Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

NyimazzzAvatar border
TS
Nyimazzz
Selamat Ulang Tahun, Bu Risma!
Selamat Ulang Tahun, Bu Risma!




Hari ini walikota Surabaya, Tri Risma Harini yang biasa kita panggil Bu Risma merayakan ulang tahunnya yang ke-58. Perayaan sederhana diadakan bersama beberapa anggota keluarga dan staf di kediaman dinas Bu Risma.

Sebelum perayaan dimulai, beberapa orang wartawan yang sedang ada di situ sempat nge-prank Bu Risma. Salah satu wartawan yang ada berpura-pura kesurupan, Bu Risma yang hanya duduk diam sempat terlihat panik dan berkomat-kamit membaca doa. Lalu akhirnya mengambil segelas air minum yang beliau bacakan doa, sebelum akhirnya kejutan datang. Beberapa staf dan anggota keluarga datang membawa kue tart berbentuk taman mozaik.

Walau sempat mengomel tapi Bu Risma terlihat sangat bahagia. Ini mungkin akan jadi perayaan ulang tahun terakhir Bu Risma yang dirayakan saat beliau menjabat sebagai walikota Surabaya karena setelah ini posisi beliau akan digantikan oleh walikota yang baru.


Selamat Ulang Tahun, Bu Risma!


Seperti yang kita semua tahu, Surabaya mengalami perubahan besar selama masa pemerintahan Bu Risma.
Dolly, lokalisasi terbesar pada zamannya itu sudah ditutup pada tahun 2014. Para pekerjanya sudah diberdayakan untuk alih profesi dengan bantuan dari pemerintah, sepanjang gang Dolly pun kini berubah menjadi pusat Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjual berbagai macam hasil produksi industri rumahan.

Bagaimana Surabaya bisa berubah sedrastis ini? Ya, karena ada Bu Risma. Sejak beliau menjabat sebagai walikota Surabaya di periode pertama tahun 2010-2015, Surabaya seakan bersiap untuk mempercantik diri. Di balik sosoknya yang terlihat selalu sederhana dan bersahaja, Bu Risma punya keberanian dan ketegasan yang luar biasa. Mungkin kalian masih ingat ya, saat ada acara beberapa tahun yang lalu di Taman Bungkul Surabaya, dan setelahnya taman menjadi rusak, bagaimana marahnya Bu Risma pada seluruh jajaran panitia dan pelaksana? Ngeri? Iya. Makanya jangan berani-berani merusak.

Semua kerja keras beliau bukan omong kosong, penghargaan demi penghargaan diterima oleh Surabaya. Pada tahun 2012, Surabaya dinobatkan sebagau kota terbaik se-Asia Pasifik dalam kategori partisipatif. Hal ini dilihat karena Surabaya berhasil mensinergikan seluruh lapisan masyarakatnya mulai daei pelajar sampai pegawai kantoran untuk saling bantu bahu membahu membangun dan mengembangkan kota.

Pada tahun 2014, Bu Risma berangkat ke Inggris untuk mewakili Surabaya menerima penghargaan dari London Summit Leaders dalam kategori Innovative City of The Future. Ini dinilai dari tata kota Surabaya. Saat itu, Surabaya datang sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia.

Tahun 2016, Bu Risma terpilih untuk kedua kalinya sebagai walikota Surabaya. Tentu saja saya ikut bahagia. Itu berarti Surabaya akan jadi lebih indah dan tertib. Kenapa saya bilang tertib? Karena Bu Risma punya peraturan sendiri untuk para pegawainya supaya imej buruk tentang Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa lenyap. Kinerja pegawai pemerintahan di lingkup kelurahan dan kecamatan, misalnya. Yang dulunya bertele-tele bila kita ingin mengurus segala surat-menyurat, sekarang tidak lagi. Bu Risma sendiri sering melakukan inspeksi mendadak untuk mengecek para pegawainya benar-benar melakukan tugas mereka membantu warga. PNS yang ketahuan berjalan-jalan di tempat umum atau pusat perbelanjaan pada jam kerja pun akan ditegur.

Untuk siswa sekolah juga begitu. Bu Risma tidak mau melihat ada anak berseragam sekolah, jalan-jalan di mall atau keluyuran nggak jelas saat jam sekolah. Beberapa kali saya mendengar cerita ada anak sekolah yang dipanggil dan ditegur langsung oleh beliau.
Tak heran ya Bu Risma bisa masuk jajaran 10 wanita paling inspiratif versi majalah Forbes tahun 2013.

Semoga pengganti Bu Risma nantinya bisa meneruskan apa yang sudah dibangun oleh beliau untuk Surabaya selama ini.
Selamat ulang tahun, Bu Risma.
Terima kasih untuk semuanya, terima kasih sudah membuat warga Surabaya bangga.


***

Terima kasih sudah mampir ke thread saya, teman-teman. Yang mau berkomentar, silakan. Asalkan sopan dan bisa memancing diskusi yang baik.

***

Sumber gambar: Google
Diubah oleh Nyimazzz 20-11-2019 14:29
sebelahblog
tien212700
tien212700 dan sebelahblog memberi reputasi
2
390
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan