Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ardi0606Avatar border
TS
ardi0606
Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara, Jauh-jauh Berlayar, Pulang Membangun Daerah
Assalamualaikum wr. wb

Siang itu aku terharu gan,

“Aku hanya anak seorang pelaut, ayahku mendayung perahu kayu, namun, aku harus mampu berdiri tegak di atas Kapal Republik Indonesia Bersama ratusan pemuda calon pemimpin bangsa”.

Itulah kata yang aku ucapkan saat melihat megahnya Kapal Republik Indonesia Teluk Bintuni di Dermaga Tanjung Priok. Aku resmi bergabung di kegiatan Kapal Pemuda Nusantara dan akan berkeliling melihat keindahan Indonesia dari dekat.

Referensi
Kapal Pemuda Nusantara (KPN) merupakan program pelayaran ke beberapa daerah di Indonesia dengan menggunakan Kapal Republik Indonesia dengan tujuan untuk menanamkan wawasan kebaharian di kalangan para pemuda terpilih (perwakilan dari masing-masing provinsi). Selain perwakilan dari daerah, kegiatan ini juga mengundang beberapa pemuda dari negara tetangga seperti timor leste, Malaysia dan Vietnam. Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Pernahkah agan merasakan sensasi naik kapal perang milik TNI berlayar mengelilingi keindahan laut Indonesia selama satu bulan?

Sekedar informasi, banyak hal yang telah di dapatkan dengan mengikuti program KPN ini, salah satunya menemukan keluarga baru bahkan sampai ada yang beneran menjadi keluarga kecil Bahagia (tunggu thread selanjutnya). Namun, yang lebih penting dari itu adalah bekal ilmu dan wawasan tentang bahari Indonesia yang kelak akan menajdi modal utama kita mengabdikan diri setelah pulang program.

agan semua harus tau ya, kalau selesai program kita tidak selesai begitu saja. Kita tetap akan punya ikatan batin sesama alumni melalui wadah Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (KAKPN). Berhubung ane dari Bangka Belitung ane gabung di KAKPN Bangka Belitung.

Pelayaran boleh saja telah berakhir, namun perjalanan panjang barulah akan dimulai.

Nah, ngapain aja nih kita di KAKPN Bangka Belitung?

Berikut program KAKPN Bangka Belitung yang tentunya menginspirasi ane dan mungkin bisa menginsipirasi pemuda-pemuda lain untuk membangun daerahnya:

1.      Galang Dana Sosial dan Garage Sale  

Untuk mendukung kegiatan sosial yang akan di lakukan, KAKPN Babel rela turun ke jalan untuk menggalang dana. Selain menggalang dana, kita pun mengajak masyarakat juga untuk berpartisipasi dengan bentuk yang lainnya, seperti menyumbangkan mukena, al-quran, buku, baju dan sebagainya. Kemandirian organisasi juga terlihat dengan fundrisingke banyak instansi. Namun, yang paling berkesan yaitu kegiatan garage sale dengan mengobral pakaian layak pakai dengan harga yang miring. Hasil penjualan dari garage sale inilah kemudian digunakan untuk kegiatan sosial membantu saudara-saudara yang membutuhkan.




 

2.      Rumah Baca Seperadik Pongok

Niat untuk menumbuhkan kegemaran membaca bagi anak-anak di Pulau Pongok adalah sebuah cita-cita. Berbagai keterbatasan di alami anak-anak disana termasuk akses transportasi yang susah (kurang lebih 2-3 jam dari kabupaten. Keterbatasan inilah yang menguatkan niat KAKPN untuk membangun sebuah perpustakaan di Pulau Pongok. Pada tahun 2016 perpustakaan dengan nama Rumah Baca Seperadik Pongok berhasil diresmikan dan memliki lebih dari seribu koleksi, sumbangan para donatur. Alhamdulliah perpustakaan ini telah menjadi salah satu perpustakaan terbaik di kabupaten Bangka Selatan.




 

3.      Pongok Cerdas

Kegiatan ini adalah rangkaian dari kegiatan peringatan hari jadi rumah baca seperadik pongok tahun 2019. Kegiatan diisi dengan memberikan inspirasi kepada para siswa di SD Negeri 1 Pongok. Dengan membuka kelas inspirasi diharapkan adik-adik di sana termotivasi untuk mengenyam Pendidikan setinggi mungkin sehingga mampu mencapai cita-citanya. Program ini diinisiasi para alumni karena yakin di bahu merekalah kelak harapan bangsa ini dititipkan. Kecerdasan merekalah yang nanti akan membuat Indonesia menjadi negara maju di masa depan.




 

4.      Berbagi Sembako dengan Lansia

Bingkisan sembako dibagikan kepada para lansia yang kurang mampu secara door to door.  Sembako ini berisi bahan makanan pokok serta beberapa makanan instant. Namun, bukan seberapa banyak atau seberapa besar harganya, melainkan sebuah kebanggan karena mampu melihat mereka tersenyum tulus. Bahagia itu sederhana, saat kita bisa berbagi kepada mereka secara tidak langsung mereka telah membagikan kebahagiaan mereka kepada kita.







Komunitas sosial seperti KAKPN Babel tetap harus di apresiasi. Jiwa sosial mereka perlu di hargai. Uang tidaklah mampu membeli pengorbanan dan jerih payah mereka, karena sesungguhnya mereka sangatlah tidak ternilai harganya

Bangga kepada KAKPN BABEL, terus berkarya pemuda bahari Indonesia. Maju dan Jayalah Indonesia!!!

Waalaikummussalam wr.wb

Ditulis untuk berpartisipasi dalam event TASTETHELOCAL, INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY, MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT



sumber: IG: kakpnbabel 
sumber: google
Diubah oleh ardi0606 21-11-2019 02:13
agungdar2494
novitatari
sebelahblog
sebelahblog dan 4 lainnya memberi reputasi
5
573
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan