CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da8dbe42f568d5bda08f0ab/inikah-misteri-yasuke-samurai-hitam-prajurit-nobunaga-dari-klan-oda-yang-melegenda

Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?

Dunia Samurai dan Shinobi

Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?


Apa yang terlintas di pikiran tentang seorang Samurai? Adalah tentu dari negeri sakura, lantas bagaimana jadinya jika ternyata ada seorang samurai yang bukan asli penduduk jepang?

Ya demikian dengan salah satu tokoh Samurai Hitam fenomenal yang melegenda satu ini.

Quote:


Mengulas tentang negeri sakura memang tidak ada habisnya, mulai dari tempat wisata, anime, budaya, sejarah dan juga misteri yang melegenda.

Sulit disangkal, jepang sedikit banyak meninggalkan banyak hal yang membuat titik balik sejarah Indonesia berubah. Walaupun hanya "seumur jagung" namun mampu ikut serta mengusir Belanda dan juga mempora-porandakan negeri ini.

Akan tetapi, kali ini bukan mengulas sejarah tersebut melainkan tentang Samurai Hitam yang sudah 500 tahun, legendanya masih sangat hidup. Siapakah dia?

Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?


Adalah Yasuke seorang prajurit Afrika yang mencapai pangkat samurai di bawah pemerintahan Oda Nobunaga, penguasa feodal Jepang yang kuat pada abad keenam belas dan merupakan yang pertama dari tiga pemersatu Jepang.

Sedikit menyinggung Nobunaga dari klan Oda, merupakan sosok besar dalam sejarah Era Shogunate di Jepang.

Demikan sosok Oda Nobunaga juga tidak lepas dari peran 2 orang pengikutnya yang juga menjadi tokoh sentral dalam sejarah Shogunate di Jepang ; yaitu Tokugawa Ieyasu dan Hideyoshi.

Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?


Ada desas-desus yang unik dengan Nobunaga karena ia merupakan seorang perempuan yang dari kecil disembunyikan identitasnya dan menyamar menjadi laki-laki hingga dewasa dan memimpin klan Oda. Bahkan sampai meninggal dan tercatat sejarah. Itulah kenapa Nobunaga menjadi misteri yang melegenda.

Bukan hanya itu, Nobunaga juga dikenal sebagai pemimpin yang kejam, bahkan tega membantai keluargannya sendiri. Sungguhpun demikian tirani, ia menjadi sosok pemersatu jepang yang melegenda. Menjadi titik awal masuknya peradaban barat di jepang.

Kembali ke Yasuke, pertama kali tiba di Jepang pada tahun 1581 dianggap dewa oleh masyarakat Kyoto, Ibu Negara Jepang. Pasalnya sebagian besar penduduk belum pernah melihat orang Afrika, berkulit gelap dan tinggi 188 sentimeter sebelumnya. Tentu menyebabkan sensasi unik pada waktu itu.

Saat tiba di Kyoto bersama misionaris Jesuit, banyak orang mengerumuninya. Seperti yang ditulis Thomas Lockley dalam buku Biografi Tokoh Legendaris African Samurai: The True Story of Yasuke, seorang Prajurit Hitam Legendaris di Feudal Jepang.

Setahun setelah tiba di negara itu, Yasuke fasih berbahasa jepang, bertempur bersama Nobunaga dalam pertempuran dan mengesankan semua orang bersamanya. Tidak mengherankan, mengingat bahwa ketinggian rata-rata seorang pria Jepang pada tahun 1900 adalah 157,9 m, 30 cm lebih sedikit dari yang diukur Yasuke.

Warisannya sebagai samurai Afrika pertama dalam sejarah masih sangat hidup di Jepang hingga sekarang.

Sudah banyak buku anak-anak hingga seri manga berjudul Afro Samurai yang menulis tentang Yasuke. Sejarahnya baru-baru ini muncul kembali karena Olimpiade Tokyo dan sedang ramai dibicarakan.

Kabarnya, kisah tentang Yasuke akan difilmkan, Chadwick Boseman, bintang Black Panther, akan memerankan Yasuke dalam produksi Hollywood.


Asal-usul Yasuke Tidak Jelas

Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?


Yasuke menjadi misteri karena tidak ada catatan tentang tanggal atau negara kelahirannya dengan pasti. Sebagian besar sejarawan percaya itu aslinya dari Mozambik, tetapi beberapa telah menyarankan negara lain seperti Ethiopia, Nigeria atau Sudan.

Sedangkan catatan yang ada, bahwa Yasuke tiba di Jepang bersama seorang Yesuit Italia bernama Alessandro Valignano dan yang muncul dalam catatan sejarah hanya antara tahun 1579 dan 1582. Dipercaya bahwa sebagai seorang anak ia dijual sebagai budak dan diperdagangkan ke India, di mana ia menjadi di pengawal Valignano.

Keduanya tiba dengan kapal dengan rombongan mereka di pelabuhan Kuchinotsu di Nagasaki, pulau Kyushu, selatan Jepang, pada tahun 1579. Tujuan perjalanan Valignano, yang telah menghabiskan enam tahun perjalanan dari Roma melalui negara-negara seperti Portugal, Mozambik, India, Malaya dan Makau, akan mengubah ribuan orang Jepang menjadi Kristen.

Ketika mereka tiba di Kyoto untuk bertemu Nobunaga, dia tidak percaya ada orang kulit hitam. Dia bahkan menggosok kulit Yasuke untuk mencoba "membersihkannya." Tetapi begitu yakin bahwa itu nyata, ia segera memerintahkan untuk menyelenggarakan pesta untuk menghormatinya.

Kedua pria itu saling memahami sejak awal, Yasuke menghibur Nobunaga dengan kisah-kisahnya tentang Afrika dan India. Membuatnya terkesan dengan eksploitasi dan kekuatan fisiknya.

Setelah meninggalkan Jepang, Valignano "menawarkan" Yasuke ke Nobunaga. Saat itulah ia menjadi seorang samurai. Yasuke awalnya dilihat sebagai sumber hiburan karena itu adalah hal yang baru, tetapi dalam sebulan dia menjadi samurai yang berharga dan anggota rombongan Nobunaga.


Dari samurai ke Ronin

Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?


Yasuke menjadi samurai asing pertama dalam sejarah jepang . Karena itu, ia dianugerahi gaji, pelayan dan pedang jepang berornamen. Sebagai bagian dari lingkaran di dalamnya, samurai Afrika bertarung bersama Nobunaga melawan klan lainnya. Dia juga makan malam bersama kalangan khusus, suatu kehormatan yang hanya diperuntukkan bagi sekelompok orang tertentu.

Kedekatannya dengan Nobunaga membuatnya juga hadir pada malam 1582 ketika salah satu jenderalnya, Akechi Mitsuhide, berbalik melawannya dan membakar istananya.


Nobunaga terjebak di salah satu kamar dan dipaksa bunuh diri dengan ritual seppuku atau harakiri. Legenda mengatakan bahwa, sebelum melakukan itu, tuan feodal meminta Yasuke untuk memenggalnya dan mengambil kepala dan pedangnya kepada putranya. Menurut sejarawan, ini adalah tanda penghormatan besar.

Setelah kematian Nobunaga, catatan Yasuke menjadi lebih langka. Referensi terakhir tentang sosoknya berasal dari sumber-sumber Jesuit pada 1582, tetapi nasibnya tidak pasti .

Satu kemungkinan adalah bahwa dia ditangkap dan dikirim kembali ke Nagasaki untuk bekerja dengan komunitas Jesuit. Beberapa bukti menunjukkan bahwa Yasuke bekerja sebagai penasihat keuangan bagi penguasa Jepang barat daya dan mungkin melakukan perjalanan ke Filipina dan semenanjung Korea.

Pilihan lain adalah dipekerjakan sebagai pelaut atau bajak laut, mengingat pengalamannya yang luas di laut lepas dan kekuatan fisik yang hebat yang dikaitkan dengannya.

Quote:



Warisan sejarah yang melegenda

Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?


Apapun tujuan akhirnya, kehidupan Yasuke telah dibayangkan kembali pada beberapa kesempatan melalui fiksi .

Pada tahun 1968, penulis Yoshio Kurusu mengubah ceritanya menjadi dasar buku anak-anak pemenang penghargaan yang disebut Kurosuke . Buku ini menggambarkan kehidupan Yasuke dan berakhir dengan nada pahit: setelah Nobunaga bunuh diri, Kuro-suke (Yasuke) dibawa ke kuil tempat ia memimpikan orang tuanya di Afrika dan menangis.

Buku lain, Lockley's, memunculkan kemungkinan bahwa Yasuke.

memiliki keturunan yang masih tinggal di Jepang . Sangat masuk akal bahwa Yasuke memiliki beberapa istri dan buku itu berisi foto yang menarik diambil pada tahun 1864 dari asisten samurai yang tampaknya ras campuran.

Terlepas dari tragedi dan semua cerita yang ada, baik dalam bentuk fiksi dan sejarah, Yasuke Samurai Hitam menjadi legenda berabad-abad dan uniknya, adalah orang yang tidak jelas asal-usulnya dari mana menjadi pahlawan di negeri orang, dalam hal ini adalah jepang.

Bagaimana menurut sahabat kaskuser, ada yang ingin ditambahkan atau mungkin punya refrensi lain tentang Yasuke ini? Silahkan diskusikan disini!


Sumber ; opini pribadi
Refrensi; BBC
Sumber gambar: Pinteres, Google dan BBC
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 65 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bekticahyopurno
Halaman 1 dari 9

[King Of Zipangu] Nobunaga dari Klan Oda

Dunia Samurai dan Shinobi

Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?


Nobunaga dari klan Oda tecatat oleh sejarah seorang pria, mulai kelahirannya hingga meninggal. Akan tetapi, desas-desus menyebutnya seorang wanita yang kemudian tuangkan dalam film drama King Of Zipangu. Walaupun sampai sekarang, desas-desus itu masih menjadi perdebatan.

Budaya klasik menganggap, anak pertama laki-laki dalam suatu keluarga adalah pewaris keluarga utama. Karena alasan itulah, ibu Nobunaga mengubah penampilannya dan seluruh tingkah lakunya menjadi seorang pria hingga dewasa.

Tidak bisa disangkal, kepemimpinannya sangat kontroversial, pemarah, bodoh dan juga misteri.

Bahkan saat tragedi pengkhianatan dan menjelang kematiannya, Nobunaga tetap tercatat sejarah sebagai seorang pria. Benarkah?

Sampai sekarang juga menjadi misteri, akan tetapi Nobunaga sangat berjasa dalam penyatuan jepang tidak bisa dibantah.

Berikut catatan sekilas tentang Nobunaga dari Klan Oda atau yang difilmkan dengan judul King of Zipangu.

Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?


Oda Nobunaga 23 Juni 1534 – 21 Juni 1582) adalah pencetus dari penyatuan Jepang dibawah keshogunan di akhir abad 16, yang berkuasa di Jepang sampai restorasi Meiji di 1868. Dia juga seorang daimyo utama di masa Sengoku pada sejarah Jepang.


Karyanya dilanjutkan, diselesaikan dan diakhiri oleh penerusnya Toyotomi Hideyoshi dan Tokugawa Ieyasu. Dia adalah anak kedua dari Oda Nobuhide, seorang gubernur militer yang mempunyai wilayah di Propinsi Owari.


Nobunaga hidup dalam hidup yang penuh dengan penaklukan militer, yang pada akhirnya berhasil menaklukan sepertiga Jepang sebelum kematiannya di 1582.


Penerusnya, Hideyoshi Toyotomi seorang pendukung Oda menjadi orang pertama yang menguasai seluruh Jepang dan menjadi pemimpin seluruh Jepang semenjak perang Ōnin.

Biografi


Oda Nobunaga dilahirkan pada 23 Juni 1534 dan diberikan nama kecil Kippōshi (吉法師). Dia adalah anak kedua dari Oda Nobuhide. Di masa kecilnya dan awal masa remaja, dia dikenal karena perilakunya yang aneh dan mendapat julukan Owari no Ōutsuke (尾張の大うつけ, The Fool of Owari).


Dengan pengenalan senjata api di Jepang kemudian ia menjadi dikenal atas kesukaannya terhadap Senjata api Tanegashima. Dia juga diketahui sering berlarian dengan anak-anak di daerahnya, tanpa memikirkan posisi kebangsawanannya.


Nobunaga dikatakan lahir di istana Nagoya, namun hal ini masih diperdebatkan. Namun diyakini bahwa ia lahir di wilayah Owari. Pada 1574 Nobunaga menerima pangkat Kuge (Bangsawan istana), dan kemudian di 1577 ia diberikan pangkat Udaijin (Menteri kanan), pangkat tertinggi ketiga di kekaisaran.


Simbol Clan Oda


Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?


Penyatuan Propinsi Owari

Pada 1551, Oda Nobuhide meninggal tiba-tiba dan ketika pemakamannya Nobunaga dikatakan telah bertingkah sangat tidak terpuji, ia melempar dupa upacara pemakaman ke altar. Perbuatan ini membuat ia terasing dari pengikut-pengikut Oda, meyakinkan mereka bahwa Nobunaga merupakan orang yang kurang disiplin dan biasa-biasa saja.


Mereka mulai memihak dengan kakak Nobunaga yang lebih sopan dan baik tutur katanya. Hirate Masahide, yang juga merupakan guru dan pengikut Nobunaga sangat malu atas perbuatan Nobunaga ini dan melakukan seppuku. Hal ini sangat mempengaruhi Nobunaga yang di kemudian hari membuat sebuah kuil untuk menghormati Masahide.

Meski Nobunaga adalah ahli waris yang sah untuk Nobuhide, klan Oda terpecah-pecah menjadi beberapa fraksi. Ditambah kendali seluruh klan masih berada dibawah shugo Owari yaitu Shiba Yushimune. Karena itu Oda Nobutomo adik dari Nobuhide dan wakil shugo menggunakan Yoshimune yang tidak berdaya sebagai bonekanya dan menantang posisi Nobunaga sebagai pemimpin baru Owari.


Nobutomo kemudian membunuh Yoshimune ketika ia mengetahui bahwa Yoshimune mendukung dan berniat membantu Nobunaga.

Untuk meningkatkan kekuasaannya, Nobunaga membujuk Oda Nobumitsu adik lain dari Nobuhide untuk bergabung bersamanya dan dengan bantuan Nobumitsu membunuh Nobutomo di Kastil Kiyosu, yang kemudian menjadi tempat tinggal Nobunaga untuk lebih dari 10 tahun.


Mengambil keuntungan dari posisi Shiba Yoshikane anak dari Yoshimune sebagai shugo yang sah, Nobunaga membuat aliansi dengan klan Imagawa di propinsi Suruga dan klan Kira di Mikawa, karena kedua klan mempunyai shugo yang sama maka mereka tidak mempunyai alasan untuk menolak. Sebagai tambahan hal ini juga untuk membuat klan Imagawa untuk berhenti menyerang perbatasan Owari.

Meski pendukung Nobuyuki dan simpatisannya masih sangat besar, Nobunaga memutuskan untuk memimpin pasukan ke Propinsi Mino untuk membantu Saitō Dōsan setelah anak Dōsan's, Saitō Yoshitatsu, memberontak kepadanya. Operasi militer tersebut gagal, dimana Dōsan terbunuh dan Yoshitatsu menjadi tuan baru di Mino pada 1556.

Beberapa bulan kemudian Nobuyuki dengan bantuan Shibata Katsuie dan Hayashi Hidesada memberontak melawan Nobunaga. Ketiga konspirator dapat dikalahkan pada perang Inō, namun mereka dimaafkan karena intervensi Tsuchida Gozen, ibu kandung dari Nobunaga dan Nobuyuki. Meskipun demikian di tahun berikutnya Nobuyuki lagi-lagi berencana untuk memberonta. Ketika Nobunaga diberi tahu akan hal ini oleh Shibata Katsuie, ia berpura-pura sakit untuk mendekati Nobuyuki dan membunuhnya di Kastil Kiyosu.

Pada 1559, Nobunaga telah menghancurkan semua oposisi di dalam klan dan seluruh propinsi Owari. Dia terus menggunakan Shiba Yoshikane sebagai alasan untuk berdamai dengan daimyo lainnya, meski kemudian diketahui bahwa Yoshikane telah diam-diam berhubungan dengan klan Kira dan Imagawa untuk menyingkirkan Nobunaga dan mengembalikan kekuasaan untuk klan Shiba. Nobunaga akhirnya mengasingkan Yoshikane, dan membuat aliansi yang diciptakan tidak berlaku lagi.

Pertempuran Okehazama

Pada 1560 Imagawa Yoshimoto mengumpulkan 25,000 tentara dan mulai bergerak kearah Kyoto, dengan alasan untuk mendukung shogun Ashikaga yang lemah. Klan Matsudaira dari propinsi Mikawa juga bergabung bersama pasukan Yoshimoto. Sebagai perbandingan klan Oda berhasil mengumpulkan hanya 3,000 tentara dan jumlah ini juga harus ditempatkan untuk menjaga beberapa benteng di perbatasan.


Dibawah kondisi genting ini Nobunaga dikatakan melakukan dansa Atsumori di Kastil Kiyosu sebelum pergi bersama beberapa pegawainya untuk berdoa. Karena jumlah pasukan yang sangat tidak seimbang ini malam sebelumnya Shibata Katsuie telah mencoba dengan sia-sia untuk mengubah pikiran Oda Nobunaga yang ingin melakukan serangan frontal; dia terus mengingatkan Nobunaga bahwa tentara gabungannya kekurangan jumlah dibandingkan dengan kekuatan Imagawa. Hayasi Sado no Kami Hidesada yang juga merupakan penasihat Nobuhide menyarankan untuk menyerah tanpa melawan dengan menggunakan alasan yang sama dengan Katsuie.

Pengintai Nobunaga melaporkan bahwa Yoshimoto sedang beristirahat di Dengaku-hazama yang merupakan jurang sempit sebuah tempat ideal untuk melakukan serangan mendadak. Pengintai juga menambahkan bahwa tentara Imagawa sedang merayakan kemenangan-kemenangan mereka sementara Yoshimoto melihat perayaan tersebut.


Nobunaga bergerak mendekati kemah Imagawa, dan mengambil posisi agak jauh. Deretan bendera-bendera dan prajurit palsu dari jerami dan juga helm sisa membuat kesan tentara yang banyak, sementara tentara asli Oda berputar dengan cepat ke belakang kemah Yoshimoto. Panas yang terik menghasilkan hujan petir yang besar. Ketika samurai Imagawa berteduh dari hujan Nobunaga menggerakkan pasukannya, ketika badai berakhir mereka menyerbu musuh mereka di jurang.


Serangan itu begitu tiba-tiba membuat Yoshimoto berpikir bahwa prajuritnya sedang berkelahi satu sama lain. Ia menyadari bahwa hal ini merupakan serangan ketika dua samurai (Mori Shinsuke dan Hattori Koheita menyerbu masuk. Satu dari mereka mencoba menusuk Yoshimoto dengan tombak dimana Yoshimoto menangkis dengan pedangnya, tapi orang kedua segera mengayunkan pedangnya dan memotong kepala Imagawa.

Hal ini dengan cepat melemahkan klan Imagawa yang tidak lagi dapat mengontrol klan Matsudaira. Pada 1561, sebuah aliansi dibentuk antara Oda Nobunaga dan Matsudaira Motoyasu (yang nantinya menjadi Tokugawa Ieyasu), meskipun kedua klan pernah mempunyai permusuhan selama puluhan tahun.


Berdasarkan tradisi pertarungan ini juga pertama kalinya Nobunaga menyadari bakat dari pembawa sendal yang akhirnya akan menjadi Toyotomi Hideyoshi.

Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?


Tenka Fubu

Di Mino, Saitō Yoshitatsu tiba-tiba meninggal karena sakit pada 1561 dan diteruskan oleh anaknya Saitō Tatsuoki. Namun Tatsuoki yang masih muda bukan merupakan pemimpin yang kompeten dan ahli strategi bila dibandingkan dengan ayah dan kakeknya. Mengambil keuntungan akan hal ini, Nobunaga memindahkan markasnya ke Kastil Komaki dan memulai operasinya di Mino.


Dengan meyakinkan pegawai-pegawai Saitō untuk meninggalkan tuan mereka yang tidak kompeten dan bodoh, Nobunaga dengan cepat melemahkan klan Saitō, sebelum akhirnya melakukan serangan akhir pada 1567.

Nobunaga berhasil menaklukan kastil Inabayama dan mengirim Tatsuoki ke pengasingan.
Setelah mendapatkan kastil tersebut, Nobunaga mengubah nama kastil dan juga kota disekitar kastil tersebut menjadi Gifu. Mengambil nama tersebut dari Gunung Qi (岐山 Qi dalam standar tulisan Cina) yang legendaris di Cina, dimana dinasti Zhou berasal, Nobunaga menyatakan ambisinya untuk menaklukan seluruh Jepang.


Dia juga mulai menggunakan cap pribadinya yang bertuliskan Tenka Fubu (天下布武), yang artinya "Menyebarkan militerisme ke seluruh negeri", atau secara harafiah "di bawah langit" (melihat semuanya di bawah surga). Pada 1564 Nobunaga menikahkan adiknya Oichi dengan Azai Nagamasa, seorang Daimyo di utara propinsi Ōmi Province. Hal ini kemudian membantu meluruskan jalan ke Kyoto.

Pada 1568 Ashikaga Yoshiaki pergi ke Gifu dan meminta Nobunaga untuk memulai operasi militernya ke Kyoto. Yoshiaki adalah adik dari shogun ke-13 dari keshogunan Ashikaga, Yoshiteru ingin membalas dendam atas pembunuh kakaknya yang telah mengangkat shogun boneka Ashikaga Yoshihide. Nobunaga setuju untuk membuat Yoshiaki sebagai shogun yang baru dan mengambil kesempatan ini untuk memasuki Kyoto, memulai operasi militernya.


Sebuah halangan datang dari klan Rokkaku dari selatan propinsi Ōmi. Dipimpin oleh Rokkaku Yoshikata klan itu menolak mengakui Yoshiaki sebagai shogun dan siap untuk berperang. Sebagai balasan Nobunaga melancarkan serangan cepat menyingkirkan klan Rokkaku dari kastil mereka.

Dalam waktu singkat, Nobunaga sampai di Kyoto dan menyingkirkan klan Miyoshi keluar dari kota. Yoshiaki dibuat menjadi Shogun Ashikaga yang ke 15. Nobunaga menolak posisi sebagai Kanrei dan mulai membatasi wewenang shogun, membuat jelas bahwa ia berniat menggunakan Yoshiaki sebagai pembenaran atas penaklukannya di kemudian hari. Namun Yoshiaki yang tidak senang menjadi boneka diam-diam melakukan hubungan dengan berbagai daimyo untuk membuat aliansi anti Nobunaga.


Klan Asakura yang paling tidak senang akan kenaikan kekuatan klan Oda karena dulu klan Oda merupakan bawahan dari klan Asakura. Ditambah lagi Asakura Yoshikage juga melindungi Ashikaga Yoshiaki, namun tidak ingin untuk bergerak menuju Kyoto. Karena inilah klan Asakura membenci Nobunaga karena kesuksesannya.

Ketika Nobunaga meluncurkan operasi militernya ke wilaya klan Asakura, Azai Nagamasa yang menikah dengan Oichi memutuskan aliansinya dengan Oda untuk menghormati aliansi Azai-Asakura yang sudah berlangsung selama beberapa generasi.

Dengan bantuan pemberontak Ikko, aliansi Nobunaga bergerak dengan kekuatan penuh, menjatuhkan banyak korban dari klan Oda. Di pertempuran Anegawa, Tokugawa Ieyasu bergabung dengan Nobunaga dan mengalahkan gabungan kekuatan klan Asakura dan Azai.

Nobunaga berperang dengan penganut Buddha. Kuil Enryaku-ji di Gunung Hiei, dengan sōhei (biksu pejuang) dari sekolah Tendai yang membantu grup Anti-Nobunaga dengan membantu aliansi Azai-Asakura selalu menjadi masalah untuk Nobunaga karena letaknya yang dekat dengan tempat tinggalnya.

Nobunaga menyerang Enryaku-ji dan membakar habis kuil itu pada 1571, meskipun kuil itu telah dikagumi sebagai simbul budaya yang penting pada waktu itu, dan membunuh sekitar 3,000 orang pria, wanita dan anak-anak dalam prosesnya.

Ketika pengepungan Nagashima, Nobunaga mengalami kekalahan yang cukup berat, termasuk kematian beberapa saudaranya, oleh pemberontak Ikkō-ikki, sebuah koalisi dari petani, biksu dan pendeta shinto juga bagsawan lokal yang tidak setuju akan pemerintahan samurai.

Pengepungan akhirnya berakhir ketika Nobunaga mengepung rapat kota itu dan membakarnya, membunuh 10,000 orang yang bukan prajurit, termasuk wanita dan anak-anak. Dia kemudian juga berhasil merebut benteng utama mereka di Ishiyama Hongan-ji setelah pengepungan 11 tahun yang berakhir dengan menyerahnya benteng tersebut.

Salah satu pemipin koalisi Anti-Nobunaga adalah Takeda Shingen, meskipun hubungan antara kedua klan ini umumnya damai dan juga memiliki aliansi kecil. Pada 1572 karena desakan Shogun, Shingen memutuskan untuk bergerak ke ibukota dan memulainya dengan menyerang wilayah Tokugawa. Karena terikat di barat, Nobunaga hanya dapat mengirimkan sedikit bala bantuan untuk Ieyasu, yang mengalami kekalahan di pertempuran Mikatagahara di 1573.

Namun setelah pertempuran, pasukan Tokugawa melakukan serangan malam dan meyakinkan Takeda akan datangnya serangan balasan, hal ini menyelamatkan Tokugawa yang saat itu lemah dengan gertakan. Hal ini akan memainkan peran penting dalam filsafat Tokugawa tentang kesabaran strategis dalam kampanye dengan Oda Nobunaga.

Tidak lama setelah itu pasukan Takeda mundur setelah Shingen meninggal karena sakit pada 1573. Hal ini menenangkan Nobunaga karena dengan ini dia dapat fokus ke Yoshiaki, yang telah secara terbuka menyatakan permusuhan lebih dari sekali, meskipun ada tentangan dari pihak istana. Nobunaga berhasil mengalahkan pasukan Yoshiaki dan mengirimnya ke pengasingan, mengakhiri keshogunan Ashikaga pada tahun yang sama.

Juga di tahun 1573 Nobunaga berhasil menghancurkan klan Asakura dan Azai, hal ini menyebabkan Azai Nagamasa mengirimkan Oichi kembali kepada Nobunaga dan melakukan seppuku. Dengan kehancuran Nagashima pada 1574, ancaman utama Nobunaga berasal dari klan Takeda yang sekarang dipimpin oleh Takeda Katsuyori.

Pada pertempuran penting Nagashino, gabungan kekuatan Nobunaga dan Tokugawa Ieyasu menghancurkan klan Takeda dengan penggunaan strategis arquebuses (senapan kopak). Nobunaga berhasil mengkompensasikan waktu mengisi ulang senjata arquebus dengan mengatur penembaknya dalam tiga baris. Setelah tiap baris menembak, mereka akan merunduk dan mengisi ulang sementara baris berikutnya menembak.

Peluru-peluru yang mereka tembakkan berhasil menembus baju pelindung pasukan kavaleri Takeda, yang akhirnya terdesak dan terbunuh oleh tembakan beruntun. Dari situ Nobunaga melanjutkan ekspansi kekuasaannya, mengirim Shibata Katsuie dan Maeda toshiie ke utara dan Akechi Mitsuhide ke propinsi Tamba.

Quote:


Pengepungan klan Oda atas Ishiyama Hongan-ji di Osaka berhasil mendapat sedikit kemajuan, namun klan Mori dari wilayah Chūgoku berhasil menembus blokade laut dan mulai mengirim persediaan ke benteng yang kuat itu lewat laut. Sebagai hasil, pada 1577 Hashiba Hideyoshi diperintahkan bergerak ke barat untuk melawan klan Mori.

Namun Uesugi Kenshin yang dikatakan sebagai Jendral terbaik pada masanya semenjak kematian Takeda Shingen ikut serta pada koalisi kedua Anti-Nobunaga. Mengikuti penaklukannya ke wilayah sekitar kedua sisi akhirnya bertempur diTedorigawa yang menghasilkan kemenangan mutlak Uesugi. Pada waktu inilah pasukan Uesugi bersiap-siap bergerak ke arah Kyoto.

Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?


Karena kekalahannya ekspansi Nobunaga di Noto, Kaga dan propinsi Etchu terhenti. Namun Kenshin yang sedang bersiap menggerakan pasukannya lagi setelah perang meninggal kemungkinan karena pendarahan otak sebelum menggerakan mereka. Setelah kematian Kenshin dan kebingungan atas penerusnya, Nobunaga memulai operasi militernya lagi di area tersebut.

Pasukan Nobunaga memaksa Ishiyama Hongan-ji menyerah di tahun 1580 dan menghancurkan klan Takeda pada 1582. Kekuatan administrasi Nobunaga berada pada puncaknya dan ia baru saja akan menyerang propinsi Echigo dan Shikoku.

Baik Yasuke sebagai ronin dengan tuan Nobunaga dari Klan Oda, keduanya sama-sama menjadi misteri yang melegenda.

Jika ada yang salah, mungkin bisa ditambahkan. Karena dalam sejarah selalu ada sejarah. Sekian dan terimakasih.

Sumber:
Wikipedia
KAORI Nusantara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kimrun05 dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bekticahyopurno
Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cool


Selamat datang dan silahkan berdiskusi


Spoiler for Baca Juga :
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bekticahyopurno
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


pernah nonton film2 seperti diatas tp tidak pernah hapalemoticon-Tepar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 7 lainnya memberi reputasi
Banyak yang bilang kalau bunuh diri

menjadi kesatria pada jaman Yasuke Samurai
ngeri juga ya kalau di terapin era jaman sekarang..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ajang.dee
Aku gak paham hal ini..hehe..Ini benaran ada di dunia nyata?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 5 lainnya memberi reputasi
bgtu kah misterinya emoticon-Perancis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 5 lainnya memberi reputasi
Ane ingetnya film the last samurai hehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 7 lainnya memberi reputasi
Jadi ini sudah melegenda, hmm ane baru tauu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 6 lainnya memberi reputasi
Ternyata ada samurai hitam dari Afrika baru tahu ane bang

Nice info bang emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 5 lainnya memberi reputasi
jadi inget film the last samurai- nya tom cruise. kostumnya kek gitu ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Keren, sayang aku paham detil. Ingetnya cuma Mushasi, si pengembara ama Samuarai X sedikit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ndutsetiawan
Nyimak Gan. Harus serius nih bacanya. Soalnya cerita dari negeri sakura ini belibet euy.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Bingung nih, menulis namanya susah banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
bahasanya berat, ane baca dulu gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
namanya aja susah, kudu pelan pelan bacanya biar paham....
BTW thanks infonya agan TSemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Cerita tentang samurai selalu menarik..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
wah si samurai item neh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Awas kena sabet gan emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gimana dengan batosai sang pembantai legendaris?? atau lebih tua lagi ada musashi dan kojiro ? duo pedang terbaik japan emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
mantep bener ni trid emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan kakekane.cell memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di