sofiyuenAvatar border
TS
sofiyuen
Viral! Rumah 7×9 m Di Ciamis Hanya 15 Juta. Kok Bisa, Ya?
Halo Agan Sista. Ketemu lagi di thread ane kali ini. Jangan bosan ya.

emoticon-Malumaluemoticon-Malu

Setiap kita tentu ingin memiliki rumah ya, AganSis. Walaupun itu hanya rumah kecil dan sederhana, akan jauh lebih baik dari pada ngontrak atau menumpang di rumah mertua. Rumahku istanaku, semua orang mengimpikan hal ini. Namun, dewasa ini, biaya pembuatan rumah membuat kita kalangan ekonomi bawah harus sabar menabung selama bertahun-tahun, bahkan ada yang sudah puluhan tahun belum juga mampu mewujudkannya.


Nah, baru-baru ini, viral di sosial media sebuah rumah dengan ukuran lumayan berhasil dibuat hanya dengan modal 15 juta rupiah! Waw, amazing ya GanSis. Bagaimana bisa? Dengan harga material dan upah tukang seperti sekarang ini, rasanya kita sulit percaya, ya. Tapi itulah kenyataannya, Agan, Sista.




Sebuah akun Facebook bernama Setyhanissa Oktaviana memosting foto rumah miliknya beserta keterangan membangun rumah cukup bermodalkan 15 juta rupiah. Dia juga menyertakan potret proses pembangunan rumah dari tahap awal hingga rumah selesai dibangun. Mulai dari pondasi, kerangka, hingga bangunan rumah lengkap dengan pintu dan jendelanya.


Bagaimana mungkin membangun rumah hanya dengan modal 15 juta?




Prayitno (26 ), sosok di balik pembangunan rumah menjawab dalam wawancara dengan Tribunnews, Selasa (19/11/2019). Rumah berukuran 7×9 m ini bangunan dasarnya menggunakan bata merah dan semen. Dilanjutkan dengan pemasangan rangka dinding dari material baja ringan, dan diselesaikan dalam waktu 15 hari saja.




"Memang benar rumah 15 juta rupiah itu dana yang saya habiskan. Tapi dana 15 juta itu untuk materialnya saja," kata Prayitno.


Rumah ini diketahui berlokasi di Desa Sindangin, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, dan 1 kamar mandi, dan dapur sederhana. Bahan penyusun dibangun dari material baja ringan dan GRC Board. Untuk mempercantik tampilan rumah, Prayitno menambahkan cat berwarna merah dan biru.


Tentu saja rumah ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Kelebihannya adalah tidak mudah dimakan rayap dan tidak akan lapuk. Sementara kekurangannya rawan jika ada hantaman keras. GRC Board merupakan material yang mudah ambruk atau rusak bila mendapat tekanan yang besar.


Prayitno mengatakan ia sendiri yang merancang dan menentukan material yang akan digunakan. Sehingga ia bisa mewujudkan rumah impiannya dengan dana yang terbatas. Untuk pengerjaan juga dia sendiri yang melakukan. Keren, ya GanSis.


Prayitno berharap dia bisa menginspirasi orang-orang. Terlebih kepada orang yang dalam keadaan tidak memiliki dana lebih untuk membangun rumah. Dengan memanfaatkan kondisi yang ada, semua orang akan bisa membangun rumah.


Walaupun Kang Prayitno di atas modal 15 juta dia sendiri yang mengerjakan, kalau kita nggak bisa bertukang sendiri, kita perlu sekitar lebih kurang 2 juta lagi untuk biaya upah. Lumayan hemat, kan? Daripada nungguin duit hingga puluhan bahkan ratusan juta yang entah kapan akan terkumpul, ane suka dengan model rumah seperti Prayitno ini.


Gimana AganSist, cukup menginspirasi kan? Biarlah kecil dan sederhana asal milik kita. Ane doakan AganSista yang belum memiliki rumah sendiri (sama seperti ane) disegerakan rejekinya oleh Yang Maha Kuasa. Aamiin.


Sekian dulu thread ane hari ini. Semoga bermanfaat. Salam pejuang rumahku istanaku.🤗🤗😍emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus


sumberklik
Diubah oleh sofiyuen 20-11-2019 04:11
fanhyintan
DentaPublisher
sebelahblog
sebelahblog dan 8 lainnya memberi reputasi
9
6.7K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan