madda.maddaAvatar border
TS
madda.madda
5 Destinasi Menarik dan Ratusan Wisata Bisa Dijangkau Kereta Api

Yang suka naik kereta api wajib baca info ini, gan.

Kereta api menjadi primadona untuk perjalanan darat karena lebih nyaman, aman dan tepat waktu. Perbaikan terhadap layanan kereta api oleh PT KAI menjadikan kereta api transportasi favorit dibandingkan pesawat untuk tujuan yang sama karena harga tiket pesawat yang lebih mahal.

Kereta api sekarang lebih nyaman, adem ada AC-nya ditiap gerbong dan CCTV, ada colokan listrik bisa buat cas HP dan laptop, dijamin pasti dapat tempat duduk. Gak perlu empet-empetan, berdiri bahkan sampai harus duduk di bordess atau di lorong gerbong. PT KAI sudah berbenah untuk menjaring penumpang dengan berikan kenyamanan.

Faktor lain mengapa kereta api menjadi primadona adalah soal harga. Untuk menjangkau kota-kota dengan destinasi wisata menarik, kereta api menyediakan layanan dengan harga yang terjangkau.

Ada tiga kelas yang tersedia di kereta api, mulai dari ekonomi/ekonomi premium (peralihan dari kereta bisnis) dan eksekutif. Bahkan untuk kereta-kereta jarak jauh sudah ada kereta prioritas atau luxury class, yaitu kereta dengan fasilitas ekstra yang sering dijuluki sleeper train. Tiketnya terbatas tapi memanjakan penumpang. Jenis kelas kereta  dapat dilihat di bawah.

Spoiler for Kelas kereta api: Ekonomi/Ekonomi Premium, Eksekutif & Prioritas (luxury class):


Proses pemesanan tiket kereta api pun sekarang sangat mudah, kita tinggal membeli tiket kereta onlinemelalui aplikasi online seperti TiketKAI.com, KAI Access atau aplikasi tiket online lainnya kapanpun dimanapun dengan cepat tanpa perlu antri. Atau kalau agan mau membeli secara langsung ke stasiun pun tetap bisa, namun tidak menjadi garansi tiket murah atau tiket masih tersedia.

Nah buat yang suka traveling pake kereta api, ada beberapa destinasi wisata dengan ratusan obyek wisata di Pulau Jawa yang bisa agan jangkau dengan kereta api dan bisa dijadikan target liburan mendatang.

1. Bandung


Ibukota provinsi Jawa Barat, sebuah kota yang terletak di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Kota Bandung berbentuk seperti cekungan yang di sekelilingnya diapit oleh pegunungan. Mengapa berbentuk cekung? Karena pada masa purbakala dahulu, kota Bandung merupakan danau. Karena diapit oleh banyak gunung menjadikan Bandung kota yang sejuk. Banyak obyek wisata alam menarik selama di Bandung.

Di wilayah utara akan didapati wisata Gunung Tangkubanperahu, hutan pinus, kebun teh dan sumber air panas alami di Ciater. Di wilayah selatan ada Gunung Malabar dengan perkebunan teh luas dikaki gunungnya serta wisata Ciwidey dan Kawah Putih.





Bila perjalanan ke wilayah barat, agan bisa menuju Lembang dengan aneka perkebunan dan vila atau hutan pinus PAL 16, Orchid Forest yang menawan dengan koleksi berbagai anggrek langka Indonesia. Untuk wilayah timur Bandung, obyek wisata menarik seperti Curug Cinulang, Situ Cisanti, Bukit Teletubbies Cicalengka dll.

Menggunakan kereta api, agan bisa turun di Stasiun Bandung, stasiun ini diakses oleh kereta-kereta eksekutif dari Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta-Solo dan kereta-kereta ekonomi, antara lain: Turangga, Argo Wilis, Argo Parahyangan, Lodaya, Ciremai, Mutiara Selatan, Malabar, Harina, Serayu. Untuk cek harga tiket agan bisa pake aplikasi tiket online yang ada.

2. Jakarta

Pusat pemerintahan dan ibukota negara. Pusat pemerintahan dan pusat bisnis.

Jakarta memiliki beberapa tempat yang tak kalah menarik untuk disambangi. Di utara teluknya terdapat kawasan Pantai Ancol. Pantai yang menghadap Laut Jawa ini airnya relatif tenang. Selain menikmati pantai, kawasan Ancol juga menyajikan wahana wisata petualangan dan edukasi seperti Dunia Fantasi, Seaworld, Atlantis, dan sebagainya.





Lebih jauh ke utara, terdapat gugusan Kep. Seribu yang dapat diakses dengan menyeberang menggunakan kapal laut dari pelabuhan Ancol atau Muara Karang.

Di pusat kota, banyak ditemui obyek-obyek wisata museum, seperti Museum Nasional/Museum Gajah, Museum Fatahillah/Museum Sejarah Jakarta, wisata Kota Tua, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Monumen Nasional dll.



Untuk menuju Jakarta ada banyak kereta api bisa dipilih, agan bisa turun di Stasiun Gambir untuk kereta bisnis dan eksekutif atau Stasiun Pasar Senen untuk kereta ekonomi dan campuran eksekutif, agan bisa naik: Argo Dwipangga, Argo Jati, Argo Lawu, Argo Muria, Argo Parahyangan, Argo Parahyangan Tambahan, Argo Sindoro, Bangunkarta, Bengawan, Bima, Bogowonto, Brantas, Cirebon Ekspres, Gajahwong, Gajayana, Gumarang, Kertajaya, Kutojaya Utara, Majapahit, Matarmaja, Menoreh, Progo, Purwojaya, Sembrani, Senja Utama Solo, Senja Utama Yogya, Tawang Jaya.

3. Yogyakarta & Solo
Jalur kereta api ke Yogyakarta dan Solo dapat ditempuh dari jalur utara dan selatan, karena letaknya ditengah Pulau Jawa, waktu tempuh rata-rata 7-9 jam.



Di Yogyakarta pemberhentian dan keberangkatan kereta di Stasiun Tugu untuk kereta bisnis dan eksekutif dan Stasiun Lempuyangan untuk kereta ekonomi.

Yogyakarta selain dikenal sebagai wisata populer juga terkenal dengan wisata kulinernya. Tempat-tempat wisata di Yogyakarta bermacam-macam dan menjadi destinasi terkenal dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.



Hampir segala jenis wisata tersedia di Yogyakarta, mulai dari wisata belanja terkenal di Malioboro dan Pasar Beringharjo, wisata alam di Gunungkidul, Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti, Pantai Nglambor, Kebun Buah Mangunan, hutan pinus, Kalibiru, Bukit Bintang melihat gemerlap lampu Kota Yogyakarta, wisata sejarah di candi-candi seperti Borobudur, Prambanan, Tebing Breksi (bekas galian kapur di dekat Prambanan),  wisata budaya di Imogiri, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Benteng Vredeburg Yogyakarta, dan sederet wisata lainnya.



Obyek wisata di Yogyakarta banyak didesain Instagramable, sehingga banyak dijadikan obyek foto untuk dipasang di Instagram.



Untuk menuju Yogyakarta agan bisa turun di Stasiun Tugu untuk kereta bisnis dan eksekutif atau Stasiun Lempuyangan untuk kereta ekonomi, agan bisa naik: Fajar Utama Yogya, Taksaka, Argo Dwipangga, Sancaka, Malioboro Ekspres, Lodaya, Progo, Bogowonto, Gajahwong,  Bengawan.

Melipir ke Solo, gan. Agan dapat turun di Stasiun Solo Balapan jika naik kereta bisnis dan eksekutif atau di Stasiun Purwosari untuk kereta ekonomi.



Solo merupakan destinasi wisata budaya selain Jogja yang juga ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Solo yang dikenal sebagai salah satu kota penghasil batik menawarkan banyak tempat-tempat menarik seperti: Keraton Surakarta Hadiningrat, Taman Sriwedari, Colomadu, Agrowisata Sondokoro, Kampung Batik Kauman, Museum Batik Danar Hadi, Ngarsopuro Night Market, Taman Balekambang, dll.

Untuk menuju Solo agan bisa naik: Senja Utama Solo, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Sancaka, Malioboro Ekspres, Lodaya, Brantas, Gaya Baru Malam Selatan, Bengawan, Jaka Tingkir.

4. Malang


Kota yang dingin di Jawa Timur dengan berbagai obyek wisata berada disekitar Malang. Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Wisata Batu merupakan tiga kota bertetangga yang memiliki banyak obyek wisata menarik seperti wisata theme park  yaitu Jatim Park 1-3, Batu Night Spektakuler, obyek wisata Selecta, Pujon, pemandian air panas Cangar, wisata air Sengkaling, Masjid Tiban, Kampung warna-warni Jodipan dan masih banyak lagi.





Selain obyek wisata di kota, sebenarnya Malang juga memiliki beberapa obyek wisata di luar kota yang menarik seperti Pantai Balekambang, pantai 3 warna, Pantai Goa Cina, hingga Pantai Batu bengkung.



Berada disekitar Malang agan bisa ke Gunung Bromo meski terletak di wilayah Pasuruan dan Probolinggo namun dapat diakses dari Tumpang, Malang.



Untuk menuju Malang agan dapat turun di Stasiun Malang Kotabaru sebagai pusat pemberhentian akhir kereta-kereta ekonomi, bisnis dan eksekutif seperti: Bima, Gajayana, Malioboro Ekspres, Mutiara Selatan, Malabar, Matarmaja, Jayabaya, Majapahit, Tawang Alun.

5. Banyuwangi
Ujung timur Pulau Jawa ini tidak kalah menarik obyek wisatanya yang dapat dijangkau dengan kereta api. Tidak kalah dari Bali, Banyuwangi juga memiliki banyak wisata pantai yang indah dan cantik seperti: Pantai Plengkung, Pantai Pulau Merah, Pantai Wedi Ireng, Pantai Teluk Ijo, hingga Pantai Penyu Sukamade yang berlokasi di Balai Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran.







Selain pantai dan taman nasional, Banyuwangi juga terkenal dengan Festival Banyuwangi-nya serta Kawah Ijen.



Untuk menuju Banyuwangi, agan bisa turun di Stasiun Banyuwangi Baru yang juga dekat dengan pelabuhan Ketapang, sehingga agan bisa meneruskan tujuan wisata ke Pulau Bali. Kereta-kereta menuju Banyuwangi antara lain: Mutiara Siang, Mutiara Malam, Sri Tanjung, Tawang Alun.

Merapat ke timur agan bisa menyeberang ke Pulau Bali melalui pelabuhan Ketapang-Gilimanuk dan melanjutkan perjalanan darat.

Nah, sudah tahu kan destinasi-destinasi menarik yang bisa dijangkau kereta api. Persiapkan rencana liburan agan sekarang. Lihat kalender cari tanggal merah dan siapkan liburanmu. Cek ketersediaan tiket jangan sampai kehabisan, bisa pakai TiketKAI.com, KAI Access, Traveloka dan aplikasi tiket lain.
Diubah oleh madda.madda 25-09-2019 12:32
azid12353
raliakbarrr
adelianzw
adelianzw dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4.1K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan