whitehatsAvatar border
TS
whitehats
Kenalan Dengan Data Science, Bidang Ilmu Yang Kini Cetar Membahana

Halo GanSis Dimanapun Berada..
emoticon-Shakehand2
Kesempatan kali ini ane bakal ngajakin agan sista semua buat ngomongin tentang data science. Seperti yang kita ketahui bersama kalo dalam kehidupan kita selalu diselimuti dengan data, yang pastinya membuat data memiliki peran penting baik dalam hal bisnis atau urusan lainnya. Karena obrolannya agak berat, mendingan siapin secangkir kopi biar bacanya sambil sruput kopi yah gan!:nyantai
(Sruput kopi sambil TS flashback jaman-jaman kuliah semester 4 dapetin mata kuliah ‘Basis Data’) emoticon-Big Grin

Pasti kalian pada bertanya-tanya, kenapa TS tiba-tiba ngajakin gan sis di mari ngobrolin tentang data science? Jadi gini gan, data scienceadalah disiplin ilmu yang lagi cetar membahana, bahkan temen-temen gue yang lulusan matematika atau jebolan statistik pun saat ini berprofesi sebagai data scientist dan gajinya bikin melongo! emoticon-Wow. Tapi kayaknya kita kejauhan gan kalo ngomongin soal gaji emoticon-Big Grin, mending kita lihat dulu sejarah dan kenalan sama ‘Data science dengan simak penjelasannya di bawah ini nih… sunduul gan  


Menurut Wikipedia, data science atau ilmu data adalah disiplin ilmu yang khusus mempelajari data, khususnya data kuantitatif (data numerik), baik yang terstruktur ataupun yang nggak terstruktur. Kalau dari sejarahnya, istilah data science pertama kali muncul diperkenalkan oleh Peter Naur pada tahun 1960. Kemudian pada tahun 1996, anggota International Federation of Classification Societies (IFCS) bertemu di Kobe untuk konferensi dua tahunan mereka. Di sini, untuk pertama kalinya, istilah ilmu data dimasukkan dalam judul konferensi "Data science, classification, and related methods", setelah istilah itu diperkenalkan dalam diskusi meja bundar oleh Chikio Hayashi. Data science itu bukan pengetahuan yang berdiri sendiri gan, melainkan gabungan/kombinasi dari ilmu-ilmu pasti dan ilmu ekonomi (khususnya bisnis dan manajemen, terkadang juga akuntansi). Berbagai ilmu tersebut antara lain ilmu matematika, ilmu komputer, ilmu ekonomi, dan ilmu penunjang lainnya (ilmu komunikasi). Udah mulai paham nih kayaknya... Kita lanjut ya gan sis.


Sejalan dengan perkembangan jaman yang makin canggih, data punya peran penting yang bikin permintaan data scientist (sebutan untuk orang ilmuwan data) makin membludak dan banyak dicari oleh perusahaan besar. Btw nih, mungkin agan sista pada bertanya, kira-kira apa aja sih yang dilakukan dalam data science? Secara garis besar, dalam dunia data science ada beberapa subjek yang dibahas, diantaranya diantaranya mulai dari pengumpulan data, analisis data, pengolahan data, manajemen data, kearsipan, pengelompokan data, penyajian data, distribusi data, sampai bagaimana cara merubah data menjadi kesatuan informasi yang bisa dipahami oleh semua orang. Dari data yang diolah, biasanya akan berguna untuk pengambilan keputusan (utamanya dalam dunia persilatan bisnis), sebagai dasar perencanaan, pengendali pelaksanaan suatu aktivitas, dan juga jadi sumber informasi untuk evaluasi suatu kegiatan. Terlebih lagi kemajuan dunia teknologi dan bisnis sekarang ini pun menuntut akan peran seorang ilmuwan data yang mampu mengolah data menjadi kesatuan informasi yang bisa dipahami banyak orang.
 
Pada prakteknya nih gan, banyak temen ane yang data scientist ini kerja di perusahaan bonafid dari berbagai bidang, ada yang bekerja menjadi tenaga ahli (data) di perusahaan IT, ada juga bekerja sebagai data analis di perusahaan advertising (iklan), sampe ada juga yang bekerja di perbankan ternama tanah air emoticon-Wow. Ga heran gan sis, ditengah pentingnya data maka peran ilmuwan data ini jadi salah satu profesi yang diburu banyak instansi atau perusahaan, termasuk di start up yang mengandalkan data dalam mengembangkan produknya. Salah satu bidang yang membutuhkan peran ilmuwan data adalah dunia perbankan, data begitu penting untuk diolah dan bisa disajikan sebagai informasi yang pastinya berguna buat Bank tersebut.
Beberapa tahun terakhir, gan sis pasti juga ngeh nih kalo perbankan rame-rame bergeser dari yang awalnya konvensional, sekarang beralih ke perbankan digital. Terbukti dari berbagai produk perbankan seperti aplikasi mobile banking, virtual assistant, dan fitur lainnya yang memanjakan gan sis dalam bertransaksi dan ngelakuin aktivitas perbankan lainnya.

Sekarang kesempatan nih buat gan sis untuk menjajal, mengeksplor, serta bisa berinovasi dengan data lewat ajang Finhacks 2018 #DataChallenge. Pastinya gan sis udah sering denger tentang Finhacks.id, kan? Mangstabb. Finhacks ini merupakan rangkaian acara kompetisi teknologi yang diselenggarakan oleh BCA sejak tahun 2016. Di taun-taun sebelumnya para developer atau praktisi TI akan dikumpulin terus diajak kolaborasi juga berinovasi untuk ciptain solusi inovatif di bidang finansial. Biasanya hasilnya berupa aplikasi perbankan. 
Nah taun ini ada beda nih. sebagai bentuk komitmen untuk memajukan dunia pengolahan data di tanah air, khususnya di sektor perbankan, BCA menyelenggarakan Finhacks 2018 #DataChallenge.
 
Dalam ajang ini, para peserta termasuk gan sis bakal ditantang untuk ngembangin solusi perbankan dengan memanfaatkan pengolahan data. Finhacks 2018 #DataChallengememberikan tantangan kepada seluruh peserta untuk berlomba menghasilkan model terbaik untuk bisa memahami lebih jauh mengenai perilaku data yang diamati (descriptive), dan bisa memperkirakan kondisi yang akan terjadi di masa mendatang (predictive) berdasarkan koleksi data yang berhubungan dengan industri finansial.
 
Pada Finhacks 2018 #DataChallenge terdapat tiga kategori yang harus dilalui gan sis, kalo berkeinginan jadi peserta, yaitu Credit Scoring, Fraud Detection, dan ATM Cash Optimization. Kompetisi ini nantinya terbagi dalam empat fase, yaitu Registration, Assessment Test, Data Challenge dan Demo Day. Agan sista yang berminat untuk ikutan, bisa mendaftarkan diri (1 team terdiri dari 1-3 orang) melalui https://finhacks.id. Pendaftaran dibuka dari 8 Agustus hingga 8 Oktober 2018. Bagi agan sista yang masih nyubi tentang data science tapi kepengin ikutan, gak usah khawatir. Karena sebelum berlomba di Finhacks 2018 #DataChallenge, agan sista masih bisa menimba ilmu dan kumpul bareng komunitas data science di Workshop & Roadshow yang akan dilakukan di 3 kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan  Bandung.
 
Sekian info dari ane tentang sejarah dan pengenalan data science yang saat ini lagi booming, plus sedikit info tambahan tentang ajang Finhacks 2018 #DataChallenge yang bisa gan dan sis ikuti. Jangan sampe ketinggalan ya, karena gan sis bakal dapet ilmu, pengalaman, temen baru, dan juga hadiah buat refreshing gitu.... Kalo masih bingung, colek ane aja ya! Atau bisa merapat langsung ke website https://finhacks.id untuk dapetin info lebih lanjut.
 
Sampai Jumpa di Thread Selanjutnya.
 
emoticon-Shakehand2
Sumber Thread :
Pengalaman Pribadi | Wikipedia | Finhacks.id

Diubah oleh whitehats 16-08-2018 04:03
1
13.7K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan