CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Buruh Kota Bekasi Ingin UMK Sebesar Rp 4,9 Juta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dce21bb5cf6c463341bced6/buruh-kota-bekasi-ingin-umk-sebesar-rp-49-juta

Buruh Kota Bekasi Ingin UMK Sebesar Rp 4,9 Juta

Buruh Kota Bekasi Ingin UMK Sebesar Rp 4,9 Juta

Kamis, 14 November 2019 | 15:34 WIB

Buruh Kota Bekasi Ingin UMK Sebesar Rp 4,9 Juta
KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEAN

Ratusan orang dari beragam serikat buruh mengawal  rapat lanjutan pembahasan final upah minimum kota (UMK) Bekasi 2020 yang diselenggarakan di kantor Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi, Bekasi Selatan, Kamis (14/11/2019) siang.

Penulis: Vitorio Mantalean
Editor: Egidius Patnistik

BEKASI, KOMPAS.com - Dewan Pengupahan Kota Bekasi melakukan pembahasan final penentuan upah minimum kota ( UMK) Bekasi untuk 2020 pada Kamis (14/11/2019) ini.

Rapat itu sedianya kelar Senin lalu. Namun rapat tertunda karena perwakilan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) absen.

Pembahasan final hari ini dikawal para buruh dari beragam serikat buruh.

Ratusan buruh berunjuk rasa di depan kantor Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi, tempat rapat pembahasan final UMK 2020 digelar.

Penanggung jawab aksi, Suparno mengatakan, para buruh mendesak agar Dewan Pengupahan setuju dengan permintaan kenaikan UMK sebesar 15 persen untuk tahun 2020.

Itu artinya, UMK Bekasi mencapai Rp 4,9 juta.

Permintaan itu, klaim Suparno, sudah mereka sampaikan kepada Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, sejak akhir Oktober lalu.

"Tanggal 29 Oktober 2019, kami sudah bertemu dengan Wali Kota Bekasi dan membuat berita acara nota kesepahaman. Ia menyampaikan, 'Berapa permintaan buruh sini saya tanda tangan'," ungkap Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Kota Bekasi itu kepada Kompas.com di lokasi aksi, Kamis petang.

"Kami akan lihat sama-sama komitmen wali kota melalui kepala dinas ini akan dipegang atau tidak," tambah Suparno.

Suparno mengatakan, serikat buruh menolak perhitungan UMK berdasarkan PP Nomor 78 Tahun 2015. Berdasarkan PP itu besaran UMK dihitung sesuai persentase inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Jika mengacu ketentuan itu, UMK Bekasi naik sekitar 8,51 persen hingga nominal antara Rp 4,4-4,5 juta. Ia mendesak agar pemerintah mendengar permintaan serikat buruh.

Menurut Suparno, serikat buruh sudah melakukan survei mandiri ke pasar-pasar di Kota Bekasi untuk menghitung UMK 2020 dengan pertimbangan harga 78 item, mulai dari harga sembako, listrik, hingga harga sewa kontrakan.

"Bahwa dari hasil survei tersebut angka penyesuaian tahun 2020 tentang UMK, khususnya kota Bekasi adalah 15 persen," ucap dia.

Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
richardnixon dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Mamtappp planet bekasi , sekalian 10 juta aja umknya . tanggung banget .
profile-picture
simsol... memberi reputasi
buajinggaaaannnnnnnn
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Ntar pabrik bubar dari bekasi yang salah pemerintah?
profile-picture
profile-picture
rawonkuahcampur dan simsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gw aja PNS gaji pokok cuman 3,6 jt
profile-picture
simsol... memberi reputasi
buset.. untung gw cuma usaha padat karya, jd gk ada 1 pun karyawan yg berani ngelunjak.. inflasi aja cuma 5-6%/tahun.. mereka minta kenaikan 15%.. nanti giliran perusahaan pd kabur langsung gigit jari dah emoticon-Cape d... (S)

kayak tetangga gw.. dulu jd manager di LG bekasi, tetangga2 yg lain pd diajakin termasuk iparnya jg.. begitu LG kabur dr bekasi langsung pd nganggur berjemaah.. hampir tiap malam kerjanya pd mabok sampe jam 2 pagi dah kayak org stress emoticon-Cape d... (S)

dulu waktu jd manajer dan supervisor, gaji dah lumayan.. termasuk paling royal dilingkungan, sekarang ada yg cuma buka warung kecil2an.. ada jg yg cuma ternak lele kecil2an buat nyambung hidup.. emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imba.ruiner dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Gapok gua masih 2.5jt jd ASN emoticon-Mewek
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Kalo gue punya pegawai 1000 orang, sebulan gajinya 5 juta...

Setahun gue kudu keluar 60 M uang buat ngegaji mereka..

Belum THR, sekitar 5 M pertahun.. Belum tunjangan lainnya..

Belum lemburannya..

Kalo di itung2 bisa ratusan M setahun uang gue abis..

Mending gue investasi ke robot 100-200 unit.. Mungkin abis 300-400 M... Bisa di pake puluhan tahun, kagak perlu cuti dan liburan, kagak beranak-pinak, kagak beragama jadi ga perlu THR.. emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ayo rame2 pada pindah pabrik ke jateng
profile-picture
simsol... memberi reputasi
bubar... bubar... pindahin industri ke planet namec aja... emoticon-Big Grin
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Balasan post filusufkacang
Quote:


anjenk... gak beragama, gak perlu thremoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


THR itu mmg pengeluaran paling absurd yg hanya ada di negara2 mayoritas 4L... emoticon-Traveller
Bakalan banyak industri ngacir.dari sono.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
simsol... memberi reputasi
UMK? pulsa nga sekalian minta dimasukin dalam bagian UMK emoticon-Leh Uga
profile-picture
simsol... memberi reputasi
cari kerjaan susah gan,gaji segitu ga bersyukur ya gila. saya aja 2 tahun ga kerja,akhirnya ya jualan,bisa survive
profile-picture
profile-picture
C MA 2 PUNK dan simsol... memberi reputasi
tanggung 100 lagi jadi 5 juta.
emoticon-Hammer2
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Bekasi join DKI aja, pasti naik. Mo naik 8 jt juga dikasih dah.
profile-picture
simsol... memberi reputasi
goblok anjing. sini gw injek kepala lu buruh2 buajingan.
profile-picture
profile-picture
seimei. dan simsol... memberi reputasi
Dia minta gaji naik tpi baranng2 harganya turun .gk mikir perusahaan bwt nutuo biaya gaji otomatis naikin harga .kenaikan 1 barang itu bisa pengaruhi harga2 lain ..endingnya itu duit 4,9jt keliatan gede tpi nilai nya sama aja kayak gaji yg skrng
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Dan dilain sisi ormas minta jatah parkir.
profile-picture
simsol... memberi reputasi
SEKALIAN 10 JUTA.
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di