Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

funrise.1Avatar border
TS
funrise.1
155 Buku Agama Islam yang Dirombak Dipakai Juni 2020


TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengatakan perombakan 155 buku pelajaran agama Islam akan selesai pada akhir tahun ini. "Desember ini insya Allah selesai, dipakai Juni 2020 tahun ajaran baru," kata Kamaruddin di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin, 18 November 2019.

Kamaruddin mengatakan, buku pelajaran agama Islam yang kini beredar dari kelas 1 sekolah dasar hingga kelas 12 sekolah menengah atas dan madrasah akan ditarik. Kemudian digantikan dengan buku yang telah ditulis ulang oleh Kementerian Agama. Ia ingin agar buku pelajaran agama Islam yang baru bisa menjadi perekat sosial.

"Agama bisa menjadi pembentuk karakter bangsa, karakter keagamaan. Jadi beragama bisa menghargai orang lain, bisa respect terhadap perbedaan agama, budaya, dan seterusnya," katanya.

Buku pelajaran agama Islam yang baru, kata Kamaruddin, akan membuat materi pemahaman bahwa khilafah tidak relevan dan kontekstual jika diterapkan di Indonesia. Selain itu, materi dalam buku pelajaran agama Islam nantinya tidak hanya memuat tentang ibadah, membentuk kesalehan personal seakan-akan agama hanya salat dan puasa.

"Itu (muatan ibadah) tetap ada, tapi di samping itu harus diajarkan kepada anak-anak kita bahwa beragama itu buahnya adalah akhlak, mencintai diri sendiri, mencintai agama kita, menghargai orang lain," ujarnya.
Materi lainnya dalam buku yang ditulis ulang Kementerian Agama adalah muatan tentang nasionalisme. Kamaruddin berharap, nasionalisme juga tumbuh di kalangan pelajar lewat pelajaran agama Islam.

Sumber


Alhamdulillah.. Walau sedikit terlambat tapi menurut saya bersyukur yang pada akhirnya berkat menteri Agama dan menteri pendidikan yang baru punya keberanian merevisi buku2 yang tidak sejalan dengan semangat toleransi dan cinta NKRI.

Menteri Agama juga saat ini sedang memantau sekolah2 maupun pesantren yang menyimpang dari Pancasila...

emoticon-Jempol

Diubah oleh funrise.1 24-11-2019 05:14
lonelylontong
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan