piqowganz
TS
piqowganz
[COC eSports] 5 Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Jadikan eSports Pekerjaanmu


eSports sekarang sudah tidak bisa dipandang remeh lagi, jika dilirik 10 tahun ke belakang. Industri ini hanya sebatas gurauan lucu semata, anak-anak main game tanpa ada tujuan yang jelas. Tetapi tahun berganti tahun, industri eSports yang dulunya dipandang sebelah mata. Kini menunjukkan tajinya sebagai salah satu industri yang paling berkembang pesat di dunia, khususnya Indonesia.

Karena makin pesatnya industri ini, makin banyak pula peluang pekerjaan yang menjanjikan. Tetapi sebelum menjadikan eSports sebagai pekerjaan utama, simak dulu 5 hal dibawah ini biar kalian tidak salah arah dan tujuan.

~~~

1. Mau PC, Console, atau Mobile?

Sebelum melangkah lebih lanjut soal eSports, tentunya kalian harus memilih platfrom mana yang ingin ditekuni. Untuk sementara ini, ada 3 platform yang sudah memiliki turnamen eSports yaitu PC, Console, dan Mobile. Hal ini memang sangat penting buat kalian, agar tidak mudah pindah ke lain hati disaat lagi fokusnya sama satu platform.

Platform PC sendiri sudah cukup familiar dikalangan gamers tanah air, apalagi platform ini yang pertama kali mempopulerkan turnamen eSports seperti game-game MOBA Dota2 dan League of Legends. Untuk platform Console, game-game yang sangat sering diperlombakan adalah Tekken, FIFA, dan PES. Satu lagi platform yang paling naik daun eSportsnya yaitu mobile, hampir tiap minggu kita selalu menjumpai turnamen-turnamen dari tingkat amatir sampai profesional. Kembali lagi ke kalian, mau pilih platform mana.


2. Fokus dengan Satu Game

Ini sih yang agak susah, apalagi banyak orang-orang yang tidak terlalu mengerti apa itu eSports. Alhasil mereka berpindah-pindah game, tanpa menggeluti satu game saja. Tidak peduli kalian masih pemula ataupun tidak, jika ada pro player yang latihannya 4 jam/hari. Kalian harus melipatgandakan jadwal latihan juga seperti 6-8 jam/hari. Sulit? Ya ane akui memang sangat sulit, kalau bukan dari kalian sendiri memulai dan menyadarinya, pasti tidak akan bisa melampaui atau setidaknya menyamai pro player pada game tertentu.

Saran ane buat kalian yang benar-benar mau fokus satu game, lebih baik cari game yang baru rilis dan pikirkan apakah game ini akan ada turnamen eSportnya atau tidak.Cara ini memang paling gampang menurut ane, soalnya semua pemain akan mulai dari nol. Jadi tidak ada yang namanya jago banget di game yang baru dirilis itu.


3. Investasi Waktu dan Jaga Kesehatan

Hal yang paling penting untuk membuat eSports menjadi pekerjaanmu adalah investasi waktu. Tidak ada yang terkesan konyol disini, karena semua pekerjaan memang mengharuskan investasi waktu. Para pegawai negeri dan pegawai swasti normalnya mereka bekerja 8 jam per hari, tetapi di dunia eSports ini kalian harus benar-benar siap untuk menginvestasikan waktu yang lebih dari itu. Kalau punya kenalan pro-player coba deh tanya mereka, berapa jam yang mereka habiskan untuk latihan.

Disampingi menginvestasikan waktu untuk eSports, menjaga kesehatan juga sama pentingnya. Karena kalau kalian sakit, pasti yang rugi diri sendiri.


4. Ikuti Perkembangan Industri eSports

Jangan sekedar tahu main game saja, tetapi kalian harus mengikuti perkembangan eSports. Karena dengan turut serta melihat perkembangan industri ini, kalian bisa lebih pandai lagi menyikapi sesuatu hal. Seperti tahu bibit-bibit pemain baru yang muncul, update-an game, turnamen-turnamennya, sampai perkembangan perusahaan yang mengayomi game kalian tersebut. Semua itu harus kalian tahu, ketika terjun dalam suatu game tertentu.

Untungnya sekarang Forum eSportsKASKUS sudah mulai aktif, jadi tidak ada salahnya kalian bertanya-bertanya di forum ini. Apalagi sepak terjang agan @amdar07 di dunia eSports ternyata sangat luas. Thread-threadnya yang berhubungan dengan eSports bisa mengedukasi kita soal olahraga elektronik ini.


5. Pekerjaan di Industri eSports Itu Beragam

Ingat eSports itu bukan sekedar menjadi pemain profesional saja. Tetapi ada banyak ragam pekerjaan di industri ini yang bisa membuat kalian turut berkontribusi. Mulai dari sisi tim eSports, kalian bisa menjadi manajer tim, pelatih, pro-player, pemilik tim. Dari sisi turnamen eSports sendiri, bisa menjadi Event Organizer (EO), Calling-Job (CJ), dan peracik skala turnamen amatir sampai profesional.

Ohh ya kalian juga bisa jadi caster, influencer, jurnalis, video editor, dan masih banyak lagi pekerjaan yang erat banget kaitannya dengan industri eSports.

~~~

Itulah 5 hal yang wajib kamu tahu sebelum jadikan eSports pekerjaanmu. Mau bagaimanapun itu, kembali lagi ke kalian karena industri ini bukan sekedar ajang bermain game saja perlu ketekunan dan kesabaran. Apalagi eSports sekarang, menjadi salah satu industri yang berkembang pesat dalam lima tahun terakhir ini. Mungkin cuma itu yang bisa ane sampaikan ke kalian, kalau ada pertanyaan seputar thread ini. Kita diskusi aja dibawah, terima kasih.

ukhtyfit81nunu403nona212
nona212 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.7K
15
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan