nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Musik Tak Haram dalam Islam, Derry Sulaiman Beberkan Cerita Ini


Ustaz Derry Sulaiman bicara soal musik yang dinilai haram dalam Islam. Sepengetahuannya, hal itu tidak benar adanya.

Derry pun punya bukti soal hal tersebut. Ia menceritakan kisah nabi soal musik.

"Nabi tuh pernah menyuruh sahabat main musik, nih jarang orang dengar. Ketika nabi datang ke pesta pernikahan, lalu hening, nabi mengatakan kenapa pernikahan kalian seperti pemakaman, pukul rebanamu, mainkan musikmu. Waktu itu belum ada drum set, organ tunggal, gitar listrik, bass, hanya hadroh. Jadi waktu itu nabi meminta memukul alat-alat itu di waktu tertentu di waktu bergembira, hari raya," ujarnya di channel YouTube Erix Soekamti.

Selain itu, kata Derry, para Wali Songo juga dalam menyebarkan Islam lewat panggung hiburan. Mereka disebut sudah menyadari efek dahsyat musik.

"Dan para waliallah menggunakan itu untuk menyebarkan Islam. Kita harus memahami tersebarnya Islam di Nusantara itu lewat panggung-panggung hiburan. Sampai guru saya pernah bilang, 'Der, seandainya Sunan kita Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, saya yakin mereka akan bikin band karena melihat dahsyatnya umat ini akan musik,'" tuturnya.

Fakta lain diungkap Derry Sulaiman soal musik tak haram. Di pondok pesantren di Tanah Air pun mengajarkan musik ke santri-santrinya.

"Di pesantren-pesantren di Gontor sekalipun diajarkan musik dan Indonesia ini ketika merdeka ada ribuan ulama yang mengawal kemerdekaan Indonesia dan dia melihat ketika WR Supratman bikin lagu 'Indonesia Raya' tak seorang pun yang berkomentar itu haram, apa mereka bodoh?" katanya.

Yang terakhir, Derry mengatakan ulama seperti Buya Hamka kerap memutar lagu soal jihad. Makanya, ia percaya musik tak haram di Islam.

"Dan Buya Hamka ketika bersiaran di RRI tiap hari memutar lagu panggilan jihad. Buya Hamka tidak pernah mengatakan musik haram," pungkasnya.




https://hot.detik.com/music/d-476577...an-cerita-ini

MANA YG BENAR?


Bukhari membawakan dalam Bab “Siapa yang menghalalkan khomr dengan selain namanya” sebuah riwayat dari Abu ‘Amir atau Abu Malik Al Asy’ari telah menceritakan bahwa dia tidak berdusta, lalu dia menyampaikan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

لَيَكُونَن مِنْ أُمتِى أَقْوَامٌ يَسْتَحِلونَ الْحِرَ وَالْحَرِيرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ ، وَلَيَنْزِلَن أَقْوَامٌ إِلَى جَنْبِ عَلَمٍ يَرُوحُ عَلَيْهِمْ بِسَارِحَةٍ لَهُمْ ، يَأْتِيهِمْ – يَعْنِى الْفَقِيرَ – لِحَاجَةٍ فَيَقُولُوا ارْجِعْ إِلَيْنَا غَدًا . فَيُبَيتُهُمُ اللهُ وَيَضَعُ الْعَلَمَ ، وَيَمْسَخُ آخَرِينَ قِرَدَةً وَخَنَازِيرَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

“Sungguh, benar-benar akan ada di kalangan umatku sekelompok orang yang menghalalkan zina, sutera, khamr, dan alat musik. Dan beberapa kelompok orang akan singgah di lereng gunung dengan binatang ternak mereka. Seorang yang fakir mendatangi mereka untuk suatu keperluan, lalu mereka berkata, ‘Kembalilah kepada kami esok hari.’ Kemudian Allah mendatangkan siksaan kepada mereka dan menimpakan gunung kepada mereka serta Allah mengubah sebagian mereka menjadi kera dan babi hingga hari kiamat.”[7] Jika dikatakan menghalalkan musik, berarti musik itu haram.


Akhi, ukhti, yuk baca tulisan lengkapnya di Rumaysho:
https://rumaysho.com/372-saatnya-men...kan-musik.html


Diubah oleh nevertalk 30-10-2019 14:45
areszzjay
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 10 lainnya memberi reputasi
9
5.4K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan