Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

triwinartiAvatar border
TS
triwinarti
Pengusaha Krupuk Tangguh Itu Bapakku
Hai hai Agan Sista yang baik hati, jumpa lagi dengan thread saya yang sederhana ini tapi insya'allah bermanfaat.

#Bapakku Tangguh
#Perjuangan Seorang Bapak


Kali ini saya bakal cerita betapa tangguhnya seseorang yang sangat berarti dalam hidup saya, begitu perjuangan beliau di usaha krupuk yang sudah di rintisnya sejak dulu sebelum saya lahir.

Mungkin ini tulisan bakal bikin agak baper ya, karena ini tulisan saya dedikasikan buat Bapak saya. Selain itu alasan saya menulis ini sebagai pelajaran hidup yang bisa di ambil dari pengalaman Bapak saya untuk diri saya dan teman-teman sekalian.

Di balik sukses seseorang pasti ada cerita di dalam hidupnya mulai dari suka duka dan pasang surutnya suatu usaha.

Merugi itu pasti pernah, hampir bangkrut sampai beralih mencoba usaha lain juga pernah, yang membuat usaha tetap berjalan ya dari niat hati yang kuat. Dunia usaha di bidang apapun itu keras lo kawan jadi harus kuat mental dan fisik biar bisa bertahan.

Awal beliau memulai usaha ini sampai saat ini pun tak luput dari pasang surutnya usaha itu sendiri.

Pertama kali beliau hanya berjualan keliling menggunakan sepeda keliling Kota Batu, masuk dari desa satu kedesa lainnya untuk cari pelanggan. Jenis krupuk yang di jual tidak sebanyak sekarang hanya satu jenis saja dalam jumlah yang kala itu hanya 5 kg saja.


Sumber:wirausahakan.blogspot.com

Beliau merintis semua dari nol, mulai cari pelanggan yang tak jarang mengalami banyak penolakan, mencoba berbagai jenis krupuk yang di minati pelanggan, belajar membuat krupuk sendiri, belajar menggoreng krupuk sendiri hingga menemukan teknik yang tepat yang saat ini banyak di tiru oleh penggoreng krupuk lainnya.


Dokpri

Dari segi harga mulai dari harga jaman dulu yang seribu dapet 3 bungkus hingga sekarang pakai plastik besar harga limaribu perbungkus.

Dari segi jenis krupuk sudah bertambah ragamnya, mulai dari yang kecil warna warni hingga jenis rasa yang berbeda di coba demi menarik pelanggan.

Spoiler for Sumber Dokpri Jenis Krupuk:


Berbagai inovasi yang di coba untuk menarik pelanggan, hingga saat ini bapak punya banyak pelanggan tetap.

Pelanggan tetap yang banyak membuat Bapak berjualan krupuk super cepat di banding pedagang lainnya, jualannya cuma 2 jam udah habis dengan jumlah krupuknya paling sedikit sekitar 18 bal atau sama dengan 90 kg perharinya. Bisa di bayanginkan untungnya banyak banget.


Dokpri

Namun di balik itu semua ada kisah kelam dulu di tahun 2007 usaha Bapak sempat merosot sampai hampir bangkrut, hingga dia sempat mencoba berbagai usaha dagang lainnya seperti jualan buah agar keluarga tetap bisa makan, saat itu bener-bener masa krisis di keluarga saya. Akan tetapi Allah mentakdirkan rejeki Bapak ya sama krupuk lagi, tahun 2008 akhir beliau mencoba merintis kembali hingga sekarang dan alhamdulillah masih stabil.

{thread_title}

Dokpri

Berbagai cara di lakukan demi menghidupi keluarga dan menyekolahkan anak-anaknya.

Bapak itu orangnya kuat banget, abis subuh udah panggang(oven manual buat krupuk) krupuknya, terus di sambi menggoreng sampai jam 11 siang, lanjut bantu bungkus krupuk sampai jam 5 sore, lanjut lagi di cek jumlah dan di masukkan plastik besar agar mudah di bawa ke pasar. Istirahat malam dan jam 2 pagi sudah pergi untuk jualan di pasar sampai jam 4. Gitu terus setiap hari, heran kan kayak tidak ada capeknya beliau ini.


Dokpri

Kalau di tanya suka duka usaha krupuk ini apa dan beliau menjawab,

" Sukanya ya kalau laris, dukanya pas lagi sepi trus pelanggan ada yang hilang ", gitu ya kira-kira.

Satu kalimat yang saya dapat dari kata Bapak saya,

" Wong nyambut gawe iku ra sah kakean sambat mundak rejekine seret, kesel yo ngasoh ojo di pekso sesok sek onok dino, penting wes usaha"

(" orang kerja itu jangan suka mengeluh bikin rejeki seret, kalau capek ya istirahat jangan di paksa masih ada besok, yang penting kita sudah berusaha")

Begitu kata-katanya jadi motivasi tersendiri buat saya agar kalau kerja semampu kita yang terbaik, hasil akhir masih ada hari esok dan pastinya ada Allah tempat berharap yang terbaik buat kita.

Cukup ya, saya akhiri kebaperan ini. Kalau bahas orang tua emang bikin hati gimana gitu ya.

Pejuang tangguh banget, saya gak bisa sekuat beliau. Bisa bayanginkan pas nulis ini bagaimana nyeseknya emoticon-Mewek.

Sudah dulu ya sekian dari thread saya ini. Semoga bermanfaat.

Kalau suka jangan lupa
emoticon-Rate 5 Stardan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Kalau tak suka
emoticon-Maaf Aganwati

Bye bye....
emoticon-Big Kiss

ceuhetty
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 24 lainnya memberi reputasi
25
4.9K
190
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan