mengejaAvatar border
TS
mengeja
Jangan Tertukar, Bentuk Negara dan Bentuk Pemerintahan Itu Dua Hal Berbeda GanSis!


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

emoticon-I Love Indonesia

Hai, GanSis. Apa kabar? Kali ini ane mau membahas tentang perbedaan bentuk negara dan bentuk pemerintahan. Soalnya masih sering tertukar.

emoticon-I Love Indonesia


Peta negara-negara di dunia berlatar warna bendera.
Gambar: worldatlas.com

Jadi ceritanya tadi ane mendengar dua orang lagi debat gak jelas masalah bentuk negara dan bentuk pemerintahan. Gokilnya masing-masing dari mereka sama-sama ngotot dan ngawur karena campur aduk antara bentuk negara dan bentuk pemerintahan.

Ane mau membetulkan, tapi gak enak soalnya dua orang ini usianya di atas ane. Nanti malah disangka songong. GanSis sendiri sudah paham belum perbedaan antara bentuk negara dan bentuk pemerintahan? Sebenarnya waktu SMP kita sudah belajar ini loh! Cuma mungkin pada lupa. Sini ane kasih tahu lagi.

Kita ke bentuk negara dulu, ya. Apa sih bentuk negara? Bentuk negara adalah pengelompokkan negara berdasarkan kriteria distribusi kekuasaan antar berbagai tingkat pemerintahan dalam suatu negara. Ribet amat ya penjelasannya.

emoticon-Leh Uga

Langsung ke contoh saja yuk! Pasti langsung pada paham.

Bentuk negara terbagi dua GanSis, yaitu negara kesatuan (unitaris) dan negara serikat (federasi).

1. Negara Kesatuan (Unitaris)
Negara kesatuan (unitaris) adalah bentuk negara yang kekuasaan tertinggi dipegang pemerintahan pusat. Secara struktural, negara kesatuan (unitaris) susunannya tunggal. Jadi pemerintahan pusat berkuasa sendirian dengan melimpahkan kekuasaan kepada sub-sub nasional (provinsi/prefektur/distrik) untuk menjalankan pemerintahan.

2. Negara Serikat (Federasi)
Negara serikat (federasi) adalah bentuk negara yang di dalamnya terdapat beberapa negara yang disebut negara bagian. Secara struktural, negara serikat (federasi) susunannya gak tunggal, melainkan berbagi kedaulatan. Jadi negara bagian memiliki fungsi perwujudan dan kekuasaan yang gak bisa seenaknya diubah sama pemerintahan pusat.

Perbedaannya gampang banget.

Quote:


Quote:


Quote:


emoticon-Kaskus Banget

Contoh negara kesatuan (unitaris) adalah Indonesia, Inggris Raya, Jepang, Perancis, Tiongkok, dll. Kalau contoh negara serikat (federasi) antara lain Amerika Serikat, India, Jerman, Malaysia, Rusia, dll.

Ini peta lengkapnya GanSis!


Warna biru negara-negara kesatuan (unitaris).
Gambar: wikipedia.com


Warna hijau negara-negara serikat (federasi).
Gambar: wikipedia.com

Bentuk negara kesatuan (unitaris) lebih banyak ya GanSis.

emoticon-Matabelo

Nah sekarang ke bentuk pemerintahan. Apa sih bentuk pemerintahan? Bentuk pemerintahan itu merujuk pada rangkaian institusi politik yang menjalankan pemerintahan suatu negara. Kalau bentuk negara cuma terbagi dua, bentuk pemerintahan ini buanyaaak jenisnya. Ane sebutkan yang ane mengerti saja ya. Misal GanSis ada yang mau menambahkan juga boleh!

1. Monarki

Keluarga Kerajaan Belgia.
Gambar: eonline.com

Pasti GanSis sudah tahu ya! Yup, Monarki adalah bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh raja atau ratu sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Nah monarki ini terbagi-bagi lagi GanSis. Contoh ada monarki absolut ketika raja memiliki kekuasaan mutlak yang gak bisa diganggu gugat seperti Kerajaan Arab Saudi, Kesultanan Brunei Darussalam, Kerajaan Qatar, dll.

Ada juga monarki konstitusional yang dipimpin oleh raja atau ratu, tapi kekuasaan tertinggi tetap di tangan rakyat melalui parlemen seperti Kerajaan Denmark, Kerajaan Inggris, Kekaisaran Jepang, Kerajaan Malaysia, Kerajaan Spanyol, Kerajaan Thailand, dll. Raja atau Ratu cuma bersifat simbolis.

2. Tirani

Joseph Stalin.
Gambar: quora.com

Agak mirip sama monarki yang kekuasaan tertinggi dipegang satu orang, tapi tirani cenderung diktator dan absolut. Biasanya negara yang mengadopsi bentuk pemerintahan tirani suka jahat sama rakyatnya seperti Jerman saat dipimpin Adolf Hitler, Uni Soviet saat dipimpin Joseph Stalin, Korea Utara, dll.

3. Oligarki

Praktik apartheid di sebuah pantai Afrika Selatan.
Gambar: spectator.co.uk

Ini juga mirip sama monarki dan tirani, bedanya kekuasaan tertinggi dipegang sama kelompok elit kecil, biasanya berlatar belakang keluarga, grup politik, atau etnis. Contoh negara Afrika Selatan pada masa apartheid ketika yang berkuasa cuma kulit putih doang (berlatar etnis). Contoh lain Uni Soviet era Joseph Stalin yang boleh berkuasa cuma anggota Partai Komunis (berlatar grup politik).

4. Demokrasi

WNI di Singapura ramai-ramai mengantre untuk pencoblosan Pilpres 2019.
Gambar: news.detik.com

Ini juga pasti GanSis sudah tahu ya! Yup, bentuk pemerintahan yang semua rakyatnya memiliki hak setara dalam mengambil keputusan. Demokrasi ini bentuk pemerintahan di mana bentuk pemerintahan yang lain juga bisa klop GanSis.

Contoh Kerajaan Denmark dan Kekaisaran Jepang termasuk monarki. Berhubung tingkat demokrasi di sana sehat banget, kedua negara itu juga boleh dibilang negara demokrasi. Ciri utamanya gampang: pemerintahannya betul-betul dijalankan untuk kepentingan rakyat. Biasanya negara-negara maju, nih.

5. Republik

Republik Korea.
Gambar: flickr.com

Nah, ini juga mirip banget sama demokrasi. Malah biasanya republik disamakan dengan demokrasi. Namun, kalau jeli bakal kelihatan perbedaannya GanSis. Republik adalah bentuk pemerintahan yang tampuk kekuasaannya bercabang dari rakyat, bukan prinsip keturunan atau kebangsawanan. Biasanya negara republik dipimpin seorang presiden. Ciri utamanya adalah pemerintahan berdasarkan hukum dan UU.

Balik lagi ke penjelasan sebelumnya, jadi bagaimana membedakan republik dengan demokrasi. Ane ambil contoh Afrika Selatan zaman apartheid yang sebenarnya oligarki.

Ok, apartheid Afrika Selatan itu oligarki, tapi bisa juga disebut republik. Kenapa? Karena apartheid Afrika Selatan berjalan sesuai hukum dan UU, walaupun hukum dan UU-nya buruk dan diskriminatif: apartheid. Nah apartheid Afrika Selatan itu republik, tapi gak bisa disebut demokrasi karena faktanya rakyat kulit hitam di sana gak punya hak setara dengan rakyat kulit putih. Ini mencederai konsep demokrasi. Jadi terlihat kan perbedaan demokrasi dengan republik hehe.

emoticon-Kaskus Banget

Kesimpulan semuanya adalah bentuk negara itu model penyatuan masyarakatnya, bagaimana hubungan pusat dengan daerah. Sedangkan bentuk pemerintahan lebih kepada siapa sih yang menjadi kepala negaranya? Begitu GanSis.

Sebenarnya ada satu lagi: sistem pemerintahan. Ini merujuk siapa sih yang menjalankan pemerintahan? Bagaimana sih pemerintahan itu menjaga kestabilan masyarakatnya? Ane mau jelaskan, tapi nanti kepanjangan hahaha. Lain kali saja.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
12 3 4 5 6

Gambar:
Google Images
Wikipedia

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star
ceuhetty
sebelahblog
rahmansudrajat
rahmansudrajat dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.7K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan