hafidzf87Avatar border
TS
hafidzf87
Gimana jadinya kalau film Joker dibuat cuma pake smartphone ? Penasaran ? masuk gan !
Hallo Agan Sista, pertengahan weekdays gini masih semangat gak ? enaknya sih pertengahan weekdays gini cari film yang seru buat ditonton, betul gak Gan Sis ? biar weekdaysnya gak loyoooo.


 


Nah ngomongin tentang film nih Gan Sista, tau dong film Joker. Yaps walaupun filmnya udah terbilang udah tayang dari beberapa minggu lalu tapi film ini masih menarik buat dibahas. Khususnya tentang cerita, karakter dan tentunya pengambilan gambarnya yang keren.




Joker (2019 film) ini Agan Sista udah tau dong siapa yang memerankannya? Yaps, Joaquin Phoenix ... bukan kaya joker yang diatas ya Gan wkwkwk itu mah Joker Bang Ijal yang tukang somay. Nah kalau Joker yang diperankan oleh Joaquin Phoenix ini kaya gambar dibawah ini nih Gan : 




Gimana Gan? keren kan Jokernya, penuh karakter dan ini gokil sih Joker hasil karya Todd Phillips. Nah buat Agan Sista yang belum nonton mungkin bisa liat cuplikan filmnya dulu dibawah ini, cekidooot Gan :


Spoiler for Teaser Joker (2019):


Habis nonton cuplikannya pasti pada penasaran dong sama filmnya ? “wah gila ini kayanya beda sama joker yang difilm-film batman sebelumnya”, “jadi Joker itu Orang jahat yang terlahir dari orang baik yang tersakiti ?” wah banyak deh pasti pertanyaan dari rasa penasarannya Gan. 


Tapiii Gan, kali ini yang mau coba kita bahas itu adalah tentang pengambilan-pengambilan gambarnya nih Gan, sekalian kita belajar juga buat tau dan mencoba teknik-teknik pengambilan gambarnya Gan. Gak mesti pakai Kamera profesional, lensa super banyak, atau perlengkapan film lainnya Gan. Pakai smartphone juga bisa banget Gan. Siapa tau kan nanti kita bisa bikin juga film sekelas hollywood wkwkwk. 


 


Nah yang ane pakai untuk belajar videografi kali ini adalah smartphone OPPO Reno2Gan, pertimbangannya karena OPPO Reno2 ini kameranya udah Quad Camera, 48MP Ultra-clear kamera utama dengan bukaan F/1.7, 13MP Tele Photo Lens dengan bukaan F/2.4, 8MP Wide Angle sampai 116°, 2MP Mono Lens. Jadi untuk beberapa pengambilan bisa tercover oleh kameranya Gan, uhuuuy.



Okee pertamakita bahas dulu yang paling menarik nih Gan, dari banyaknya pengambilan gambar kayanya banyak dari shot atau pengambilannya yang memfokuskan ke ekspresi muka di film ini Gan (Medium Close Up ataupun Close Up). Setuju gak Gan ?  jadi seolah-olah sutradanya ingin memberitahukan penonton secara visual bagaimana ekspresi dan karakter Joker. 


Spoiler for Medium Close Up:


Spoiler for Close Up:


dan secara otomatis ketika fokus pengambilan sedang menyoroti ke karakter utama, set dibelakangnya akan auto blur atau menjadi bokeh. Nah kalau fitur di smartphone OPPO Reno2kita bisa pakai fitur Deep Bokeh Video. Contohnya kaya di video ini nih Gan : 





Lalu yang menarik keduaadalah pengambilan set atau latar dari film joker ini, penyampaian set ini mengalir secara asik sekali kalau menurut ane. Mulai perpindahan dari set atau latar yang sempit seperti kamar atau kantor, sampai ke set atau latar yang super lebar seperti ruang terbuka saat Joker menjadi badut lalu memegang papan atau saat demonstrasi yang dimana set atau latar tersebut cukup lebar. 


Spoiler for Latar Film Joker:




Untuk pengambilan pergantian set atau latar tersebut OPPO Reno2bisa mengcovernya juga pastinya, karena memiliki fitur Ultra Wide Angle Video, jadi set atau latar yang tadi disebutkan bisa terekam dengan baik oleh wide angle sampai 116° dan juga kamera OPPO Reno2 ini memiliki fitur 5x Hybrid Zoom Video jadi set atau latar yang jauh sekalipun bisa diambil oleh kamera OPPO Reno2 ini Gan, wooow mantabkan.


Ultra Wide Angle Video




5x Hybrid Zoom Video




Lanjut ke bahasan ketigadimana banyak dari pengambilan gambar joker ini berlatarkan tempat yang gelap atau bertemakan dark. Ini cukup menarik karena latar tersebut sangat memperkuat cerita dan karakter joker dengan kehidupannya yang cukup gelap. Namun walaupun pengambilan atau latarnya bertemakan dark tapi hasil dari shotnya tetap detail dan bagus. 


Spoiler for Latar Film Joker:



Sama seperti fitur yang dimiliki oleh OPPO Reno2dimana memiliki fitur Ultra Dark Mode sehingga pengambilan gambar di tempat yang minim cahaya tetap bagus dan detail. 


Ultra Dark Mode



Lalu hal pentinglainnya adalah pada film joker ini, beberapa ada scene aksi berlari ataupun menari. Pengambilan ini adalah hal yang cukup menarik pada film joker karena kamera dapat mengikuti objek dengan baik dan hasilnya tetap stabil dan halus. 


Spoiler for Latar Film Joker:



Nah menariknya kita pun bisa membuat video aksi berlari atau menari dengan hasil yang stabil dan halus pada smartphone OPPO Reno2, karena memiliki fitur Ultra Steady Video dimana kameranya itu dilengkap dengan gyroscope dan OIS (Optical Image Stabilizer), EIS (electronic image stabilizer) serta sensor IMU (Inetia Measurement Unit). 


Itulah kenapa hasil pengambilannya jadi stabil, halus dan gak shaking walaupun pengambilannya tanpa menggunakan gimbal (bye bye gimbal haks wkwkwk). 


Ultra Steady Video



Nah diluar teknik pengambilan gambar atau pun latar dari film Joker pastinya film yang baik dan bagus didukung juga oleh alat-alat yang tak kalah canggih dan keren untuk mendukung kesemuanya berjalan dengan lancar tanpa kendala. Sama seperti OPPO Reno2Gan, jadi hape ini udah dibekali sama RAM 8GB dan Qualcomm Snapdragon 730G ngebut banget pastinya, jadi udah gak ada lagi lagging atau kehilangan moment. Lalu kita gak khawatir juga nih buat ngambil gambar dan video sebanyak mungkin karna 256GB ROM yang besar banget Gan kapasitasnya. 




Terus, baterainya pun gak tanggung-tanggung udah 4000 mAh dengan fitur VOOC 3.0, wits bisa ngecharge cepet dan tahan seharian tuh, Bukan cuma itu gan masih banyak lagi dan tentunya layarnya ini dilengkapi Sunlight Screen 6.5” AMOLED dan dilapisi Corning Gorilla Glass 6 beuh adem dan tetap terang walaupun dibawah terik sinar matahari. 




Gimana Gan Sis dari beberapa bahasan diatas bisa dibayangin kan, kalau kita juga bisa kok buat scene seperti film-film dengan bermodalkan smartphone, eh tapi inget ya Gan gak semua smartphone punya fitur canggih dan lengkap kaya OPPO Reno2yaaa. Sooo kalau menurut ane smartphone OPPO Reno2 ini rekomend banget deh buat orang yang pengen bikin film atau bereksplorasi dengan scene video kaya bahasan kita diatas Gaan. Uhuuuuy.


Nah segitu dulu deh pokoknya bahasan dan pembelajaran dari film Joker tentang pengambilan gambarnya ya Gan, ya memang sangat sedikit dan jauuuuuuh dari kata sempurna ya Gan bahasannya, tapi setidaknya kita bisa tau mau nonton apa nantiii hihihi. Jadi gimana Gan ? Agan tim udah nonton Joker atau baru mau nonton ?


emoticon-Travelleremoticon-Traveller

Diubah oleh hafidzf87 12-11-2019 14:16
seabiscuit
abellacitra
NadarNadz
NadarNadz dan 5 lainnya memberi reputasi
6
7.2K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan