CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Games / ... / eSports /
[COC eSports] 5 Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Jadikan eSports Pekerjaanmu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db9eac0a2d195054905b70f/coc-esports-5-hal-yang-wajib-kamu-tahu-sebelum-jadikan-esports-pekerjaanmu

[COC eSports] 5 Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Jadikan eSports Pekerjaanmu

[COC eSports] 5 Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Jadikan eSports Pekerjaanmu

eSports sekarang sudah tidak bisa dipandang remeh lagi, jika dilirik 10 tahun ke belakang. Industri ini hanya sebatas gurauan lucu semata, anak-anak main game tanpa ada tujuan yang jelas. Tetapi tahun berganti tahun, industri eSports yang dulunya dipandang sebelah mata. Kini menunjukkan tajinya sebagai salah satu industri yang paling berkembang pesat di dunia, khususnya Indonesia.

Karena makin pesatnya industri ini, makin banyak pula peluang pekerjaan yang menjanjikan. Tetapi sebelum menjadikan eSports sebagai pekerjaan utama, simak dulu 5 hal dibawah ini biar kalian tidak salah arah dan tujuan.

~~~

1. Mau PC, Console, atau Mobile?

Sebelum melangkah lebih lanjut soal eSports, tentunya kalian harus memilih platfrom mana yang ingin ditekuni. Untuk sementara ini, ada 3 platform yang sudah memiliki turnamen eSports yaitu PC, Console, dan Mobile. Hal ini memang sangat penting buat kalian, agar tidak mudah pindah ke lain hati disaat lagi fokusnya sama satu platform.

Platform PC sendiri sudah cukup familiar dikalangan gamers tanah air, apalagi platform ini yang pertama kali mempopulerkan turnamen eSports seperti game-game MOBA Dota2 dan League of Legends. Untuk platform Console, game-game yang sangat sering diperlombakan adalah Tekken, FIFA, dan PES. Satu lagi platform yang paling naik daun eSportsnya yaitu mobile, hampir tiap minggu kita selalu menjumpai turnamen-turnamen dari tingkat amatir sampai profesional. Kembali lagi ke kalian, mau pilih platform mana.


2. Fokus dengan Satu Game

Ini sih yang agak susah, apalagi banyak orang-orang yang tidak terlalu mengerti apa itu eSports. Alhasil mereka berpindah-pindah game, tanpa menggeluti satu game saja. Tidak peduli kalian masih pemula ataupun tidak, jika ada pro player yang latihannya 4 jam/hari. Kalian harus melipatgandakan jadwal latihan juga seperti 6-8 jam/hari. Sulit? Ya ane akui memang sangat sulit, kalau bukan dari kalian sendiri memulai dan menyadarinya, pasti tidak akan bisa melampaui atau setidaknya menyamai pro player pada game tertentu.

Saran ane buat kalian yang benar-benar mau fokus satu game, lebih baik cari game yang baru rilis dan pikirkan apakah game ini akan ada turnamen eSportnya atau tidak. Cara ini memang paling gampang menurut ane, soalnya semua pemain akan mulai dari nol. Jadi tidak ada yang namanya jago banget di game yang baru dirilis itu.


3. Investasi Waktu dan Jaga Kesehatan

Hal yang paling penting untuk membuat eSports menjadi pekerjaanmu adalah investasi waktu. Tidak ada yang terkesan konyol disini, karena semua pekerjaan memang mengharuskan investasi waktu. Para pegawai negeri dan pegawai swasti normalnya mereka bekerja 8 jam per hari, tetapi di dunia eSports ini kalian harus benar-benar siap untuk menginvestasikan waktu yang lebih dari itu. Kalau punya kenalan pro-player coba deh tanya mereka, berapa jam yang mereka habiskan untuk latihan.

Disampingi menginvestasikan waktu untuk eSports, menjaga kesehatan juga sama pentingnya. Karena kalau kalian sakit, pasti yang rugi diri sendiri.


4. Ikuti Perkembangan Industri eSports

Jangan sekedar tahu main game saja, tetapi kalian harus mengikuti perkembangan eSports. Karena dengan turut serta melihat perkembangan industri ini, kalian bisa lebih pandai lagi menyikapi sesuatu hal. Seperti tahu bibit-bibit pemain baru yang muncul, update-an game, turnamen-turnamennya, sampai perkembangan perusahaan yang mengayomi game kalian tersebut. Semua itu harus kalian tahu, ketika terjun dalam suatu game tertentu.

Untungnya sekarang Forum eSports KASKUS sudah mulai aktif, jadi tidak ada salahnya kalian bertanya-bertanya di forum ini. Apalagi sepak terjang agan @amdar07 di dunia eSports ternyata sangat luas. Thread-threadnya yang berhubungan dengan eSports bisa mengedukasi kita soal olahraga elektronik ini.


5. Pekerjaan di Industri eSports Itu Beragam

Ingat eSports itu bukan sekedar menjadi pemain profesional saja. Tetapi ada banyak ragam pekerjaan di industri ini yang bisa membuat kalian turut berkontribusi. Mulai dari sisi tim eSports, kalian bisa menjadi manajer tim, pelatih, pro-player, pemilik tim. Dari sisi turnamen eSports sendiri, bisa menjadi Event Organizer (EO), Calling-Job (CJ), dan peracik skala turnamen amatir sampai profesional.

Ohh ya kalian juga bisa jadi caster, influencer, jurnalis, video editor, dan masih banyak lagi pekerjaan yang erat banget kaitannya dengan industri eSports.

~~~

Itulah 5 hal yang wajib kamu tahu sebelum jadikan eSports pekerjaanmu. Mau bagaimanapun itu, kembali lagi ke kalian karena industri ini bukan sekedar ajang bermain game saja perlu ketekunan dan kesabaran. Apalagi eSports sekarang, menjadi salah satu industri yang berkembang pesat dalam lima tahun terakhir ini. Mungkin cuma itu yang bisa ane sampaikan ke kalian, kalau ada pertanyaan seputar thread ini. Kita diskusi aja dibawah, terima kasih.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 8 lainnya memberi reputasi
beh mantap piqow, threadnya bisa jadi referensi buat org" yg mau bergelut di dunia esports
profile-picture
profile-picture
since27 dan piqowganz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bener gan yg penting fokus pada satu game tertentu.
Kuasai, tambah skill, belajar dari pengalaman.
Dan berlatih terus gan.
profile-picture
profile-picture
piqowganz dan since27 memberi reputasi
Mungkin susahnya konsisten sm satu game itu gan emoticon-Sorry
Sm move ke game lain juga agak kaku gitu mainnya
Tapi klo kitanya percaya sm apa yg kita tekuni psti ada jalan gan emoticon-2 Jempol
Nice info gan emoticon-2 Jempol
profile-picture
piqowganz memberi reputasi


Quote:


Cendol gan emoticon-Cendol Gan
Sm sering2 nonton pro player gan, dicontoh gaya mainnya
profile-picture
piqowganz memberi reputasi


Quote:


Setuju nih gan sm info kayak gini. Bisa jadi pegangan buat yg mau serius di bidang esports emoticon-2 Jempol
profile-picture
piqowganz memberi reputasi
masih menjadi salah satu mimpi ane ketika masi duduk di bangku smp, sma dan kuliah.

sampe sekarang masi bertahan jadi karyawan swasta aja, karena balik lagi esports itu butuh team dan butuh "WAKTU" yang banyak juga untuk diluangkan.

basicly orang2 itu bisa karna biasa, kalo mau ngarep bisa tanpa biasa alias latihan dalam waktu yang lumayan lama ya itu bakat. Tapi kadang bakat aja ga cukup emoticon-Big Grin
profile-picture
piqowganz memberi reputasi
fokus tuuhhh... jadi harus pilih mau apa yang ditekuni yaaa.... kemudian juga imbangi dengan aktivitas lainnya gan sis.... jangan sampe kita jadi ansos karena terlalu tekun 🤭🤭
profile-picture
piqowganz memberi reputasi
silakan yang mau masuk ke industri esports, harap diperhatikan dulu enih inponya
profile-picture
piqowganz memberi reputasi
Quote:


bener gan... orang punya bakat tapi kalo ga tekun latian ya bakal kalah jugak....
profile-picture
piqowganz memberi reputasi
coc esport.saya kira ada pertanyaannya..hehe
profile-picture
piqowganz memberi reputasi
kalo game mmorpg gitu masih masuk esport ga sih ? soalnya nambang uang juga 😂
profile-picture
piqowganz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
thread yang bagus menurut ane cuman masih terlalu general karena beberapa faktor juga bisa mempengaruhi contohnya lingkungan sekitar agan mendukung kultur esport atau tidak? apakah modal untuk menjadi bekerja dalam esport sudah ada?
i mean kita ngga bisa mengesampingkan itu juga walau memang dalam beberapa kasus ada seseorang yang bisa menjadi salah satu atlit esport dengan segala kekurangannya.

mungkin sebagai referensi lebih bisa agan baca Raising The Stakes dari T. L. Taylor yang bahas gmn kultur esport ini berkembang karena memang dari yang ane baca ngga bakalan sesimple ini juga
belum lagi kendala yang (akan) dihadapi nantinya. misal regulasi yang ada, jujur saja ya para pekerja esport masih belum teregulasi dengan jelas dan secara tidak langsung tidak mempunyai bargaining power tersendiri bahkan cenderung diperalat untuk mendapatkan keuntungan pada organisasi yang menaungi mereka. mungkin sebagai contoh nih, masalah EternalEnvy dulu sama team Secret ato yang lebih baru di aussie, Melbourne Mavericks, salah satu team Overwatch di Australia yang ngasih kontrak yang bener2 mengikat playernya hingga mengurangi prizemoney yang harusnya diterima para player. jam bekerja? regulasinya juga masih belum jelas. maksud ane gini, kita lihat sepak bola yak, sepak bola ada musim - musimnya dan ada jeda antar musim. sedangkan di esports? penentuan jeda tergantung apakah organisasi ingin mengikuti turnamen tertentu atau tidak.

anyway, nice thread mungkin bisa diperdalam lagi penjelasannya cheers emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
profile-picture
piqowganz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di