Kaskus

News

kitamodaAvatar border
TS
kitamoda
WARALABA BAKSO "SURPRISE" tidak menjual dan TIDAK PROFESIONAL
Hai Agan-agan,

ini postingan yang tepat untuk Agan yang sedang bingung memilih franchise bakso. salah satunya waralaba bakso 'surprise' (*****).
Saya ingin membagikan pengalaman saya seputar joinan produk franchise ini agar pengalaman ini menjadi pelajaran kepada agan-agan untuk berhati-hati dalam memilih franchise bakso

saya sarankan untuk mempertimbangkan masak-masak apa yang share disini:
1. cari tau lebih banyak di internet dan kunjungi tempat-tempat bakso yang sudah bergabung dan tanyakan pendapat mereka.
2. survei dan pantau beberapa hari untuk hari-hari biasa 
3. jangan terburu-buru mengambil keputusan karena diiming-imingi harganya diskon sampai hari ini saja, besok-besok belum tentu harganya segitu. (PLEASE DON'T)
4. bakso 'surprise' ini banyak di kota-kota lain dibilangnya banyak sekian-sekian tapi nyatanya  di JAKARTA tidak ada yang benar-benar bertahan malah kalah sama bakso solo dan wonogiri
5. jangan terburu-buru inti semuanya, SELOW AJA sambil terus mencari dan menggali informasi sebanyak-banyaknya.
6. kalau sudah terlanjur basah, SELALU SIMPAN BUKTI DAN PERCAKAPAN dengan pihak mereka agar suatu saat bisa dituntut atau minimal share pengalaman buruk

awalnya saya browsing franchise bakso ini karena harganya tidak terlalu mahal dan promosinya bagus. ada di beberapa media online yang lumayan terkenal. keluarlah link mereka dan saya tertarik dan akhirnya kontak. Yang sangat saya sesalkan adalah mengambil keputusan terlalu terburu-buru tanpa banyak memantau tempat bakso lain. saya survei ke 2 lokasi (1 tutup dan 1 lagi sepi). Masih berpikir positif pula bahwa produk ini bisa jalan ditempat saya karena orang-orang middle low targetnya dekat perumahan dan sekolah ditambah ada 1 respon positif dari penjual yang tempatnya saya survei, baksonya sehat, enak dan unik. 

Franchise ini memberikan tawaran yang menggiurkan ke saya, beli 1 dapat 3 franchise. Akhirnya setelah tawar menawar saya berminat dan transfer 17.5 juta. Peralatan dan media promosi dibantu seperti brosur, spanduk dll serta disupport 50% untuk menarik minat pembeli diawal buka. saya bergabung agustus 2018 dan memutuskan mengakhiri agustus 2019 karena saya tidak mau jualan bakso 'surprise' ini lagi.

intinya saya kecewa dengan pemilik franchise dengan jawaban-jawaban yang tidak profesional dan tidak mau berbenah dalam menangani keluhan dari saya sebagai pembeli franchise.

1. Dandang Bakso 40cm baru dipakai 1 minggu sudah bocor kecil-kecil dan menurut tukang yang perbaiki stainless, kualitas stainlessnya sangat tipis. kalau dibilang pemakaian berlebihan, pengunjung yang datang itu masih sedikit dan masak kuahnya hanya 1/4 - 1/2. hanya kurang lebih seminggu pemakaian.

sewaktu dikomplain, dijawab. itu panci dari pabrik dan bukan kesalahan kami. Maunya salahkan orang lain dan tidak mau keluar kantong istilahnya. sudah masuk ga mau keluar lagi. saya juga tahu dandang itu dari pabrik tapi sebagai pemilik franchise apa caranya begitu menangani permasalahan ? dan apakah kita beli franchise dapat barang murahan dan pemilik tidak memperhatikan kualitas barang ? 
Setelah panjang lebar saya chat wa dan pakai ngotot pula untuk minta ganti biaya perbaikan baru akhirnya diganti apalagi saya minta ganti baru. apakah kira-kira dipenuhi ? sampai dunia berbalik juga sepertinya tidak. 

2.  Rasa bakso 'imut' dan bakso ''surprise" bisa beda kualitas, awal saya beli warnanya agak gelap dan masih ada rasa sapinya. pesen kedua kali baksonya rasanya seperti bakso ayam. pembeli banyak yang tanya ini bakso ayam atau sapi karena warnanya lebih putih dan dimakan rasanya banyak tepung. Jadi saya tidak sarankan kalau agan mau utamakan rasa. walaupun murah tapi kualitas tidak mendukung.

3. Karena saya mau ambil peralatan yang belum saya ambil untuk 2 franchise, saya cek histori chat saya waktu deal. Ternyata kalau tidak hati-hati dan sangat detil, bisa tidak diberikan sesuai dengan perbincangan awal pada saat kita mau beli franchise. sudah dikasih banyak bakso cabe dan bakso lainnya diberikan kurang. Setelah diberikan bukti chat percakapan dulu baru dikasih sisa kurangnya.


WARALABA BAKSO "SURPRISE" tidak menjual dan TIDAK PROFESIONAL

4. Selama bergabung dengan franchise ini tidak pernah ditanya / di follow up, bagaimana penjualan kita, ada kendala atau tidak. jadi seperti tidak ada hubungan apa-apa seperti penjual dan pembeli biasa. Setelah beli ya sudah lepas tangan. Tidak peduli apakah kita bisa bertahan atau tidak. 

5.  respon sangat lambat dan seperti menunda-nunda kalau kita banyak komplain mungkin dianya malas dan enggan jadi tidak dibaca dan direspon lama.  tgl 18 september 2019 - 2 oktober 2019. padahal saya sudah infokan dari bulan juni 2019 mau diambil. Cara menangani komplain sangat tidak profesional

WARALABA BAKSO "SURPRISE" tidak menjual dan TIDAK PROFESIONAL


WARALABA BAKSO "SURPRISE" tidak menjual dan TIDAK PROFESIONAL



WARALABA BAKSO "SURPRISE" tidak menjual dan TIDAK PROFESIONAL

WARALABA BAKSO "SURPRISE" tidak menjual dan TIDAK PROFESIONAL

6. Pesanan saya yang terakhir tidak sesuai dengan yang saya minta. Emang penjual selalu maha benar. Jawaban ini menurut saya fix sangat tidak profesional dan berbohong dari pemiliknya apalagi sekelas bakso 'surprise' yang punya banyak cabang. ckckc tambah menyesal bergabung dengan mereka. setelah diberikan bukti invoice, berdalih dengan bilang produk kita sudah banyak update.  pertanyaannya waktu saya tuliskan pesanan saos teriyaki kenapa tidak ditanya atau dikonfirmasi mau yang pedas atau yang tidak dan  langsung dikirim yang pedas ? apa karena yang pedas tidak laku jadi dioper kemari ??? . sudah salah banyak berkelit dan malah menuduh balik

setelah debat panjang lebar akhirnya saya minta refund daripada harus menanggung ongkos kirim 2x. Sungguh disesalkan kenapa harus berbohong dan berdalih.


WARALABA BAKSO "SURPRISE" tidak menjual dan TIDAK PROFESIONAL
WARALABA BAKSO "SURPRISE" tidak menjual dan TIDAK PROFESIONAL

silakan agan-agan lihat sendiri disini bagaimana cara yang baik merespon keluhan dan komplainan pembeli. 

WARALABA BAKSO "SURPRISE" tidak menjual dan TIDAK PROFESIONAL


WARALABA BAKSO "SURPRISE" tidak menjual dan TIDAK PROFESIONAL

WARALABA BAKSO "SURPRISE" tidak menjual dan TIDAK PROFESIONAL

WARALABA BAKSO "SURPRISE" tidak menjual dan TIDAK PROFESIONAL

WARALABA BAKSO "SURPRISE" tidak menjual dan TIDAK PROFESIONAL

Dengan kejadian ini, saya kumpulkan bukti chat dan invoice untuk dibaca oleh agan-agan yang mungkin bingung mencari franchise untuk usaha. Jika postingan ini berguna buat agan silakan share ke rekan-rekan lain agar mereka bernasib tidak sama seperti saya. Sudah rugi dan dapat layanan yang tidak baik


Terima Kasih,

[removed]void(0);

Eka
Diubah oleh kitamoda 14-10-2019 14:43
muselimahAvatar border
muselimah memberi reputasi
1
688
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan