Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ManusiaUltraAvatar border
TS
ManusiaUltra
Musim Hujan Mulai Datang, DKI Luncurkan Aplikasi JAKI
Beberapa titik di wilayah Indonesia sedang memasuki musim hujan, tak terkecuali di Jakarta. Data BPDB Provinsi DKI Jakarta, misalnya, menyebutkan beberapa titik di Jakarta sudah mulai turun hujan dalam waktu sepekan ini.

Pada Sabtu 2 November sore, dalam update info yang disampaikan oleh BPBD Provinsi DKI Jakarta, terjadi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Bahkan, hujan ini akan disertai kilat petir yang kencang.

Menghadapi situasi di musim hujan tersebut, Pemprov DKI sejak September 2018 telah me-launching Aplikasi Jakarta Kini (JAKI). Salah satu fitur dari JAKI ini adalah warga dapat melaporkan dan memantau perkembangan banjir di Jakarta.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Juaini mengingatkan, Ibu Kota masih waspada terhadap 30 titik banjir. Sebanyak 300 mesin pompa telah siaga, serta naturalasisasi Kali Ciliwung dan lima waduk. Hujan pada 8 Oktober silam ternyata masih menghasilkan genangan. Salah satu terdampak yakni kawasan Kebon Pala, Jakarta Timur.

Meski begitu, pengembangan JAKI tetap dilakukan. Setelah enam fitur di Fase 1, pada JAKI Fase 2 akan bertambah empat fitur baru. Keempat fitur ini merupakan hasil integrasi dari aplikasi atau layanan daring yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Pertama fitur Pantau Banjir, menyajikan informasi ketinggian permukaan air, genangan yang terjadi, lokasi pompa air, data pada pintu air, dan pos pengamatan di seluruh wilayah Jakarta. Fitur ini sangat berguna bagi masyarakat, selain mengamati titik banjir yang terjadi untuk mencari jalan arlternatif dan melihat kondisi di pintu air.

Fitur kedua, Info Pangan, memaparkan informasi harga komoditas pangan harian yang terintegrasi data PD Pasar Jaya. Fitur ini dibutuhkan ibu rumah tangga guna yang harga kebutuhan bahan pokok. Ketiga tracking laporan untuk memantau perkembangan hasil laporan warga dari berbagai kanal aduan. Terakhir feedback Warga untuk memberi penilaian terhadap hasil tindak lanjut laporan.

JAKI juga membuka kesempatan untuk warga yang mau menyumbangkan ide pengembangan aplikasi tersebut. Penyampaian ide melalui laman resmi jaki.jakarta.go.id.(*)

Musim Hujan Mulai Datang, DKI Luncurkan Aplikasi JAKI
Pemrov DKI Luncurkan Aplikasi JAKI.

https://nasional.tempo.co/read/12675...i/full?view=ok

Semoga warga Jakarta yg kebanjiran bisa terbantu emoticon-Malu
gmc.yukon
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.1K
46
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan