakan discount rate 27%.

Bukan discount rate dari 11 produk itu. Namanya aja ga jadi beli 11 produk.
Cuma di zalora yang penghitungannya ajaib seperti ini.

Ini namanya menjebak gan..

btw thanks for the reply emoticon-Big Grin
Diubah oleh Nijzk
Balasan post Nijzk
Quote:


@Nijzk
maaf agak rancu, ini jadinya beli barang bukan yg total 1.769.200 tapi yang total cuman 388.900 ya?
kalo betul berati diskon 27% malah jadi gak berlaku donk karena ketentuannya kan minimal belanja 599000
Balasan post mwahaha
Quote:



Sistem Zalora memang seperti itu dari pertama kali saya beli tahun 2016.
Karena awalnya bayar 1.769.200, walaupun tapi jadinya 388.900. itu tetap dianggap memenuhi minimal discount.

Pembelian sebelumnya, berlaku juga sistem seperti ini. Bedanya adalah yang dulu sistem discount itu "sesuai", yaitu discount diperhitungkan dari barang yang jadi saya beli. Kalau jadinya 388.900, ya discountnya 27% x 388.900. Makanya saya sudah beberapa kali beli di zalora gan.

Baru sekali ini aja kena jebakan batman.
Balasan post Nijzk
berarti selama ini mengakali sistem ya..
belanja dulu yg melebihi minimum belanja, dicancel,
jadinya belanja di bawah minimum juga bisa mendapatkan diskonnya

mungkin zalora sudah tau triknya gan emoticon-Big Grin
profile-picture
widyadewa memberi reputasi
Balasan post manggaca
@nickjer mengakali sistem dari mana? itu memang sudah kebijakan zalora. Saya awal" beli udah tanya CS dulu, dan mereka mengatakan tetap dapat discount.

Kok dibilang mengakali? Belum pernah belanja di zalora ya emoticon-Smilie ?
Balasan post nickjer

jika dicancel nanti diambil diskon rata2

diskonnya = 200000/1769200 = 11%

sistem yg benar memang seharusnya seperti ini

saran saya sih SP ini jangan diterusin, karena selain perhitungan yg ini memang lebih benar, mereka juga berhak merubah ketentuan mereka sewaktu2. jadi jika dibilang sudah dari 2016 artinya agan sudha menikmati "diskon" lebih selama 3 tahunan


Balasan post Nijzk
@Nijzk iya memang dpt diskon tapi rate nya diambil rata2 nya gan.
Balasan post manggaca
@nickjer Oh anda belum pernah belanja di tokopedia, shopee,bukalapak atau e-commerce lainnya yang ada sistem promo dengan batas cashback maksimal? Mereka sama sekali tidak menggunakan sistem yang anda bilang itu. Ga percaya? Silahkan beli beberapa produk, dan cancel sebagian produk. Cashback akan dihitung dari produk yang jadi beli.

Kemudian anda bisa bilang lebih benar dasarnya darimana? Hahaha.

Sudah menikmati diskon? Loh, itu kan hak saya sebagai customer. Zalora menawarkan discount, ya tentu saya pakai. Gimana sih? Margin penjualan pakaian itu sangat besar, makanya mereka berani menawarkan discount.

Ingat ya, yang saya bilang itu menjebak. Karena Zalora menggunakan hitungan nya sendiri, yang berbeda dengan e-commerce lainnya. Coba T&C dibuat dengan jelas, tentu saya ga akan bilang menjebak.
Balasan post Nijzk
@Nijzk
saya jarang cancel kalo belanja di ecom
tapi ada beberapa kali di JDID dan blibli sih sistemnya seperti yg saya sebutkan,, diambil rata2

tapi yowis lah silakan aja diviralkan mungkin nanti bisa dikasih diskon sisanya .. goodluck
diatas ada yang jarang belanja tapi sok tau XD.

Gw sering banget belanja online maupun offline.

Di semua tempat, kalau namanya discount itu barang yang jadi beli. Bukan barang yang ga jadi beli.
Ga ada hitungannya rata" barang yang ga jadi beli di masukkan dalam perhitungan.

gw sih setuju ama TS.

Zalora menjebak.
Lihat 1 balasan
Balasan post Mautnyadonk
jarang ane gan...
belanja di toko aja biasanya
Balasan post nickjer
@nickjer Maaf ya, saya pernah belanja di bli", dan saya menggunakan klaim refund karena belum waktu 15 hari (barang rusak). Hasilnya adalah cashback dikenakan ke barang yang saya jadi beli. Sama sekali bukan diambil rata" seperti yang anda bilang.

(edit: baru saja saya tanyakan ke CS bli" mengenai hal ini. Dan 100% mereka bilang cashback dikenakan ke barang yang jadi beli, bukan rata" termasuk barang yang refund. Jika anda membutuhkan, saya bisa kasih SS chat saya dengan CS blibli)

Nb: saya ga berharap dikasih diskon sisanya, karena itu udah sistem zalora yang menjebak. jumlah sisa disc jg ga besar. Saya tulis SP karena kecewa sebagai customer lama, dan juga bagi customer lain agar tahu. Karena saya jamin pasti banyak customer yang seperti saya. Oh ya refund di zalora adalah hal yang sangat wajar dan semua customer melakukannya. Namanya saja beli pakaian online tanpa dicoba, pasti banyak yang ga cocok. Ini memang business model Zalora.
Diubah oleh Nijzk
Menurut saya zalora udah fair.
Kalau bicara ecommerce lain, blibli juga gitu.
Pakai prorata.
Misal ada sebagian barang yg retur, masalah diskon atau ongkir dihitung prorata.

Di kasus ini malah udah untung karena bisa belanja kurang dari minimum (599000) tapi tetep dapet diskon (meski ga 27%).

Logis. Yg ga logis malah aturan zalora yg ttp ngasih diskon ketika penjualan aslinya kurang dari minimum 599000 itu.
Ga pernah belanja di zalora. Tp kalau menurut s&k diskonnya seharusnya ts malah ga dpt diskon sama sekali (atau mungkin ada promo lainnya sehingga msh dpt diskon). Kalau sebelum2nya selalu dpt diskon promonya meskipun syarat minimal belanja blm terpenuhi atau dengan kata lain kelolosan ya bkn berarti yg ini bakal kelolosan lagi. Secara s&k promo zalora sdh betul kl ts tdk bisa menikmati diskon 27% itu.
Quote:


menurut TS yg sudah pengalaman asam garam belanja online, blibli tidak begitu gan emoticon-Big Grin

Quote:


sesuatu yg berulang2 dan sudah menjadi rutinitas akan menjadi pembenaran meski belum tentu benar
Diubah oleh nickjer
gile om @nickjer dibilang belom makan asam garam emoticon-Wakaka

die ga tau om, barang jualan kita ya dari modal belanja di semua ecomm yak emoticon-Ngakak
profile-picture
nickjer memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Quote:



Spoiler for CS Blibli:


Kalian berdua memang lebih tau dari CS Blibli emoticon-Smilie


Quote:



Sebelum membeli, saya sudah tanya CS apakah tetap akan dapat promo, kalau barang refund dan jadi belinya dibawah minimum pembelian. Ini sudah kebijakan Zalora. Sudah dari lama kebijakan seperti ini, dari awal saya beli juga sudah seperti ini . Mungkin karena anda belum pernah belanja di Zalora makanya cukup kaget. Mungkin yang dimaksut dalam T&C itu minimal pembelian awal, bukan minimal pembelian bersih (tidak termasuk refund) emoticon-Smilie
Diubah oleh Nijzk
Lihat 1 balasan
Balasan post teke29
Quote:


Spoiler for CS Blibli:


iya pokoknya CS Blibli salah, pengalaman saya beli Salah.

Yang betul anda dan nikjer yang sudah makan asam garam e-commerce.
CS blibli salah titik!!!!!!! emoticon-Smilie
Balasan post Nijzk
bagaimana apakah sudah direspon oleh zalora?
coba masukin media konsumen.
viralkan saja jika yakin benar..

Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di