haz0204Avatar border
TS
haz0204
Masjid Di Dalam Perut Bumi, Sumber Inspirasi


INSPIRING PLACE






Assalamualaikum. Hai, Agan dan Sista. Jumpa lagi di thread ane. Semoga selalu sehat, ya.


Pada event MLDSPOTKONTENHUNTyang diselenggarakan oleh KASKUSXMLDSPOT, tentang TASTETHELOCAL/INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY kali ini, ane ingin berbagi tentang INSPIRING PLACE versi ane.

Berbicara tentang sumber inspirasi, ia bisa datang darimana saja. Entah itu orang terdekat, tokoh terkenal, sebuah produk, komunitas tertentu, maupun sebuah tempat yang tak sengaja kita singgahi. Buat ane sendiri, Masjid Aschabul Kahfi yang ada di Tuban, Jawa Timur merupakan salah satu tempat inspirasi yang ada di Indonesia.

Seperti diketahui, Tuban sendiri termasuk salah satu daerah yang penuh dengan area kapur. Biasanya, daerah seperti ini dimanfaatkan untuk pertambangan. Namun, tidak dengan yang satu ini.

K.H. Subhan memanfaatkan area tersebut untuk membangun sebuah masjid. Namanya Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al-Maghribi. Masjid ini tepatnya merupakan bagian dari Pondok Pesantren Syekh Maulana Al-Maghribi.

Kenapa Masjid ini bisa menjadi salah satu tempat inspirasi menurut ane? Berikut ulasannya :

1. Masjid Dibangun Di Bawah Tanah




Jika pada umumnya Masjid di bangun di atas tanah, tidak demikian dengan Masjid yang satu ini. Pembangunannya di bawah tanah menjadikan bangunan tersebut memiliki keunikan tersendiri. Masjid ini dibangun pada kedalaman lebih kurang 10 meter dari permukaan tanah. Pastinya hal tersebut bisa sangat menginspirasi siapa pun yang mengunjungi tempat ini.

2. Pemandangan Khas Goa Alami Di Bawah Tanah




Seperti layaknya pemandangan alam di dalam goa, beberapa bagian langit-langit Masjid ini juga masih dipertahankan secara alami. Penuh dengan stalaktit dan stalagmit. Membuat siapa pun yang melihatnya akan takjub dan pastinya bisa mendapat inspirasi.

3. Tempat Beribadah Sekaligus Wisata Religi




Terletak di dalam perut bumi menyebabkan kondisi di dalam Masjid agak gelap. Tak ada sinar matahari yang masuk. Penerangan yang ada hanya menggunakan lampu-lampu hias. Selain itu hiasan batu marmer, ikon berbagai negara seperti candi, bola dunia, dan Ka'bah juga ada di dalam Masjid ini. Menjadikannya tempat yang cocok untuk berwisata religi, selain beribadah di sana.

4. Memiliki Spot Foto yang Menarik




Bagian dalam maupun luar Masjid ini memiliki bentuk yang unik dibanding bangunan Masjid lainnya. Hal ini merupakan daya tarik sendiri bagi para pengunjung. Tak lengkap rasanya jika berwisata tanpa mengabadikan momen tersebut. Nah, di Masjid ini terdapat spot-spot menarik untuk berfoto ria.

Bagaimana Agan dan Sista semua? Tempat ini cukup menginspirasi bukan? Jika penasaran dengan tempat ini, silakan berkunjung saja ke Tuban, Jawa Timur. Ane yakin, akan ada banyak hal yang bisa menjadi inspirasi buat Agan dan Sista semua setelah berkunjung ke tempat ini.

Sekian dulu dari ane. Kurang dan lebihnya mohon maaf.


TASTETHELOCAL
INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY
MLDSPOTKONTENHUNT
KASKUSXMLDSPOT



Penulis : Haz
Sumber Tulisan : Opini Pribadi, Referensi
UchieSuciani
lina.wh
sebelahblog
sebelahblog dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.9K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan