Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

abahekhubytsanyAvatar border
TS
abahekhubytsany
Surga Tersembunyi di Ujung Timur Pulau Jawa.
10 Tempat di Taman Nasional Baluran Yang Siap Memanjakan Anda
merdeka.com

Siapa yang tak kenal Taman Nasional Baluran? Yah...Sebuah kawasan hutan yang berada di jalur lintas --Pantura (Pantai Utara) Pulau Jawa--yang menghubungkan Kabupaten Situbondo-Banyuwangi. Tepatnya di Batangan, Banyuputih, Situbondo yang menjadi wilayah perbatasan kedua kabupaten tersebut (Situbondo-Banyuwangi).
Namun karena letaknya yang lebih dekat dengan Banyuwangi menjadikan tempat ini lebih dikenal sebagai salah satu destinasi wisata kawasan Banyuwangi, meski secara administratif kawasan TN Baluran masuk dalam wilayah Kabupaten Situbondo.


Di bawah ini adalah 10 tempat istimewa yang menjadi alasan kawasan TN Baluran makin diminati para pecinta travelling.


1. Gua Jepang.

balurannationalpark

Sebuah tempat yang akan mengingatkan kita pada masa penjajahan Jepang.


Ruangan yang berada di bawah tanah dengan luas sekitar 12 m² ini pernah dijadikan benteng pertahanan oleh tentara Jepang saat masih masih menguasai wilayah Situbondo dan sekitarnya.


Lokasinya yang tepat berada di depan Balai Taman Nasional Baluran menjadikan tempat ini sebagai penerima tamu bagi wisatawan.


2. Hutan musim.


ss. Emmy'sblog

Hutan ini akan selalu berubah sesuai dengan musim di Insonesia.


Jika Anda berkunjung ke tempat ini saat musim kemarau tiba, Anda akan disuguhi oleh nuansa gersang dengan area hutan yang berwarna kering kecoklatan sepanjang 5 km. Banyaknya daun yang kering dan rontok morat-maritmenambah kesan hutan ini laksana hutan yang mati. Suasana seperti ini akan berbalik 180° jika Anda berkunjung di musim penghujan.


3. Hutan Abadi (Evergreen).




Pada km 6 Anda akan disambut oleh kawasan hutan dengan suasana alam yang ijo royo-royo. sepanjang masa. Kesegaran udara yang ditawarkan bisa Anda jadikan alternarif untuk bersantai ria di area ini. Terlebih lagi jika Anda berkunjung ke tempat ini pada musim penghujan. Karena pada musim tersebut ( antara bulan Januari-Februari) Anda akan disambut oleh kepakan sayap aneka kupu-kupu yang menari-nari di atas genangan air sepanjang jalan Hutan Evergreen.



IG.@baluran_merch

4. Savana Bekol "The Litle of Afrika".



Tempat inilah yang menjadi alasan utama Taman Nasional Baluran menjadi destinasi wisata yang diburu para pecinta travelling.


Padang rumput yang membentang sejauh mata memandang dengan latar belakang Gunung Baluran menjadikan tempat ini mirip sekali dengan suasana di Afrika. Dengan alasan seperti inilah kawasan Savana Bekol dijuluki The Litle of Afrika.


Perlu diketahui bahwa tempat ini juga mempunyai sifat seperti halnya Hutan Musim di atas. Jika Anda berkunjung pada musim kemarau hamparan rumput yang mengering akan mendoninasi area ini.


Namun jika musim penghujan kawasan ini akan terlihat seperti permadani hijau dengan berbagai macam satwa liar yang bermain di atasnya.


Dari dua musim yang ada dengan suasana yang berbeda masing-masing mempunyai daya tarik yang tak akan pernah Anda lupakan.


5. Menara Pandang Pos Pengamatan Bekol.




]Saran Ane ketika berkunjung ke Savana Bekol jangan pernah Anda lewatkan tempat yang satu ini. Karena Anda bisa melihat berbagai macam aktifitas dari satwa liar yang ada di kawasan Alas Baluran.


Untuk wisatawan dari luar daerah (baik lokal maupun mancanegara) yang ingin lebih lama menikmati keindahan alam Savana Bekol, pihak pengelola telah menyediakan 3 penginapan dengan kapasitas 26 orang.


6. Pantai Bama.

ig.@triyogakarang

Pantai Bama dengan pasir putihnya yang menhampar luas, dan kejernihan air laut, serta hijaunya hutan mangrove adalah keindahan lukisan alam Baluran yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja.


Anda bisa berjemur menikmati teriknya matahari pantai atau berteduh di bawah rimbunnya hutan mangrove dan menikmati belaian lembut angin laut.


Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Bama dari tengah laut dengan perahu yang sudah dipersiapkan oleh pihak pengelola wisata.



7. Taman Bawah Laut

Pihak pengelola kawasan wisata Pantai Bama juga menyediakan peralatan snorkling yang bisa anda gunakan untuk menikmati keindahan taman bawah laut.


flickr.com


superadventure.co.id


8. Dermaga Mangrove

Satu lagi tempat yang (ane yakin) akan membuat anda ingin berlama-lama di Pantai Bama adalah Dermaga Mangrove.


Sebuah Dermaga yang jembatannya berada di antara rerimbunan hutan mangrove menawarkan kesejukan udara di tengah teriknya matahari Pantai Bama.



ig.@lailatulfarikha


ig.@hidhad


9. Pantai Balanan.


kstm.com

Pantai Balanan adalah salah satu pantai yang berada di kawasan TN Baluran. Kawasan yang berjarak 3 km dari Savana Bekol dan 5 km dari Pantai Bama ini sungguh merupakan destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan.
sumber


Hijaunya hutan mangrove, hamparan pasir putih berpadu dengan kejernihan air laut sungguh suatu lukisan alam teramat memesona.


terdapat juga taman bawah laut dengan kanekaragaman terumbu karang dan biota laut.


10. Pantai Bilik - Sijile.

ig.@baluran_merch

Seperti halnya Pantai Balanan, Pantai Bilik- Sejile juga menawarkan beragam keindahan alam yang siap memanjakan Anda.


Perlu anda ketahui, jika Anda memulai perjalanan dari Pantai Bama akan memakan waktu ± 2 jam dan hanya bisa dilakukan dengan menggunakan perahu nelayan.


Namun ane yakin waktu tersebut tidak akan membuat anda bosan karena Anda akan disuguhi indahnya panorama alam Baluran dari tengah lautan


Satu lagi yang perlu diingat, pada ke-3 Pantai tersebut di atas ( Pantai Bama, Balanan, Bilik-Sejile) Anda bisa menyaksikan indah matahari terbit (sun rise)


balurannationalpark




Agan dan Sista.

Sebenarnya masih ada tempat-tempat menarik--yang bisa Anda kunjungi--yang siap menjadikan hari libur Anda menjadi lebih istimewa. Namun (menurut ane) dari ke-10 tempat yang ane sebut si atas (rasanya) sudah cukup untuk menggambarkan bahwa Taman Nasional Baluran memang pantas di rekomondasikan.


Sekian saja ulasan ane tentang Taman Nasional Baluran. Semoga ulasan tersebut bisa membantu anda mencari tempat yang tepat untuk berwisata bersama orang-orang terdekat anda


Salam SUKSES selalu untuk Anda semua
dan jangan lupa untuk selalu BAHAGIA.

Sampai bertemu lagi pada thread ane Selanjutnya.



Referensi : jenggirat tangi

Quote:
Diubah oleh abahekhubytsany 04-09-2022 10:08
Cahayahalimah
ceuhetty
erina79purba
erina79purba dan 16 lainnya memberi reputasi
17
2K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan