CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db26887018e0d0d865da8ff/blogger-ternak

Blogger Ternak!

Blogger Ternak!

Istilah Blogger ternak pertama kali gw dengar medio 2010an lah ya. Gimana awal mula ceritanya? Karena gw termasuk orang goblokyang akan coba diternakkan oleh blogger, boleh lah kalau gw sedikit cerita. Jadi gini, (ambil udut dulu). Awalnya dalam jagad perbloggeran utamanya yang bahas soal roda dua, blogger bisa menulis apapun yang dia rasakan. Ingat ya, rasakan itu berarti pernah menguji suatu produk. Misalnya dia menguji motor merk A, kok body nya klotak-klotak, ya akan ditulis kalau motor A ini body-nya berisik, klotak-klotak.

Semakin ke sini, semakin ramai pembahasan antar produk motor A, B, C dan seterusnya. Setiap ada review produk yang kebanyakan adalah milik pribadidan di-share di blognya, memancing komentar dan perdebatan yang tidak ada ujungnya. Dua sekte garis keras dikenal dengan nama FBA dan FBB (sebut saja gitu). Mereka saling serang setiap menemukan hal tidak baik pada produk kompetitor. Macam-macam bahasannya, mulai dari body getar, komstir oblak, sampai dengan rangka coak.

Ramainya perdebatan, naiknya hits, nampaknya menjadi pantauan korporasi. Terbukti beberapa sales pun kadang nongol dan ikutan berkomentar. Ada yang sok alim, ada yangtanpa tedeng aling-aling menyerang produk kompetitor. Entah ada campur tangan korporasi atau tidak (karena buktinya sampai sekarang tidak ada) dibentuklah sebuah agregator yang membawahi banyak blog. Tujuan awalnya sih share soal dunia otomotif, berbagi ilmu cara menulis yang baik dan berbagi ulasan. Sampai di sini semua masih baik-baik saja, blog jalan, nulis apa adanya tetap lanjut.

Blogger Ternak!

Suatu saat si koordinator yang membuat agregator mengaku mendapat undangan dari korporasi. Tujuannya, mendapatkan kesempatan menguji motor baru. Dari situ, banyak blogger yang senang (termasuk gw) kan ya. Kapan lagi dapat kesempatan eksklusif menjajal produk anyar gresss, belum keluar di pasar umum. Sampai sana, wuihhh berasa anak emas. Diawali makan siang gratis prasmanan ala hotel bintang lima. Test ride, geber-geber sampai puas. Di akhir sesi dapat topi, goodie bag yang setelah sampai luar dibuka ada amplopnya. Isinya apa? Tebak sendiri.

Sekali Ok, dua kali mulai ada yang aneh. Kenapa? Sudah ada arahan agar bahasanya dilembutkan sedikit. Misal sokbeker keras, jangan ditulis "sokbeker keras"tapi cukup ditulis, "sokbeker cukup empuk."  Sebagai orang yang tidak biasa dikekang, tentu kebijakan ini membuat jiwa berontak dong. Makin ke sini kok, arahannya makin mengarah agar kita jadi marketing si korporasi yang hanya boleh nulis yang baik-baik saja. "Wah, udah ga bener ini." Keresahan yang ternyata tidak hanya gw yang merasakannya.

Rapat terbatas digelar, si koordinator jawabannya mbulet-mbulet yang intinya ikuti saja maunya korporasi. Hahahahha. Ternyata ini tujuannya. Ya sudah, sampai pada titik untuk keluar dari agregator. Jika yang lain membentuk agregator baru, gw cukup sampai di sini. "Ga komunitas-komunitasan. Paling ujungnya juga dijual untuk kepentingan pihak tertentu." Makanya, kalau ada yang sok dekat dengan korporasi atau yang membawa nilai komersil terhadap suatu komunitas, gw mikirnya sih sudah jelas apa maunya. Sah kah itu? SAH!

Blogger Ternak!

Tidak ada yang salah kok dengan tindakan itu. Cuma bagi gw yang ingin merdeka dalam tulisan, hal semacam itu jelas tidak akan membuat gw bahagia. Karena tujuan gw menulis adalah untuk menyalurkan apa yang gw rasakan, bukan untuk melakukan pembodohan otomotif.Lha sokbeker keras kok suruh nulis, cukup empuk, yang benar saja!

Blog yang pada saat itu dianggap independen karena tidak bisa disetir oleh korporasi manapun. Itulah alasan gw nge-blog dan nulis. Media otomotif saat itu sudah tersekat-sekat karena iklan korporasi. Mau tidak mau, harus "membela" korporasi. Maka, konsumen pun mengarahkan pandangan ke blog yang dianggap independen kalau mau melihat review jujur terhadap suatu produk. Kalau kemudian konsumen dapat informasi menyesatkan, berapa dosa saya?

Maka saat ada gaduh iklan dari korporasi di blog dengan nilai yang lumayan wow, gw termasuk orang yang menolak mentah-mentah. Karena gw sadar, saat masuk iklan ke blog gw, mana berani gw nulis komstir nya si anu oblak. Lha wong dia bayarin blog gw kok. Tidak dapat duit dong? Dapat kayaknya, dari view yang mungkin jumlahnya tidak seberapa. Bukan masalah besar, karena bukan duit yang dicari dari menulis.

Well, gw pernah mencoba untuk kembali menulis yang menghasilkan uang dari korporasi setelah itu. tapi ya itu, rasanya tidak nyaman, kemudian gw mundur. Ternyata kenikmatan menulis itu ada di kebebasannya, bukan di uangnya, jadi mari mulai dari awal lagi Menulis dengan bebas. Menjadi ternakan korporasi itu menyenangkan, serius! Kalau cuma nonton MotoGP itu sepele! Ngetest motor versi jalanannya pun bisa! So, ada yang tertarik untuk menjadi blogger ternakan atau penulis ternakan? Banyak linknya. Hehehe.. Salam Damai

Merdeka!

Sumber Gambar : sini, sini, sini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 12 lainnya memberi reputasi
idealitas memang tak selamanya bisa dibeli dengan uang. itu emoticon-Cool
Quote:

Uang bisa dicari om, tapi kalau kebebasan sudah terbeli, menurut gw sudah selesai jadi manusia... emoticon-Big Grin
profile-picture
ghani10 memberi reputasi
Weh bisa gitu ya
Quote:

Faktanya bisa om, sampai sekarang juga jalan tuh... emoticon-Big Grin
nyimak
blognya ente apa gan .. kali aja ane pernah baca di blog ente emoticon-Big Grin .
--
Paling seru baca debat fanboy 150cc Y,H,S di ytb .. emoticon-Ngakak (S)
Quote:

Sudah tak buang jauh-jauh om, bikin hati ga tenang aja... Mau nulis suka-suka aja... emoticon-Ngakak (S)
kalo cuma bikin tulisan nutupin negatif jadi netral (ga perlu sampe maksa positif) kayanya udah biasa.
Ga jauh2, tuh Event kreator, kan selalu ada Rules "tidak boleh menyulut pertengkaran dst.."
Sama kan, dibayar korporasi untuk bikin tulisan positif.

Kayanya kalo nulis full frontal malah ga diajak jalan2 nonton motogp.
emoticon-Ngakak
Nah ini nih, trit yg bisa membuka peluang bisnis,
kerenn gan, lanjutkan berbagi tips bisnis,
emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol
Quote:

Beda lah om... Kreator mana pernah nyuruh kita menjual nama kaskus... Namanya menyulut pertengkaran, itu misal menghina kaskuser, menghina pihak lain...

Siapa bilang full frontal (memuji dari negatif jadi positif) ga diajak??? Lha jelas-jelas sokbeker bengkok aja dibilang bengkok visual kok... emoticon-Ngakak (S) apa ga kasian konsumen yang beli???
Quote:

Hahahahhaaa siap om...
profile-picture
elbe94 memberi reputasi
saiki wes jarang ternakan om ...
tapi ya walaupun feenya gs segede anu enakan ngebolg dewe
Quote:

Masih ada, tapi ya emang untuk blog papan atas dengan view yang wow dan stabil... emoticon-Big Grin yang kecil-kecil, terbatas
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

Hanya satu dua blogger otomotif yang bertahan om... Sisanya ternakan semua... emoticon-Ngakak (S)
loh ku kira secara harfiah peternak beneran yg ngeblog emoticon-Leh Uga


Blogger Ternak!
ternyata setelah dibaca menarik juga
profile-picture
rudy.mom memberi reputasi
Quote:

Bukan om, kalau itu lebih tepat disebut Blogger hewan ternak... emoticon-Ngakak (S)
nah ini, yang namanya "tidak jujur" dalam mencari keuntungan kan bisa berakibat dosa jariyah, apalagi sampai pembodohan publik.. emoticon-Big Grin
memang jarang ada "penulis" jujur dan ente termasuk ya om..
hati nurani emang gak bisa diboongin..
emoticon-Ngakak (S)
Quote:

Pernah makan dari gituan om, tak akui ya... Untung segera sadar dan memilih pamit... emoticon-Ngakak (S) Kalau hari ini, hahahahahaha... Lihat sendiri lah om... Kalau mau kerja sama ATPM, ya mending kerja saja ga usah pakai nama blogger dam independen... Jatuhnya kan bohong, kasian konsumen lah... emoticon-Big Grin
profile-picture
perihbanget memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

Kebodohan yang dimanfaatkan om... Dulu sempat emosi juga sama si Banaran... Pernah kan dia nulis ban cacing itu gaul, bayangkan berapa nyawa akan melayang sia-sia kalau anak-anak muda itu pakai ban kayak gitu semua??? emoticon-Cape d...
profile-picture
perihbanget memberi reputasi
kalau ini om..triatmono.info?
Quote:

Gus Tri setahu saya ada di sisi netral... Bahkan sempat kena kampanye hitam juga dulu...


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di