hardlenAvatar border
TS
hardlen
5 Faktor Penyebab Rambut Uban Tumbuh di Usia Muda

Ilustrasi. (Pixabay/SeaReeds)





Seiring bertambahnya usia, sejumlah penampilan fisik akan ikut berubah. Begitu pula dengan munculnya beberapa rambut berwarna putih pada bagian kepala. Bagi sebagian orang, rambut uban harus segera dicabut karena terlihat mengganggu dan mengurangi nilai penampilan mereka.

Namun tidak hanya pada orang tua, rambut uban juga dapat ditemukan pada mereka yang masih menginjak usia muda. Rambut uban sendiri merupakan kondisi saat folikel rambut menghasilkan melanin lebih sedikit atau pigmen warna rambut alami, dikutip CNNIndonesia.com. Rambut ini juga memiliki tekstur yang berbeda pula dari rambut biasa.

Rambut uban dapat tumbuh dengan disebabkan oleh berbagai faktor dan dapat dicegah. Berikut beberapa faktor yang bisa membuat rambut uban muncul di usia muda.

1.      Keturunan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nature Communications mengungkap bahwa tumbuhnya rambut uban di usia yang masih muda dapat disebabkan oleh genetik yang dibawa orang tua, entah dari ayah atau ibu.

Peristiwa tumbuhnya rambut uban di usia muda juga bisa dikaitkan dengan cepatnya kebotakan rambut. Kondisi ini merupakan hal alami yang dapat disebabkan oleh faktor keturunan.

2.      Kondisi autoimun

Suatu penyakit autoimun yang menyerang kulit bernama alopecia areata dapat menyebabkan tumbuhnya rambut putih. Orang dengan kondisi autoimun ini umumnya memiliki bercak-bercak kecil halus di bagian kulit kepala.

Ahli dermatologi di New York University Langone Medical Center, Doris Day, menjelaskan bahwa kondisi ini dapat terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut dan membuat rambut menjadi rontok. Pada saat rambut tumbuh kembali, rambut akan tumbuh dengan warna putih.

3.      Lingkungan terpapar polusi

Menurut Library of Congress yang dikutip dari The Healthy, sejumlah polutan dan racun mampu menyebabkan rambut putih tumbuh lebih cepat. Bahan kimia tersebut menghasilkan radikal bebas yang dapat mengganggu produksi melanin dan mempercepat penuaan pada rambut.

4.      Stres berlebihan

Dr Day mengatakan bahwa kondisi stres pada seseorang akan mempercepat keadaan genetik seseorang. Selain itu, terlalu stres juga bisa membuat seseorang memiliki berbagai kebiasaan yang berubah. Hal ini dapat mempercepat tumbuhnya rambut uban.

5.      Paparan asap rokok

Baik merokok secara aktif atau hanya terpapar asap rokok dapat membuat rambut uban menjadi lebih cepat muncul. Sebuah penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa perokok memiliki peluang 2,5 kali lebih cepat tumbuh rambut uban.

kudanil.la
afifa26
lina.wh
lina.wh dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.3K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan