KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ternyata Iklan Internet Dapat Menyampaikan Informasi Secara Diam-Diam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da8a66697751320c51fc9c3/ternyata-iklan-internet-dapat-menyampaikan-informasi-secara-diam-diam

Ternyata Iklan Internet Dapat Menyampaikan Informasi Secara Diam-Diam

Quote:
Ternyata Iklan Internet Dapat Menyampaikan Informasi Secara Diam-DiamAgan sista pasti sudah pernah melihat iklan-iklan bertarget di browser ataupun aplikasi lain yang agan sista gunakan. Mungkin saja hal itu karena agan sista habis melakukan pencarian terhadap barang-barang tertentu di browser ataupun di toko-toko online. Dan hal seperti itu sepertinya sudah biasa.

Tetapi saya punya cerita yang sedikit membuat merinding terkait iklan yang muncul di smartphone yang kita gunakan. Dimana sekitar 1 bulan yang lalu teman lama saya tiba-tiba berkunjung ke rumah saya. Bukan karena mau pinjam uang, tetapi memang niatnya mau berkunjung karena kangen katanya. Dan di dalam percakapan yang cukup panjang kami sempat membahas tentang sebuah smartphone. Lebih tepatnya smartphone gaming.

Quote:

Ya bukannya kami mau beli sih, hanya saja mau ngomongin saja.
Dan apa yang terjadi pada ke-esokkan harinya...???
Pada saat saya pertama kali membuka handphone saya, ternyata iklan pertama yang muncul adalah iklan yang terkait smartphone gaming. Pada awalnya sih saya biasa saja. Mungkin cuma hanya kebetulan saja. Akan tetapi pada hari selanjutnya, saya lagi terkena musibah. Dimana tiba-tiba tangan saya tidak sengaja menyenggol sebuah DVD Player yang ada di atas meja.

Quote:

Alhasil DVD itu pun jatuh dan hampir mengenai kaki saya. Kabar baiknya kaki saya tidak kenapa-kenapa karena cuma tergores sedikit. Tapi kabar buruknya DVD-nya yang hancur. Dan hal aneh terjadi kembali ke-esokan harinya. Dimana pada saat saya pertama kali membuka handphone saya, maka lagi-lagi iklan yang pertama muncul bukan iklan kaki palsu tapi iklan sebuah pemutar DVD. Padahal saya belum pernah melakukan pencarian terkait DVD player. Saya juga tidak pernah membuat postingan-postingan alay terkait DVD player saya yang jatuh. Dan saya juga belum sempat memberi tahu pacar saya via WhatsApp terkait insiden ini (ya karena memang saya tidak punya pacar alias jomblo). Dan yang pada akhirnya iklan-iklan yang muncul tersebut harus memaksa saya untuk membeli DVD player di salah satu jual beli online.

Quote:

Dan saya pun mulai sedikit curiga. Jangan-jangan ada yang menghack kehidupan saya. Atau saya sudah dimata-matai sama anggota FBI. Dan mungkin agan sista juga pasti sudah mulai bertanya-tanya bukan. Sebenarnya apa yang terjadi dan bagaimana sih iklan yang ada di Smartphone kita bekerja. Dan mungkin saya punya sedikit jawabannya untuk agan sista semua. Dari pada agan sista mencari tahu sendiri dan tidak ketemu-ketemu, nanti malah tambah pusing. Mendingan langsung simak saja thread ini.

Ternyata Iklan Internet Dapat Menyampaikan Informasi Secara Diam-Diam

Jadi begini, secara tidak langsung sebuah pengiklan atau yang biasa disebut dengan advertiser selalu membuntutti kita kemana-mana. Misalkan saja kita sedang melewati sebuah bank, maka kemungkinan besar agan sista akan mendapatkan iklan terkait bank tersebut. Hal itu bisa terjadi karena sebuah perusahaan memasang router WiFi khusus di Kantor mereka yang memiliki rentang operasi yang sangat luas. Ketika agan sista sedang sibuk chattingan sama pacar, maka ponsel agan sista juga sibuk memindai jaringan di sekitar dan mengirim sinyal ke setiap titik koneksi yang memungkinkan. Akan tetapi metode penargetan iklan seperti ini hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar karena biayanya yang cukup mahal

Quote:

Pada skala yang lebih luas, sebuah advertiser menggunakan tag pada peta untuk menargetkan iklan di Smartphone agan sista. Jadi ketika agan sista berada di titik tertentu, maka iklan tertentu pula yang akan muncul. Apalagi kalau agan sista menggunakan WiFi umum. Tentu saja akan semakin mudah sebuah pengiklan untuk melacak keberadaan agan sista. Dan yang harus paling agan sista waspadai adalah aplikasi-aplikasi yang terinstal di handphone agan sista. Terutama aplikasi-aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter dan WhatsApp.

Quote:

Biasanya pada saat pertama kali agan sista menginstal sebuah aplikasi, maka agan sista akan dimintai beberapa perizinan seperti lokasi, kamera ataupun mikrofon (ya masuk akal juga sih. Kalau tidak aktifin perizinan microphone, bagaimana bisa video call-an sama pacar. Masa mau pakai bahasa isyarat hehehehe). Tapi dengan memberikan perizinan microphone untuk aplikasi tertentu, maka secara otomatis agan sista akan membiarkan aplikasi tersebut mendengarkan percakapan agan sista meskipun sedang tidak agan sista gunakan.

Quote:

Seorang influencer bernama Sam Nichols menulis sebuah artikel yang membahas tentang hal yang sama terkait aplikasi-aplikasi yang ada di sebuah smartphone. Bahkan dia juga melakukan eksperimen dengan berbicara sendiri bersama ponselnya seperti orang gila dengan mengatakan kalimat-kalimat random seperti, saya butuh pacar atau saya butuh pembalut. Dan ya yang seperti agan sista pikirkan, ke-esokkan harinya iklan pembalutlah yang muncul.

Quote:

Dan sekarang masuk akal. Kasus iklan smartphone gaming dan DVD player yang secara misterius muncul di handphone saya kemarin itu adalah ulah dari handphone saya sendiri. Merekam diam-diam percakapan saya dan mengirimkannya ke pihak pengiklan. Tapi tenang saja gansis. Meskipun agan sista dimata-matai, tapi informasi yang dikirimkan ke pihak pengiklan di anonimkan. Jadi tidak bisa dilacak kembali.

Jika agan sista ingin sedikit terhindar dari iklan yang agan sista anggap mengganggu, sebenarnya cukup mudah. Agan sista cukup menggunakan aplikasi VPN. Dengan begitu lokasi agan sista akan disembunyikan. Atau mungkin agan sista bisa menggunakan aplikasi pemblokir iklan lainnya yang ada di Google Play Store. Ya meskipun tidak semua iklan bisa hilang, tapi setidaknya sudah mulai berkurang. Atau bisa juga dengan menggunakan cara yang lebih ekstrem. Yaitu dengan mematikan paket data agan sista. Sayangnya cara ini memiliki kelemahan. Selain iklan, pesan gebetan juga tidak bisa masuk sehingga harus menggunakan SMS manual.

Nah itu dia gansis penjelasan dari hal misterius yang mungkin selama ini selalu mengganggu pikiran agan sista tentang bagaimana sebuah iklan bertarget bisa tiba-tiba muncul di smartphone yang agan sista gunakan. Padahal agan sista tidak pernah melakukan pencarian terkait iklan-iklan tersebut. Semoga informasinya bermanfaat. Terimakasih.

●●●●●●●●●●

Ternyata Iklan Internet Dapat Menyampaikan Informasi Secara Diam-Diam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 18 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
Hahahaha jaman sekarang emanh sepertinya kita dipantau sama google, jangankan ngomong, baru mikirin aja tiba-tiba iklannya lewat wkwkw
Lihat 1 balasan
Quote:


hahahhaha.... hidup penuh dengan kaca mata pengintai... eh mau malam pertama jadi takut krn pantauanemoticon-Leh Uga
makin maju ya
emng hp apa sih bro yg kamu pake? dan iklan nya muncul di mna, kalo sya sih biasanya nyari barang di salah satu onlen shop, iklannya munculnya di facebook, kalo kejadian kaya agan blum pernah sih, ntar saya coba juga gitu ngomong sama hangpong
Kalo ane wik wik trus bersuara oh yes oh no kira kira besoknya dapat iklan apa ya emoticon-Malu
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
Diubah oleh m.ramdhani1981
pernh denger kospirasi klo google mendengar obrolan kita?? hingga atur iklan apa aja yg bakal muncul??
Katanya google gak menjual informasi kepada pihak ketiga? emoticon-Bingung (S)
Paling malas liat iklan oppo yg gencar
profile-picture
profile-picture
robot13kotak dan deepzt memberi reputasi
Hihihi apa apa jadi ketauan emoticon-Takut (S)
ternyata oh ternyata emoticon-Goyang
Quote:


Iya gan emoticon-Goyangemoticon-Goyang
Ane risih sekaligs takut gan. Apalagi iklan IG, gerceo anjir. Ane sama pacar lagi ngobrolin aromaterapi, muncul dah tuh iklan. Kalau karena omongannya di WA mah amyah ane paham (ga mau juga sih, masa percakapan ane dimata-matain).

Temen ane lagi ngobrolin buah2an sama anaknya, offline, ga pake HP, eh muncul dah tuh iklan2 toko buah.

Ga ada privasi apa yah di dunia ini?
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
Ane Mah nyimak Mengapa?
Sering internet sama saja sering mempublikasikan privasi kita Mengapa mau ngirim kan harus data internet coba dimatikan Aman deh :v
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
DuckDuckGo emoticon-2 Jempol
profile-picture
MirrorBoy memberi reputasi
Quote:


itulah gunanya adsblock, tp diranah klo buka situs ++ dan adblock nyala gabisa striming emoticon-Leh Uga
profile-picture
Mr.Poocy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post kreator.9.ES
Quote:


Enak dipake untuk nyari bokep emoticon-Betty
Quote:


Setuju,malah cenderung jijik ane gan
Setiap scroll HT kalo ga oddo ya pipo,astagaaaa
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
Ngeri amat gan emoticon-Takut

Ternyata Iklan Internet Dapat Menyampaikan Informasi Secara Diam-Diam
Diubah oleh margie.trublu
Dari dulu ane udah ngerasa sih ini, ternyata bener emoticon-Takut (S)
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di