Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Julius.boloboloAvatar border
TS
Julius.bolobolo
Imajinasi Yuk! 5 Imajinasi Tentang Apa yang Akan Terjadi Kalau?
Imajinasi Yuk! 5 Imajinasi Tentang Apa yang Akan Terjadi Kalau?

Hai gengs, pernahkah kamu berfikir apa sih yang bakal terjadi kalau semua es di bumi itu mencair? Pasti gak bisa dibayangkan dong bagaimana permukaan air laut nantinya? Atau bisa bayangin juga kalau air laut yang sekarang asin ini berubah jadi tawar? Selain ekosistem laut yang sekarang punah, apalagi yang akan terjadi?

Kita semua juga gak akan ada yang tahu apa aja yang bakal terjadi kalau kita berandai-andai misalnya kalau tidak ada sosial media sampai saat ini, tidak ada gunung di semua daratan bumi dan bahkan apa yang bakal terjadi sama bumi kalau semua manusia itu tidak ada alias punah? Apakah bumi akan lebih asri atau malah jadi sebaliknya? Mari kita berimajinasi yuk gengs!


1. Yang akan terjadi jika air laut berubah jadi air tawar

Imajinasi Yuk! 5 Imajinasi Tentang Apa yang Akan Terjadi Kalau?
Pertemuan air laut asin dan air tawar


Sebagai mana ysng kita tahu kalau manusia tidak akan pernah bisa meminum air laut yang memiliki kadar garam yang tinggi, kalau kamu berenang terus airnya tertelan sedikit ya tidak apa-apa tapi kalau terlalu banyak akan menimbulkan masalah ke tubuh kamu gengs. Lantas kan banyak tuh daerah yang mengalami krisis air bersih, kalau air laut berubah jadi air tawar bisa jadi lebih baik dong?

Jelas tidak, ekosistem di laut akan musnah, suhu bumi juga akan makin naik. Hubungannya apa? Ya karena di dalam air laut ada ganggang yang fotosintesisnya menyumbang oksigen cukup banyak, kalau mereka semua musnah pasti karbon dioksida lebih banyak di atmosfer gengs. Saking banyaknya, bisa mempengaruhi efek rumah kaca dan jelas bumi makin panas.

Di kutub utara, air menjadi dingin, beku sampai membentuk es laut. Garam tertinggal ketika air membeku jadi air dingin di kutub utara lebih padat sehingga bisa ada ruang untuk air hangat dari selatan bumi. Nah kalau tidak ada garam, semua proses itu jelas akan terganggu, di utara akan membeku dan di selatan semakin panas dan jadi banyak angin topan. Perubahan cuaca dan iklim seperti ini akan mengganggu tumbuhan dan hewan yang menjadi sumber makanan manusia, rantai makanan akan kacau dan tidak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi berikutnya.


2. Kedua kutub di bumi mencair

Imajinasi Yuk! 5 Imajinasi Tentang Apa yang Akan Terjadi Kalau?

Kutub selatan


Berkat pemanasan global ini, 2 kutub di bumi mulai mencair lantas apa saja yang terjadi jika 2 kutub itu mencair? Yang jelas permukaan air laut akan naik, es runtuh saja bisa buat tsunami apalagi kalau sampai mencair semua, pulau-pulau yang kecil akan hilang tenggelam air laut, cuaca juga ikut berubah menjadi ekstrem. Dari panas terik bisa tiba-tiba turun hujan, musim panas akan menjadi sangat panas dan musim dingin akan sangat dingin, badai juga ada dimana-mana berkat perubahan cuaca yang ekstrem.

Disamping itu sungai Amazon juga akan berubah menjadi lautan karena air laut naik dan akan menutupi sebagian besar wilayah Brasil. Beruang kutub juga mendapatkan dampaknya yaitu kepunahan, anjing laut dan walrus juga akan ikut punah berkat kejadian ini.

Tidak hanya kepunahan tapi ekosistem laut juga akan terkena dampaknya, ya seperti ikan dan mamalia yang tinggal di laut akan bertambah 70%. Dikarenakan para ikan akan mendapatkan sumber makanan yang banyak, plankton akan menggantikan ganggang. Serta gurun pasir juga akan meluas karena suhu yang tinggi, tempat yang kering jelas tidak bisa ditanami tanaman kan gengs?


3. Yang terjadi jika tidak ada gunung

Imajinasi Yuk! 5 Imajinasi Tentang Apa yang Akan Terjadi Kalau?

Pegunungan


Gunung juga merupakan pemandangan alam yang indah, tapi kalau bumi tidak ada gunung kira-kira bakal terjadi apa yah? Mungkin kita pikir tidak akan ada yang terjadi tapi itu salah gengs. Lava dari dalam bumi bisa mengalir ke tempat yang ada di sekitarnya. Gunung terbentuk dari lempeng tektonik, kalau gunung tidak ada berarti lempengan tersebut juga tidak akan ada.

Tidak ada lempeng tektonik maka yang ada hanyalah mantel bumi yang cukup panas, bahkan kaki kita saja tidak akan bisa berpijak di bumi berkat suhu mantel bumi. Flora dan fauna yang tinggal di gunung juga akan terganggu. Gletser dari gunung es merupakan sumber air bagi banyak sungai, kalau tidak ada gunung ya sungai juga akan mengering.

Lebih hebatnya lagi juga gunung bisa mengubah arah angin, mencegah awan yang membawa hujan juga, kalau gunung tidak ada ya jelas pola cuaca akan berubah dan menjadi sebuah bencana bagi bumi dan para penghuninya juga. Jadi tidak bisa dianggap remeh loh gengs.


4. Tidak ada sosial media

Imajinasi Yuk! 5 Imajinasi Tentang Apa yang Akan Terjadi Kalau?

Sosial media


Banyak banget kan orang yang depresi berkat sosial media bahkan sampai ada yang bunuh diri seperti berita yang cukup fenomenal kemarin yakni kematian Sulli yang merupakan mantan personel f(x). Dikabarkan kematiannya karena dibully oleh para netijen, yah sudah jelas deh kalau tidak ada yang namanya sosial media, manusia akan merasa lebih bahagia dan menikmati hidup.

Banyak orang juga yang akan berpikir terlebih dahulu dibanding langsung berpendapat. Di sosial media sekarang ini banyak orang yang menggunakan identitas palsu sehingga bisa berpendapat tanpa bertanggung jawab. Tidak hanya itu, privasi kita juga akan lebih terjaga kalau tidak ada yang namanya sosial media nih gengs. Kita kan sering bagi-bagi informasi kita ke sosial media, kalau jatuh ke tangan yang salah bagaimana hayo?

Ada sosial media juga kita sering membandingkan hidp kita dengan orang lain, kita akan merasa iri terus menerus, pada akhirnya anda hanya membuang-buang waktu saja. Padahal sih kenyataannya kehidupan seseorang yang ada di sosial media itu belum tentu sama dengan kehidupannya di dunia nyata.


5. Tidak ada manusia di bumi

Imajinasi Yuk! 5 Imajinasi Tentang Apa yang Akan Terjadi Kalau?

Bumi tanpa manusia


Bumi sudah ada sejak miliaran tahun yang lalu dan manusia sudah ada di bumi sejak 200.000 tahun yang lalu. Bumi juga mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya jaman. Lalu bagaimana kalau tidak ada manusia lagi di bumi? 1 Minggu setelah bumi ditinggal manusia, hewan peliharaan dan di kebun binatang akan mati karena tidak diberikan makan. Sayuran juga buah yang ada di supermarket juga akan membusuk. Pembangkit listrik juga akan kehabisan bahan bakar jadi akan terjadi pemadaman secara bertahap.

Setelah 1 bulan, air di dalam pembangkit listrk nuklir akan menguap dan akan menyebabkan ledakkan nuklir yang mengakibatkan hewan mati karena radiasi. Pembangkit listrik tenaga air yang mengandalkan drainase juga akan berhenti, sungai dan danau akan dipenuhi oleh limbah dan ikan akan mati. Kebakaran hutan yang dasyat akan tejadi karena gas alam yang ada di pabrik kimia terlepas ke atmosfer.

1 Tahun kemudian, bumi akan meregenerasi dengan sendirinya, hewan liar masuk ke perkotaan. Tumbuhan akan kembali tumbuh di jalan-jalan. Tanaman yang memilik akar akan tumbuh dan merusak bangunan. Dan dalam 10 tahun, jalanan akan tertutup oleh rumput, bangunan juga akan tertutup oleh tanaman yang merambat.

100 Tahun setelahnya, perkotaan akan dipenuhi oleh tumbuh-tumbuhan, populasi tumbuhan akan meningkat karena tidak adanya lagi campur tangan manusia, hewan herbivora juga akan meningkat serta hewan karnivora juga akan bertambah. Tembok di perkotaan akan runtuh karena air hujan dan bangunan-bangunan yang di kota juga akan ikut runtuh.

Peradaban manusia akan sepenuhnya hilang dalam waktu 1000 tahun, yang tersisa hanyalah sampah plastik saja karena butuh waktu jutaan tahun untuk di degradasi. Pada saat ini bumi akan sepenuhnya dikuasai oleh hewan dan tumbuhan dan spesies yang langka mungkin akan muncul kembali.





Sumber : Berita Aktual Indonesia
Diubah oleh Julius.bolobolo 26-10-2019 06:16
ratnadew404
ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4K
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan