CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcba326e83c7233df0dd2f3/sejumlah-warga-hentikan-paksa-ritual-upacara-keagamaan-di-bantul

Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul

Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan, Selasa (12/11/2019). [Dok. umat]

Suara.com - Keberagamaan di Kabupaten Bantul kembali terkoyak. Kali ini upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan, Selasa (12/11/2019).

Penghentian tersebut karena adanya desakan dari sejumlah warga sekitar pelaksanaan upacara tersebut.

Salah seorang umat yang mengikuti upacara Odalan Setiaji membenarkan peristiwa tersebut ketika dikonfirmasi. Upacara keagamaan Hindu dan Budha tersebut sebenarnya dilaksanakan tanpa pengeras suara. Bahkan, sebelumnya umat yang hendak melaksanakan kegiatan tersebut juga telah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar terkait upacara hari Selasa (12/11/2019).

"Tetapi warga tetap saja melakukan penolakan terhadap kegiatan kami,"ujarnya.

Setiaji menuturkan upaya penolakan yang dilakukan oleh warga sebenarnya sudah terlihat sehari sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut. Bahkan, petugas dari Polsek Pajangan telah berusaha melakukan mediasi dengan mempertemukan antara warga dan juga umat yang akan melaksanakan kegiatan upacara tersebut.

Setiadji mengatakan mediasi dilaksanakan oleh polisi pada Senin (11/11/2019) malam. Hasilnya, warga menolak karena kegiatan tersebut dilaksanakan di rumah dan tidak izin, hanya melakukan pemberitahuan ke tetangga dan polsek.

Dia juga membantah hal tersebut, karena sebelum dilakukan acara mereka telah melakukan diskusi dengan warga sekitar. Bahkan sebagai bentuk persetujuan, ada warga yang menyediakan halaman rumahnya untuk parkir dan menyediakan toilet tamu untuk peserta upacara dari luar kota.

"Acara ini sendiri dibatalkan untuk menghindari perselisihan lebih besar,"lanjutnya.

Aparat kepolisian dari Polsek Pajangan juga meminta kepada umat yang melaksanakan kegiatan tersebut untuk menghentikannya. Alasannya, untuk melakukan kegiatan seperti itu perizinan diperlukan hingga tingkat provinsi. Padahal petinggi mereka, Ida Begawan Manuaba telah tiba di lokasi kegiatan.

Warga yang sebelumnya telah sepakat dan menyetujui digelarnya acara tersebut tidak bisa berbuat banyak lantaran aparat kepolisian yang hadir di lokasi kegiatan. Kendati begitu, warga bersiaga ketika akan terjadi perusakan rumah lokasi kegiatan maka mereka akan memanggil warga yang lain.

sumber : https://jogja.suara.com/read/2019/11...m_medium=share

Komen TS ; Pelu diselidiki lebih jauh, siapa yang dimaksud dengan "warga"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh azhuramasda
Halaman 1 dari 10
Aseeeemmmm..
profile-picture
profile-picture
OriginalTaste dan simsol... memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
theflashchess dan 21 lainnya memberi reputasi
kata temen gue orang jogja, disana udah semakin intoleran.
jangankan ibadah umat lain, orang pengajian saja didatangi, ditanya-tanya ini pengajian apa?!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Salah satu penyebab kejawen, hindu, budha, dan agama pribumi kuno sempat punah di jawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangtjah dan 26 lainnya memberi reputasi
Jangankan yg belum mengantongi ijin, pengajian yang udah mengantongi ijin aja bisa dibubarkan kok.
Tanya aja banser kalo gak percaya.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soekotoiy dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Kenapa si bungsu selalu ketakutan kalo kekurangan member ya ?


emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusrilr20 dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
bencana kemanusiaan
ancaman peradaban
miris emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
kmren baru teriak2 negara menjamin kebebasan beragama gara2 di instansi pemerintah ga bole pake cadar....... amnesia.... emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
haryomukti dan 22 lainnya memberi reputasi
Warga yang menolak gak diwawancarai?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
donothing dan 8 lainnya memberi reputasi
Kelompok dungu sumbernya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
yang hentikan paksa itu pasti atheis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
jogja makin aneh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
negara lain sudah maju sukses sampai luar angkasa
org radikal tolol masih sibuk ribut agama
bagaimana bisa maju
profile-picture
profile-picture
profile-picture
haryomukti dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Coba aja kejadianya kebalik dan melalukanya di bali. Bisa heboh ini emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Di thread sebelah sudah ada yg mengangkat keterangan versi perangkat desa. Kronologis dan infonya lumayan banyak.
Silahkan dicek, sebelum ngecap yg enggak 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Saya sulit menebak ini kelompok yg menolak dari kepercayaan mana. Sulit
profile-picture
profile-picture
JokerGenius dan lyndonbaines memberi reputasi
perasaan dulu kg pernah ada sweeping kek gini di jogha deh
profile-picture
red.wangyi memberi reputasi
Sangat toleran sekali ya akhi
profile-picture
red.wangyi memberi reputasi
sapa suruh dlu HTI cs dibiarin idup bebas di jogja
kayaknya ane tau nih warganya emoticon-Ketupat
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di