CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mitos Halloween dan Berita Bohong (Hoax) Yang Berbahaya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da6759265b24d1570036659/mitos-halloween-dan-berita-bohong-hoax-yang-berbahaya

Mitos Halloween dan Berita Bohong (Hoax) Yang Berbahaya

Mitos Halloween dan Berita Bohong (Hoax) Yang Berbahaya

Quote:


Begitulah bahayanya berita bohong (hoax), bayangkan pada masa 1960/1970-an dimana informasi tidak semudah sekarang persebarannya. Tapi efek-nya begitu luas dan bertahun-tahun masih terasa dampaknya, bahkan sampai sekarang.

Miris sekali ketika membaca berita seseorang menjadi korban karena berita hoax. 
Misalnya yang terjadi di India, dimana seorang pemuda di kroyok oleh massa tak kurang dari 2000 orang hingga meninggal. Begitu juga di Banten, dimana terjadi 6 kasus orang dengan gangguan jiwa dikroyok, kemudian juga di pantura dimana salah satu korbannya adalah seorang perempuan paruh baya.

Mitos Halloween dan Berita Bohong (Hoax) Yang Berbahaya
sumber gambar: https://www.jabarprov.go.id/En/index.php/news/4339/Anti_Hoax_Campaign_at_72nd_Anniversary_of_West_Java

Oleh karena itu, jangan pernah menyebarkan berita palsu atau berita bohong aka hoax. Selalu kritis saat membaca berita dan tidak langsung di telan mentah-mentah. Apalagi langsung di share. Cukup berhenti di kita.

Tapi, kalau thread ini boleh di share!  emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Referensi:
1. Made to Stick, Penulis: Chip Heath & Dan Heath
2. Poisoned candy myths, Wikipedia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dumpsys
Oo bisa sampai kayak gitu ya gan.
Ane setuju, harus lebih kritis dan hati-hati saat membaca berita. apalagi saat akan membagikannya di sosial media.
sama kaya hoax di perosotan waterboom ada yang naruh silet katanya. parah sih itu bikin takut orang tua aja.
di jin dan jun dulu bukannya ada permen dikasi heroin gan, supaya hati2 kita buat nerima permen dari yang ga dikenal? haha
Yang paling sedihnya gan, biasanya keluarga sendiri yang sering nyebarin berita hoax.
Apa mungkin gara2 terbiasa dengan sumber berita berasal dari media2 "yang dapat dipercaya" seperti koran dan tv ya, jadi kurang kritis ama hoax ??
emoticon-Bingung emoticon-Bingung
ah syukurlah kalau cuma berita hoax,ternyata hoaxnya di mulai dan disebarkan sama orang-orang yang mau nutupi kepergian anak-anak di hari Halloween dengan cara hoax ya padahal di jaman dulu banget.
tapi tetep harus hati-hati sih,apalagi urusannya ama anak yaaa walaupun emang kita engga ngerayain Halloween. tapi hati-hati aja ngejaga anak
profile-picture
dumpsys memberi reputasi
Quote:

emoticon-Shakehand2

Quote:

wah ane malah baru dengar hoax waterboom itu gan emoticon-Takut

wah jin dan jun, sinetron jadul itu ya gan? emoticon-sudahkuduga

Quote:


nah ini bener gan, ane kadang sampai khawatir dimusuhi karena berusaha meluruskan hoax yang tersebar di group WA keluarga emoticon-Sorry
tapi mungkin memang benar itu salah satu faktornya, jadi terbawa juga bahwa semua yang di internet adalah benar/terpercaya. emoticon-Turut Berduka

Quote:


Bener gan tetap harus berhati-hati emoticon-Shakehand2
profile-picture
Sianasena12 memberi reputasi
Sorry , Ga ngerayain hallowen haha
profile-picture
dumpsys memberi reputasi
Check recheck & check again
profile-picture
dumpsys memberi reputasi
hmm hoax emang bahaya
Quote:


Sama gan emoticon-Goyang
wah wah wah

bgtu yah breeee emoticon-Wagelaseh
di Indonesia ga gitu rame kayaknya, ga kayak hari pelenten
bohong itu dusta
Quote:

Kok bs sama yah
Quote:


Entah apa yang merasukimu
Di mana-mana hoax memang merajalela emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
macanmenoreh dan YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Waduh..
Kalau ngak nge hoax si Jonru Ginting, Hanum Rais, kampret, venom, gip dkk ngak bisa makan..
Jadi gimana donk..

Masak mereka di suruh coli? Kan kasian ntar di tinggal bini2nya..
Eh tp bs ngak coli ding.. msh ada si ahyan drunktod
Quote:


emoticon-sudahkuduga

Quote:

emoticon-Siap Gan

Quote:

Benar gan emoticon-Takut

Quote:


Begitulah bre emoticon-Jempol

Quote:

Bener gan, apalagi ini sebenarnya acara buat anak-anak emoticon-Malu

Quote:

emoticon-Jempol
Quote:

emoticon-Turut Berduka

Quote:
jangan menyebar maupun percaya informasi hoax emoticon-Sundul


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di