dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Mengenal Fenomena Alam HABs (Harmful Algae Blooms) Yang Sangat Beracun dan Mematikan


Alga atau ganggang merupakan organisme penting dalam suatu perairan. Alga berfungsi sebagai produsen primer di perairan yang mana berfungsi sebagai penyedia makanan utama dalam jaring-jaring makanan. Alga yang mikroskopis sering juga dikenal dengan nama lain fitoplankton yang menjadi makanan untuk zooplankton.

Alga terdiri dari 2 jenis yaitu makroalga dan mikroalga. Makroalga yakni jenis alga berukuran besar yang bisa dilihat dengan mata telanjang sedangkan mikroalga yakni jenis alga berukuran kecil yang tiap-tiap individualnya hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop. Makroalga lebih banyak pemanfaatannya dibanding mikroalga didalam kehidupam manusia seperti pembuatan agar-agar, makanan, kosmetik, dll.

Diantara kedua jenis alga tersebut ternyata mikroalga lah yang memiliki dampak sangat merugikan bila diperairan jumlahnya berlebih. Mikroalga dalam jumlah besar bisa memicu terjadinya fenomena HABs (Harmful Alga Blooms) yang dapat mematikan sekumpulan ikan dan biota lainnya dengan seketika.

Penasaran apa itu HABs, yuk check thread berikut!



HABs Menyebabkan Kematian Ribuan Biota Laut Hanya Dalam Waktu Singkat


Apa itu HABs?
HABs adalah singkatan dari Harmful Algae Blooms yang merupakan fenomena alam meledaknya populasi mikroalga dalam jumlah yang sangat besar. Populasi mikroalga tersebut kemudian meracuni biota perairan dan menghabiskan kadar oksigen di perairan. Sehingga dengan sekejap seluruh biota yang berada dikolom perairan akan mati karena keracunan dan kehabisan oksigen. Sebenarnya bukan sekedar beracun yang menyebabkan ikan-ikan mati tetapi populasi mikroalga yang telah mati tersebut akan turun kedasar perairan dan didekomposisi oleh bakteri. Karena banyaknya jumlah mikroalga yang harus didekomposisi akhirnya bakteri pengurai menghabiskan kadar oksigen dalam perairan menyebabkan kondisi anoksik (kadar oksigen rendah atau bahkan tidak ada).


Kenapa Bisa Terjadi HABs?
HABs terjadi dikarenakan melimpahnya suplai nutrient di perairan, akibatnya populasi mikroalga/fitoplankton meningkat dengan drastis. Dalam fenomena HABs ini, jenis mikroalga beracun yang populasinya meledak. Sehingga menekan populasi mikroalga jenis lainnya dan akhirnya mendominasi perairan. HABs sering terjadi di perairan yang dekat dengan daerah pertanian, daerah industri, dan daerah dengan aktivitas lain yang menghasilkan limbah organik ke perairan.



Daerah yang mengalami HABs ditandai dengan warna air yang berubah menjadi hijau ataupun merah tergantung jenis mikroalga yang mendominasi


Apa Saja Dampak Yang Dihasilkan HABs?
Quote:


Quote:


Quote:


Lalu Bagaimana Cara Mencegahnya?
Sejauh ini tindakan yang paling baik dilakukan untuk mengatasi terjadinya HABs yakni dengan pencegahan. Pencegahan terjadinya HABs dilakukan dengan cara memantau perairan, apakah ada runoff nutrien yang berlebih dari daratan. Biasanya runoff nutrien berlebih ke perairan disebabkan oleh pertanian, peternakan, budidaya, dan industri yang berada di pesisir. Keempat kegiatan tersebut seringkali tidak mengelola limbahnya dengan baik dan langsung membuangnya ke perairan. Oleh sebab itu perlu dilakukan serangkaian penelitian di sana untuk menguji kualitas air di perairan yang berdekatan dengan kegiatan-kegiatan tersebut. Bila terbukti jumlah nutrien melebihi ambang batas maka perlu diajukan gugatan apakah IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah) yang didirikan disana sudah sesuai atau apakah kegiatan-kegiatan usaha disana sudah memiliki AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan)? — Pencegahannya perlu melibatkan berbagai macam pihak.


Wah rupanya ada lagi satu fenomena alam yang mematikan dan sungguh merugikan. Kalau begini kasihan juga para pembudidaya ikan bila usahanya raib karena HABs. Jadi, penting nih buat kita supaya tidak sembarangan membuang limbah organik seperti kotoran hewan ataupun limbah-limbah lainnya yang memiliki kandungan nitrat, fosfat, ferum, serta silika ke laut karena akan memicu blooming alga yang mematikan ini.


Sumber : Disini
Sumber gambar : Google.com
Diubah oleh dompetjadipeci 10-10-2019 11:01
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 9 lainnya memberi reputasi
10
6.5K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan