Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

littledeasyAvatar border
TS
littledeasy
5 Langkah Mudah Untuk Membeli Rumah Secara Kredit

Rumah memang menjadi kebutuhan pokok setiap manusia sehingga menjadi prioritas utama untuk dimiliki. Namun harga rumah yang semakin tinggi setiap tahunnya membuat tidak semua orang mampu memiliki rumah yang diimpikan. Ternyata terdapat langkah mudah dalam membeli rumah secara kredit, ketika memilih untuk membeli rumah memang harus diperhitungkan dengan teliti dan terperinci, supaya tidak terjebak kredit macet.

5 Langkah Mudah Untuk Membeli Rumah Secara KreditFoto: Andriy Popov / Alamy Stock Photo
Pembelian secara kontan memang masih memberatkan banyak orang. Namun jika kamu menginginkan rumah idaman tanpa harus mengeluarkan dana yang cukup besar sekaligus, kamu dapat mencoba dengan cara KPR. KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah adalah cara mudah membeli rumah secara kredit, supaya bisa membuatmu memiliki rumah idaman dengan mudah. Kamu hanya perlu mencicil rumah idaman setiap bulannya. 

Tips Bisnis Properti Ala Tung Desem Waringin
Bagaimana caranya membeli rumah secara kredit dengan KPR? Ada beberapa hal yang harus kamu pahami sebelum mengajukan kredit kepemilikan rumah ini, yaitu:

1. Temukan rumah yang akan dibeli secara kredit

5 Langkah Mudah Untuk Membeli Rumah Secara KreditFoto: Dmytro Flisak / Alamy Stock Photo Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari rumah yang akan dibeli. Ada dua cara yang kamu bisa lakukan. Yang pertama adalah dengan mendatangi bank untuk meminta informasi beberapa lokasi yang menjual rumah secara KPR.

Cara kedua adalah dengan mencari sendiri informasi melalui koran dan internet. Ada baiknya kamu memiliki dua alternatif rumah yang akan dibeli agar nantinya dapat dibandingkan dari sisi harga dan kemudahan proses KPR.

Jual Rumah Supaya Cepat Laku, Berikut Tipsnya
2. Cari Informasi lebih dalam tentang rumah tersebut

5 Langkah Mudah Untuk Membeli Rumah Secara KreditFoto: Antonio Guillem Fernández / Alamy Stock Photo
Setelah kandidat rumah ada, tahap selanjutnya adalah menanyakan segala hal yang berkaitan dengan rumah tersebut. Mulai dari harga, uang muka, cicilan dan biaya tanda jadi. 

Lihat denah atau desain dari rumah tersebut, pastikan lokasi sudah benar. Jangan lupa cek segala fasilitas yang ada. Lalu tanyakan proses kredit KPR rumah tersebut.

3. Bayar tanda jadi

5 Langkah Mudah Untuk Membeli Rumah Secara KreditFoto: Andriy Popov / Alamy Stock Photo
Langkah berikutnya setelah informasi diterima dengan jelas yaitu membayar tanda jadi atau bukti pemesanan rumah atau kavling. Sehingga rumah yang kamu inginkan tidak dibeli orang lain. Umumnya developer memiliki aturan yang berbeda terkait tanda jadi ini. Ada yang membebaskan tanpa batas waktu, namun ada juga yang mengharuskan membayar uang muka segera.

Crowdfunding, Skema Investasi Properti yang Tengah Menjadi Tren
4. Bayar uang muka KPR

5 Langkah Mudah Untuk Membeli Rumah Secara KreditFoto: Panther Media GmbH / Alamy Stock Photo
Prosedur selanjutnya setelah pembayaran tanda jadi adalah pembayaran uang muka KPR. Ada beberapa developer yang menyatakan bahwa tanda jadi sudah termasuk uang muka, namun ada juga yang tidak demikian. Biasanya uang muka yang kamu bayarkan akan dikembalikan jika pengajuan kredit KPR ditolak pihak Bank.

5. Ajukan KPR ke Bank

5 Langkah Mudah Untuk Membeli Rumah Secara KreditFoto: Visuals Stock / Alamy Stock Photo
Proses terakhir jika uang muka sudah dilunasi, maka kamu harus mengajukan kredit ke Bank. Umumnya developer membantu proses ini karena biasanya beberapa bank sudah bekerja sama dengan developer. 

 Syarat IMB – Persyaratan Mengurus Izin Mendirikan Bangunan
Ada beberapa persyaratan yang wajib dilampirkan saat pengajuan kredit ke bank, diantaranya adalah:

1. Fotokopi rekening koran tabungan

2. Surat keterangan bekerja

3. Slip gaji 3 bulan terakhir

4. Fotokopi KTP

5. Fotokopi KK

6. Fotokopi Surat Nikah


5 Langkah Mudah Untuk Membeli Rumah Secara KreditFoto: Aleksandr Davydov / Alamy Stock Photo
Bank akan melakukan survei meliputi pantauan ke tempat kamu bekerja, pengecekan ke BI untuk memastikan kamu tidak ada dalam blacklist catatan kredit dan wawancara langsung denganmu.

Hal lain yang dipertimbangkan adalah kemampuan finansialmu di mata bank. Biasanya bank memberikan syarat cicilan maksimal adalah 30% dari gaji. Seluruh aspek mulai dari harga rumah, uang muka, besarnya cicilan, lama angsuran dan besarnya gaji mempengaruhi satu sama lainnya dalam proses pengajuan KPR. Jadi, jika salah satu aspek dikurangi maka yang lainnya harus ditambahkan.

Misalkan, jika cicilan kredit perbulan ingin dikurangi besarannya maka uang muka harus ditambah atau bisa juga menambah jangka waktu cicilan. Disinilah yang membuatmu harus berpikir matang untuk membeli rumah secara kredit.



Jazed
sebelahblog
sebelahblog dan Jazed memberi reputasi
2
401
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan