CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Terungkap!! Kesalahan Terbesar Yang Pernah Dilakukan Oleh Presiden Soekarno.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd30b796df23121f02efdb5/terungkap-kesalahan-terbesar-yang-pernah-dilakukan-oleh-presiden-soekarno

Terungkap!! Kesalahan Terbesar Yang Pernah Dilakukan Oleh Presiden Soekarno.

Soekarnomerupakan seorang Proklamator kemerdekaan Indonesia, dan juga merupakan seorang Presiden pertama Negara Republik Indonesia. Jasanya kepada bangsa ini sangatlah besar, beliau juga seorang yang sangat disegani oleh negara-negara lain.

Kiprah beliau didunia perpolitikan baik didalam maupun luar negeri sudah diakui kehebatannya, bahkan beliau digelar sebagai "Pembicara Ulung" oleh negara-negara lain.
emoticon-Cool
Hal tersebut dikarenakan beliau mempunyai karakter khas dan tegas ketika berbicara, baik didalam forum nasional maupun internasional.

Namun sehebat-hebatnya manusia pasti pernah melakukan yang namanya dosa, baik dosa kecil ataupun dosa besar. Salah satu dosa besar yang pernah dilakukan oleh Bung Karno adalah memenjarakan seorang ulama!
emoticon-Entahlah


• Salah Satu Dosa Besar Seorang Soekarno •
Presiden Soekarno pernah 'menyerang' ulama besar di masanya, Buya Hamka. Bersama Mohammad Yamin, Soekarno melalui headline beberapa media cetak asuhan Pramoedya Ananta Toer melakukan 'pembunuhan karakter' atas diri Hamka, namun hal tersebut tak sedikit pun menyurutkan niat Hamka dalam menegakkan amar ma'ruf nahi mungkar.

Karena tindakan seorang Hamka yang berani mengkritik Presiden pada tahun 1964, Soekarno tak sungkan-sungkan menjebloskan ulama besar asal Minangkabau ini ke dalam penjara tanpa melewati persidangan.
emoticon-Mewek
Semua itu terjadi ketika Buya Hamka mengeluarkan fatwa Haram kepada presiden yang kimpoi lagi, dan setelah itu beliau juga menyebutkan bahwa ada antek-antek PKI yang bekerja dibalik pemerintahan Soekarno.

Mendengar pernyataan kritik dari seorang Hamka, Bung Karno seperti 'kebakaran jenggot' dibuatnya. Oleh karena itu dia memerintahkan untuk memenjarakan Buya Hamka.
emoticon-Turut Berduka


• Kehidupan Buya Hamka Dipenjara •
Quote:

2 tahun 4 bulan lamanya Hamka dipenjara, apakah beliau menangisi kenyataan tersebut? Tidak!
Jangankan memendam dendam ataupun mengutuk-ngutuk keputusan presiden pada saat itu, bersedih pun tidak.

Hamka justru bersyukur karna dimasukkan ke penjara, karena disanalah beliau punya banyak waktu luang untuk menyelesaikan "Tafsir 30 juz Alqur'an", atau yang dikenal dengan Tafsir Al-Azhar.
emoticon-Wow
Lantas, bagaimana dengan nasib ketiga tokoh yang pernah ikut andil memenjarakannya? Yaitu Pramoedya, Mohammad Yamin dan Soekarno?

Ternyata Allah masih sayang kepada trio licik tersebut, karena kekejian yang pernah mereka lakukan kepada seorang Ulama yaitu Buya Hamka, tidak harus diselesaikan di akhirat.

Atas rahmat dan karunianya, masalah tersebut Allah izinkan selesai di dunia ini. Sekaligus memperlihatkan kebenaran seorang ulama yang dikasihinya.
emoticon-Angel


• Kebenaran Menerangi Gelapnya Kejahatan •
Quote:


Di usia senjanya, Pramoedya mengakui kesalahannya di masa lalu. Ia mengirim putrinya "Astuti" dengan calon suaminya "Daniel" yang mualaf, untuk belajar Islam kepada Guru Hamka sebelum mereka menjadi suami istri.

Apakah Guru Hamka menolak amanah dari salah seorang yang pernah berbuat jahat kepadanya? Tidak!
emoticon-Peluk
Justru dengan kelapangan hatinya Hamka mengajarkan ilmu agama kepada anak dan calon menantu Pramoedya, tanpa sedikit pun mengungkit-ungkit kekejaman masa lalu.

Orang yang mempunyai kelapangan hati sebesar dunia memang beda sikapnya dalam menghadapi orang yang pernah jadi musuhnya. Jangankan niat balas dendam, beliau malah berbuat baik terhadapnya.
emoticon-2 Jempol
Astuti, anak perempuan Pramoedya pun menangis haru melihat kebesaran hati dari seorang ulama besar ini. Dan juga, Buya Hamka sendiri yang menjadi saksi atas pernikahan anak Pramoedya tersebut. Subhanallah.
emoticon-Mewek


• Penyesalan Memang Selalu Datang Belakangan •
Quote:


Saat Mohammad Yamin sakit keras, ia meminta orang terdekatnya untuk memanggil Buya Hamka. Dengan segala kerendahan hati dan juga rasa penyesalannya pada ulama besar ini, Mohammad Yamin meminta maaf atas segala kesalahannya kepada Buya Hamka.

Memang yang namanya penyesalan selalu datang diakhir kehidupan, karena kalau datang diawal itu namanya 'pendaftaran'.wkwkwk
emoticon-Ngakak
Dan ingat juga bahwa kesalahan ada untuk dimaafkan, jangan pernah sesekali membalas sebuah kejahatan dengan kejahatan. Karena hal tersebut akan menciptakan rantai kedendaman dalam kehidupan.

Dalam kesempatan nafas terakhirnya dari seorang tokoh besar Indonesia, Mohammad Yamin pun meninggal dunia dengan mengucapkan kalimat-kalimat tauhid yang dituntun sendiri oleh Buya Hamka.

Sebuah akhir riwayat yang bahagia, setelah berkubang lumpur didunia, akhirnya terbersihkan oleh rahmat dan kasih sayangnya untuk menuju kehidupan yang selanjutnya.
emoticon-Angel


• Kata Maaf Yang Belum Sempat Terucap •
Quote:


Buya Hamka justru berterima kasih dengan 'hadiah' penjara yang diberikan kepadanya oleh Soekarno, karena dengan 'hadiah' tersebut beliau berhasil menyelesaikan "Tafsir Al-Azhar"nya.

Tak ada rasa benci apalagi dendam kepada orang nomor satu di Indonesia kala itu, beliau malah merindukan sosok tokoh besar tersebut. Proklamator bangsa yang telah membuat ujian hidup sang Buya Hamka menjadi berliku, namun sangat indah.
emoticon-Mewek
Tanggal 16 Juni 1970, seorang ajudan Soekarno datang ke rumah Hamka membawa secarik kertas yang bertuliskan pendek:

"Bila aku mati kelak, aku minta kesediaan Hamka untuk menjadi imam shalat jenazahku."

Hamka langsung bertanya pada sang ajudan, "Di mana? Di mana beliau sekarang?"
Dengan pelan ajudan menjawab, "Bapak sudah wafat di RSPAD, jenazahnya sedang dibawa ke Wisma Yoso."
emoticon-Turut Berduka
Seketika mata sang Buya menjadi sayu dan berkaca-kaca, rasa rindun ingin bertemu dengan tokoh besar negeri ini sekaligus ingin berterimakasih untuk 'hadiah' yang pernah diberikan kepadanya, malah harus bertemu dengan tubuh yang kaku yang sudah membisu.

Hanya keikhlasan dan kerelaan maaf yang bisa diberikan oleh Hamka kepada Soekarno pada saat itu, untaian doa yang lembut dengan tulus dipanjatkannya saat menjadi Imam Shalat Jenazah Presiden Pertama Indonesia saat itu.

Terungkap!! Kesalahan Terbesar Yang Pernah Dilakukan Oleh Presiden Soekarno.

Selamat jalan 'bapak' bangsa, semoga kesalahan yang pernah engkau perbuat terhadap bangsa ini sudah dimaafkan dan engkau sudah termaafkan. Aamiin.
emoticon-Turut Berduka
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Terungkap!! Kesalahan Terbesar Yang Pernah Dilakukan Oleh Presiden Soekarno.

Tulisan Pribadi.
Sumber berita: (Disini) dan (disini)
Sumber gambar: Google images.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dellesology dan 67 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
pertamax. horaaii.
nice treat gan. emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rampratamadhan dan 5 lainnya memberi reputasi
gile. ternyata oh ternyata.
gak nyangka weh. emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rampratamadhan dan 5 lainnya memberi reputasi
setdah, kok bisa gitu yak? 😑
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qieqiejr dan 3 lainnya memberi reputasi
kenapa harus pahlawanku...
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alvioonion dan 3 lainnya memberi reputasi
Trenyuh ane, gan ... emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
purpledemon dan 3 lainnya memberi reputasi
Disini saya belajar memaafkan. Disini saya belajar ikhlas.
Disini saya belajar meminta maaf.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sagaramean dan 10 lainnya memberi reputasi
kesalahan terbesar soekarno itu ga habisin soeharto, itu aja emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hamka jadi imam sholat jenazah atas perintah langsung mayjen alamsyah (mensesneg saat itu) silahkan tanya anak kedua alm alamsyah (edi). kesalahan terbesar hamka adalah bikin ijtima ulama mendukung dai-nippon. silahkan kagak percaya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yandirgaa dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:

Selamat gan.
emoticon-Jempol
Quote:

Sama gan. emoticon-Mewek
Quote:

Karna ga gini gan.
emoticon-Ngakak
Quote:

Takdir kali gan.
emoticon-Betty
Quote:

Cakep!
emoticon-Jempol
Quote:

Pegangan kalo ga kuat gan.
emoticon-Shakehand2
Quote:

Makasih gan.
emoticon-Shakehand2
Quote:

Anjay, mksd nya ga ngabisin makanannya yak?
emoticon-Recommended Seller
Quote:


emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kingoftki memberi reputasi
Politikus dan tokoh masyarakat jaman dulu itu termasuk dewasa dalam bersikap dan mampu memisahkan urusan negara dan pribadi.
Soekarno dan Hatta sering konflik dan gak sejalan utk urusan manajemen negara. Hatta mengambil sikap yg tegas utk mundur jd wapres kala Soekarno mulai mengabaikan ekonomi tp secara pribadi mereka tetap berhubungan baik.
bahkan Soekarno mengeluarkan maklumat siapaun yg berani menggangu hatta setelah beliau resign akan berhadapan dg soekarno.
begitu juga dg syahrir meski PSI oposisi utama dan disinyalir menyokong PRRI tp tidak dibawa ke personal.
Chaerul Saleh dan Aidit meski sering gontok2 an di pemerintahan imbas perseteruan Murba dan PKI bahkan nyaris baku hantam di istana negara. Tp diluar itu tetap bersilaturahmi dan hubungan keluarga tetap baik.
intinya jadi negarawan jangan baper. Coba di jaman soeharto berani bersebrangan atau nyindir2 beliau . Bisa dibui, buang bahkan dihilangkan , minimal karir gak naik2 lah. Hal ini sudah dirasakan pembantu dekat Soeharto sendiri spt Kemal Idris, Sarwo Edhi Wibowo, dan Beny Moerdhani
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Adit.m.n dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mamorukun
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
mempunyai 2 atau lebih istri saja sudah terkesan kesalahan besar sih bre
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan NadarNadz memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
wih mantab nih sejarah penting yg wajib kita tau emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan NadarNadz memberi reputasi
keren juga, bisa gak ada dendam sama sekali gitu ya. luar biasa buya hamka. emoticon-Nyepi
Sedekah BATA ya gansis, terima kasih. emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cos44rm dan 18 lainnya memberi reputasi
Subhanallah... nice Trit TS

Itu bgimana yaa bisa jd pemaaf seperti beliau ??
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan NadarNadz memberi reputasi
makanya jangan "menyerang" ulama besar
bisa kualat nanti emoticon-Malu

apa kabar bibib nun jauh di arab emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MyNameIsMoz dan 8 lainnya memberi reputasi
+1 aje deh emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
septaboement dan 3 lainnya memberi reputasi
lha njuk pie..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
semua org pny kesalahan besar ato kecil.dan itu wajar.
justru hanya org yg berjiwa besar yg mau mengakui kesalahannya di masa lalu yg berbuah dgn perubahan dan tindakan nyata emoticon-Shakehand2
profile-picture
NadarNadz memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di