Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lastrimarrAvatar border
TS
lastrimarr
Akankah Wacana Penutupan Dan Kenaikan Harga Tiket TNK Berdampak Baik? Ini Buktinya!
Akankah Wacana Penutupan Dan Kenaikan Harga Tiket TNK Berdampak Baik? Ini Buktinya!

Assalamualaikum wr.wb

Hai agan and sista se-Indonesia

Apa kabar hari ini? Semoga sehat-sehat dan tetap semangat menghadapi kenyataan yang ada wkwk. Nah di thread kali ini aku bakal bahas apa coba? Ya pasti udah tau lah ya orang di headernya juga jelas ada gambar Komodonya hehehemoticon-Big Grin

Akankah Wacana Penutupan Dan Kenaikan Harga Tiket TNK Berdampak Baik? Ini Buktinya!
Sumber gambar

Nah kita bahas dulu sedikit tentang pulau komodonya ya. Agan and sist yang tinggal di Indonesia pasti sudah tahu terletak dimana kan? Sekalian menguatkan memori ingatan yuk dibaca lagi. Pulau Komodo merupakan sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Udah inget kan letaknya dimana.

Akankah Wacana Penutupan Dan Kenaikan Harga Tiket TNK Berdampak Baik? Ini Buktinya!
Sumber gambar

Tapi akhir-akhir ini terdengar isu-isu rencana ditutupnya Taman Nasional Komodo dan tiket masuk ke Taman Nasional Komodo yang melonjak naik. Lantas, apakah rencana pemerintah tersebut akan berdampak positif terhadap turis atau wisatawan bahkan terhadap masyarakat pulau komodo yang mata pencahariannya dalam bidang pariwisata?

Menurut guide lokal Flores, orang-orang yang bergerak di pariwisata Flores dan Bali sedikit kecewa. Mereka resah dan bahkan sudah ada yang membatalkan perjalanannya karena isu penutupan dan yang baru ini kenaikan. Dari tanggapan itu sudah jelas rencana penutupan ini tidak berdampak baik bagi orang-orang yang bekerja dalam bidang pariwisata. Lalu bagaimana dengan masyarakat justru itu akan berdampak buruk dan mengakibatkan penurunan pendapatan masyarakat.

Wacana tiket masuk sebesar Rp 14 juta ke Pulau Komodo turut memunculkan kekhawatiran lain terkait mata pencaharian warga setempat. Saat ini masyarakat lokal banyak yang sudah beralih profesi dengan penghasilannya 50% berasal dari wisata. Jika tiket Pulau Komodo naik sedemikian besar, dan berdampak pada jumlah pengunjung, dikhawatirkan para warga setempat ini akan kembali lagi ke profesi semula yakni nelayan, sehingga akan berimbas pada ekosistem laut.

Sementara itu, sejumlah turis mengatakan sepakat dengan penutupan Taman Nasional Komodo untuk alasan konservasi demi peningkatan kualitas dan habitat Komodo untuk kedepannya. Seandainya penutupan Taman Nasional Komodo itu benar-bemar terjadi, maka itu tidak menimbulkan masalah karena banyak tempat lain di kawasan Taman Nasional Komodo yang bagus untuk dikunjungi para turis baik dari luar ataupun dalam begeri seperti Pulau Padar, Pulau Rinca, dan juga Pink Beach.

Wacana kenaikan tiket masuk itu muncul setelah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Pulau Komodo tidak akan ditutup tetapi bakal dikelola jadi wisata eksklusif.

Akankah Wacana Penutupan Dan Kenaikan Harga Tiket TNK Berdampak Baik? Ini Buktinya!
Sumber gambar

Maka dari itu kita sebagai masyarakat ataupun turis harus bisa menjaga alam pemberian sang pencipta dengan sebaik-baiknya, agar senantiasa terjaga dan tetap lestari.
Keindahan alam merupakan anugerah yang tak terhingga. Maka dari itu kita harus bersyukur pada Yang Maha Kuasa dengan cara menjaga, merawat dan melestarikannya. Dan jangan hanya menikmati keindahan alam, tapi juga cintai alam dengan tidak melakukan perburuan liar terhadap satwa langka. Menjaga kelestarian lingkungan adalah tugas kita bersama. Agar kelak, anak-cucu kita tetap dapat menikmati keindahan alam ini.

Mungkin segitu aja pendapat dari aku ya gan and sist sampai jumpa
emoticon-Cendol Gan
rakiraiki
ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan 6 lainnya memberi reputasi
7
426
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan