Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SpiritualisAvatar border
TS
Spiritualis
Mengenang Pulau Komodo Sebelum Menjadi Wisata Mahal

Taman Nasional Komodo menjadi perbincangan hangat kembali, berita yang dulu mengatakan bahwa tarif akan naik terangkat lagi. Awalnya diisukan akan ditutup, namun berita yang terpajang ialah Pulau Komodo yang akan dibuat eksklusif dengan tarif $1000. Hal ini membuat kegundahan para turis yang akan berkunjung, namun kenaikan ini masih dalam wacana, kemungkinan masih tahun depan nih emoticon-ToastKenaikan ini bertujuan untuk melindungi Komodo lho.. jadi kalau kemahalan, bisa lihat Komodo di pulau lain ya, seperti di Rinca, Gili Motang, Gili Dasemi.

Untuk melihat Komodo kita memerlukan 'ranger' atau pawangnya, ini harus ya! Karena Komodo ini sangat berbahaya. Pernah terjadi pada wisatawan Australia yang memainkan tali dengan cara diayun-ayunkan, langsung diterkam Komodo dengan tiba-tiba, untung saja hanya sepatunya yang kena, karena jika sampai tergigit, air liur dari Komodo ini menginfeksi tempat gigitan itu dan membuat korban lemas dan bisa mengalami kematian setelah beberapa hari.

Kenangan lain dari ranger yang biasa di panggil Jerman ini salah satunya ialah saat memandu turis dari Swiss tanpa diduga mereka diintai dari kejauhan yang makin lama mendekat, Komodo telah mengincar mereka, dan ternyata turis wanita tersebut sedang mengalami menstruasi. Ini penting ya.. sebelum melakukan penjelajahan di sana akan ditanya apakah sedang mengalami menstruasi.. ada juga yang tidak mengakui lho kalau sedang bulanan! Ini terjadi pada sebuah rombongan wanita, saat berjalan ranger merasakan hawa yang tak nyaman. Benar saja ternyata ada Komodo yang telah mengintai, saat itu juga mereka kembali ke basecamp dan diinterogasi lagi dan barulah salah satu dari mereka bilang bahwa ia sedang datang bulan, ia merasa rugi sudah jauh dan menghabiskan banyak uang untuk perjalanan ini. Keselamatan itu penting ya.. jangan sampai menggadaikan nyawa di tengah-tengah predator!


Kenangan paling buruk dari pak Jerman yang sudah 28 tahun menjadi ranger ialah saat ia lupa memberi makan Komodo pada tahun 1997! Kejadian ini di kampung Rinca, saat itu ada seorang anak berusia 6 tahun sedang bermain di kolong rumah, tak disangka ia diserang Komodo hingga tewas, warga kampung pun marah padanya yang hari itu ialah jadwal pak Jerman untuk memberi makan. Kasus itu adalah penyerangan pertama yang terjadi dan rasa bersalah tetap menghantuinya hingga ia bertekad menjadi pawang Komodo hingga kini.


Pada tahun 2017 dihebohkan pula dengan kasus gigitan Komodo yang menimpa seorang fotografer dari Singapura, awalnya ia bersama ranger menjelajahi pulau untuk mencari Komodo, ia melihat seekor kambing yang tengah diintai Komodo lalu diterkamlah kambing itu, namun kambing itu masih bisa berlari dan Komodo mengikutinya dari belakang karena ia tahu bahwa mangsany akan mati dikemudian hari. Karena Komodo masih berjalan maka fotograferpun berniat kembali esok hari untuk mendapatkan momen dimana Komodo-komodo akan memakan kambing ini. Esoknya ia datang kembali, ia mencari kambing yang digigit kemarin, tanpa ranger!. Setelah ketemu, ternyata sudah banyak komodo berkeliling untuk memangsa kambing, fotografer pun bersiap-siap untuk memotret, karena fokus dalam pekerjaannya ia tak menyadari bahwa dirinya juga diintai oleh Komodo, mungkin tertarik karena pergerakan dari fotografer tersebut, kaki dari fotografer ini pun diterkam lalu ia berteriak. Beruntung ada ranger yang datang lalu membawanya ke rumah sakit yang jaraknya 1,5 jam dengan perahu. Tanpa ranger yang mendampingi, biaya rumah sakit tanggung sendiriemoticon-Embarrassment

Pulau Komodo yang menjadi salah satu pulau terbesar habitat Komodo memang seharusnya diperlakukan lebih bagus lagi dari sekarang, kalau bisa jadikan ia sebagai tempat paling nyaman bagi Komodo. Langkah pemerintah untuk membuat konservasi yang eksklusif sangatlah tepat, mengingat Komodo hanya ada di negara kita.. Toh hanya pulau Komodo yang dibuat mahal, kita masih bisa melihat Komodo di pulau lain kok kalau ga sanggup bayar emoticon-Big Grin


Spoiler for sumber:
missmars
sebelahblog
sebelahblog dan missmars memberi reputasi
2
571
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan