tipsbagus31Avatar border
TS
tipsbagus31
Menteri Jokowi yang Punya IQ Paling Tinggi
Sulit menduga siapa di antara para menteri yang IQ-nya tertinggi. Skor IQ tak pernah wajib dilaporkan seperti daftar Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Jadi, kita hanya bisa menduga-duga.



Yang saya tahu persis soal IQ, hanya Sri Mulyani (SMI), Menteri Keuangan. Saat itu, tahun 2010, ada seorang wartawan yang mewawancara SMI dan bertanya, berapa sih IQ-nya. Dengan tersenyum SMI menjawab: "Saya bongkar-bongkar laci nemu hasil test IQ waktu lulus SMA. Hasilnya 157," kata dia.



Ada banyak metode pengukuran untuk mengetahui tingkat IQ seseorang. Beberapa versi pengukuran, antara lain:

Stanford-Binet mengklasifikasikan nilai IQ normal yang berkisar di antara 85 – 115. Lewis Terman mengklasifikasikan nilai IQ normal pada kisaran 90 – 109.Wechsler mengklasifikasikan IQ normal pada angka 100 dengan nilai toleransi 15 (berarti 85 – 115).

Versi mana pun yang terpakai, dari tiga metode pengukuran itu, angka 157 yang didapat SMI tergolong jenius. Kalau orang biasa, rata-rata IQnya antara 100 sampai 130.

Saya tidak tahu berapa IQ tokoh-tokoh Indonesia lainnya. Almarhum Habibie pernah ditanya benarkah IQ beliau 200. Habibie hanya tertawa, menepuk pundak wartawan, dan berkata: "Terus kalau 200 kenapa..haha.. Saya tak pernah peduli," kata dia saat itu.

Jadi, kita hanya bisa menebak-nebak saja. Lagi pula, skor IQ bukan satu-satunya ukuran menilai kehebatan seseorang. Ada yang disebut Kecerdasan Emosional, atau Emotional Quotient (EQ) yaitu kemampuan seseorang menguasai emosi. Sebuah penelitian menyebut, EQ bahkan lebih penting dari IQ dalam menentukan kesuksesan seseorang. Orang bisa saja pintar, tapi bila kemampuannya menahan emosi, melakukan negosiasi, kepekaan berempati rendah, akan percuma. Gampangannya, buat apa pintar tapi suka gebrak-gebrak meja, lempar handphone kalau marah, tak mau mengakui kekalahan, ya percuma. Bukan orang seperti itu yang kita pilih kan?

Kembali ke soal IQ, tentu yang paling kita ingat salah satunya adalah Albert Einstein, fisikawan jenius itu. IQ Einstein sedikit lebih tinggi dari Sri Mulyani, yaitu 160.

Albert Einstein dengan IQ 160



Tapi masih ada orang yang IQ-nya jauh lebih tinggi dari fisikawan pencipta Teori Relativitas itu. Namanya William James Sidis. IQnya: 250 - 300.



WIlliam James Sidis lahir 1898 meninggal 1944. Warga Amerika ini adalah makhluk tahu segala. Dia menulis beberapa buku dengan rentang ilmu yang luar biasa luasnya. Mulai dari kosmologi, filologi, antropologi, sampai merancang sistem transportasi.

Saat berumur 2 tahun Sidis sudah biasa membaca koran New York Times setiap pagi. Sudah menulis buku astronomi dan anatomi saat masih bocah 8 tahun (kira-kira umumnya kita masih kelas 2 SD). Pada umur 11 tahun dia sudah berkuliah di Harvard mengambil jurusan matematika. Sayang dia meninggal saat masih tergolong muda, 46 tahun.

Bagaimana dengan tokoh-tokoh lain? Untuk perbandingan saja ya, ini datanya:

Leonardo da Vinci 220

Benyamin Netanyahu (bekas PM Israel) 180

Jimmy Carter (ex Presiden AS) 156

Hillary Clintan (ex Menlu AS) 140

Bill Clinton (ex Presiden AS) 137

Di kalangan artis Hollywood, yang IQnya dahsyat adalah Matt Damon, bintang sequel film Jason Bourne. IQnya sama dengan Einstein, 160.



Kalau di kalangan penyanyi dunia juga banyak ber-IQ superior bahkan jenius. Salah satunya adalah penyanyi asal Columbia, Shakira, dengan IQ 140.



Sumber :
Sri Mulyani Indrawati: IQ Saya 157

IQ Tertinggi di Dunia

selebriti dengan IQ tinggi
Diubah oleh tipsbagus31 02-11-2019 06:21
sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
4
3.4K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan