alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ciri Ciri Negara Maju dan Daftar Terbaru Negara Maju Yang ada di Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9ddadeb840887b4547a657/ciri-ciri-negara-maju-dan-daftar-terbaru-negara-maju-yang-ada-di-dunia

Ciri Ciri Negara Maju dan Daftar Terbaru Negara Maju Yang ada di Dunia

PENGERTIAN NEGARA MAJU

Dunia ini terdiri dari beragam negara yang memiliki kultur budaya dan bahasanya masing-masing. Dari segi ekonomi dan sosial pun, negara-negara di dunia memiliki keanekaragaman yang membuat masing-masing menjadi sebuah negara yang unik.

Pada dasarnya pembagian suatu negara dapat digolongkan menjadi 3 kategori yaitu negara terbelakang, negara berkembang dan negara maju.

Untuk mengetahui dengan pasti apakah suatu negara masuk kategori negara terbelakang, negara berkembang atau negara maju tidaklah mudah. Dibutuhkan banyak syarat atau indikator yang mungkin tidak dapat dipenuhi oleh suatu negara.

Oleh karena itu, suatu negara kaya belum tentu menjadi negara maju, karena ada beberapa syarat yang tidak dapat dipenuhi, seperti kemajuan di bidang ekonomi, teknologi dan kondisi sosial politik.

Negara maju merupakan istilah khusus yang disematkan kepada negara yang menikmati standar hidup relatif tinggi di sektor teknologi serta memiliki ekonomi yang merata. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa negara maju adalah suatu negara yang rakyatnya mempunyai kualitas hidup dan kesejahteraan tingkat tinggi.

Biasanya negara yang memiliki Pendapatan Nasional Bruto (PNB) perkapita tinggi dianggap sebagai negara maju. Negara maju memiliki angka pertumbuhan penduduk yang relatif rendah.

Tingkat kematian bayi pun sangat rendah, hal ini disebabkan oleh kemajuan dalam bidang kedokteran. Angka usia harapan hidup biasanya tinggi dan diimbangi dengan angka ketergantungan lansia terhadap anaknya yang rendah.

Sebagian besar penduduk di negara maju dapat membaca dan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Satu faktor yang menyebabkan majunya pembangunan sosial di negara maju adalah jaminan sosial yang melindungi dari resiko kehilangan pendapatan seperti kecelakaan kerja, cacat, sakit, hamil, pengangguran, dan masa tua. Bahkan, hampir setengah dari PNB digunakan untuk membiayai berbagai pelayanan sosial dan kesehatan.


CIRI-CIRI NEGARA MAJU


1. Angka Pengangguran Rendah

Salah satu ciri-ciri negara maju adalah rendahnya tingkat pengangguran di negara tersebut. Tingkat pengangguran yang rendah adalah ciri-ciri negara maju yang paling spesifik. Perekonomian suatu negara tidak akan bisa berjalan secara maksimal jika lapangan kerja dan jumlah wirausaha masih terhitung rendah.

Satu-satunya jenis pengangguran yang umumnya ada di negara maju adalah pengangguran friksional.

Pengangguran friksional terjadi dikarenakan adanya peralihan tenaga kerja dari satu pekerjaan ke lainnya. Para pengagguran di negara maju biasanya justru mendapatkan jaminan sosial dari pemerintah. Meskipun begitu, jaminan ini tidak mereka jadikan sebagai sebuah sarana untuk bermalas-malasan. Mayoritas warga di negara maju akan merasa malu jika mendapatkan jaminan ini, sehingga mereka akan berusaha sekuat mungkin untuk segera mendapatkan pekerjaan baru.


2. Pendapatan Per Kapita Tinggi

Pendapatan per kapita umumnya menjadi tolak ukur yang digunakan untuk menilai tingkat kemajuan sebuah negara. Sektor pendapatan per kapita dapat menunjukkan berapa pendapatan yang berhasil dicapai oleh rata-rata penduduk selama setahun di negara maju. Berdasarkan data dari Bank Dunia, negara maju harus memilki kriteria pendapatan per kapita di atas 10,726 US Dollar per tahun.


3. Laju Pertumbuhan Hidup Rendah

Angka kelahiran merupakan salah satu faktor pendukung untuk menilai apakah sebuah negara dapat dikatakan sebagai negara maju. Negara maju umumnya memiliki tingkat pertumbuhan hidup yang rendah, yakni di bawah 1 persen pertumbuhan penduduk per tahun. Rendahnya tingkat pertumbuhan penduduk ini didukung oleh tingginya tingkat kesadaran tentang keluarga berencana, penundaan usia nikah dan kemajuan teknologi fasilitas kesehatan.


4. Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Semakin Cepat Dan Pesat

Di negara maju, para ilmuwan didukung oleh pemerintah dengan memberikan berbagai fasilitas terbaik guna menunjang proses observasi yang mereka lakukan. Fasilitas laboratorium yang lengkap dan gaji berstandar tinggi merupakan salah satu penunjang semangat bagi para ilmuwan yang membuat mereka bisa melakukan inovasi dengan baik. Observasi dan inovasi para ilmuwan pun tidak hanya berhenti pada titik laporan atau presentasi saja, namun hasil dari inovasi tersebut akan diaplikasikan di berbagai bidang, seperti militer, kedokteran, produksi, pengembangan ilmu pengetahuan bahkan teknologi ruang angkasa.


5. Industri Dan Jasa Menjadi Sektor Perekonomian Utama

Industri di negara maju rata-rata memproduksi suatu barang yang bernilai jual tinggi, seperti pesawat terbang, mobil, elektronik hingga alat-alat berat lainnya. Sementara itu, profesi yang banyak digeluti oleh masyarakat di bidang jasa antara lain pendidikan, hiburan, konsultan dan jasa keuangan.


6. Menghargai Waktu Dan Kesetaraan Gender Dijunjung Tinggi

Disiplin, jujur, bertanggung jawab serta profesional dalam menyelesaikan pekerjaan merupakan sekelumit sikap positif yang ada di dalam masyarakat negara maju. Dengan adanya sikap tersebut, mayoritas warga di negara maju dapat mengoptimalkan sumber daya secara maksimal dalam menjalankan pembangunan.


7. Sistem Pendidikan Yang Baik

Seluruh penduduk di negara maju rata-rata sudah melek huruf alias bisa membaca dan menulis dengan lancar. Pemerintah di negara maju memberikan jaminan berupa pendidikan dasar kepada seluruh rakyatnya. Umumnya pendidikan di negara maju memiliki fasilitas lengkap serta ruang belajar yang nyaman di kelasnya. Tak heran jika kecakapan sosial dan kemandirian peserta didik dalam mengembangkan potensinya merupakan salah satu sistem pendidikan sering digunakan di negara maju.


DAFTAR NEGARA MAJU DI DUNIA


A. Daftar Negara Maju Di Benua Eropa

Austria
Belgia
Denmark
Estonia
Finlandia
Perancis
Jerman
Republik Ceko
Yunani
Irlandia
Italia
Luxemburg
Belanda
Portugal
Rusia
Spanyol
Swedia
Britania Raya (Inggris)
Andorra
Hongaria
Islandia
Liechtenstein
Monako
Malta
Norwegia
San Marino
Slovenia
Swiss
Siprus
Vatikan


B. Daftar Negara Maju di Benua Afrika


Tidak ada satupun negara maju di benua Afrika. Dahulu negara Libya merupakan negara maju namun setelah ada gejolak politik disana maka negara Libya tidak dimasukan lagi dalam daftar negara maju.


C. Daftar Negara Maju di Benua Amerika


Kanada
Amerika Serikat


D. Daftar Negara Maju di Benua Asia


Jepang
Singapura
Hong Kong
Korea Selatan
Israel
Taiwan


E. Daftar Negara Maju di Benua Australia dan Oceania


Australia
Selandia Baru

ciputrauceo.net/6/20/i4umi9vitxnlywbzmxytbbj5q2ue2x

Mengapa indonesia tidak masuk ya om emoticon-Mewek apa sih penyebabnya sehingga Indonesia tidak masuk menjadi negara maju

profile-picture
profile-picture
profile-picture
irma.kawai dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
I..srael. gw kira indo. fffff...
selama onta cosplay masih suka reuni maka susah untuk majuemoticon-Leh Uga
profile-picture
mutembeketombe memberi reputasi
Kilapah solusinya biar maju dan damai. emoticon-Salaman




emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SpiritOfZoro dan 2 lainnya memberi reputasi
Agama gan TS... di Indo banyak orang yang mabok agama akut..

agama nya sih bagus.. tapi kalo berlebihan jadi radikal. otaknya gak dipake... mana bisa negara jadi maju kalo gitu
profile-picture
mutembeketombe memberi reputasi
1. rasnya maupun otaknya emang beda
2 kulturnya jg beda
3. gak ada yg macem begini, teriak kopar kapir di jalanan :

Ciri Ciri Negara Maju dan Daftar Terbaru Negara Maju Yang ada di Dunia
profile-picture
soljin7 memberi reputasi
Cina memang masih negara tertinggal
profile-picture
soljin7 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Libya negara ampir aja maju.. diobok2.. habis deh..
knapa di indo g maju ??

menurur ana...
kalau indo mau maju.

pertama yg harus di lakukan yaitu kurikulum pendidikan indonesia harus di rombak..
pendidikan yg bagus akan diikuti oleh kesadaran masyarakat akan KB, kebersihan, peningkatan kualitas sdm dll....

pengangguran di indo banyak bukan karna kekurangan lapangan pekerjaan aja sbenarnya..
faktor lainnya karna banyak penganggutan di indo tidak memiliki keahlian...

eente tanya pengangguran kenap nganggur ?? pasti jawabannya cari kerja susah..

tp kalau ente tanya ke perusahaan. apakah tenaga kerjanya sudah cukup ??
rata2 jawabannya pasti blm karna nyari karyawan susah......

yang susah disini bukan karna g ada yg ngelamar.. tp karna susahnya nyari sdm yang berkualitas... kualitas dalam arti, memiliki kahlian, jujur, n serius...
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan kyaimaarufamin memberi reputasi
Quote:


mungkin g masuk karna laju pertumbuhan hidupnya masih tinggi (point 3)..
jdi syaratnya g terpenuhi.
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ts nyari gara2 ama cebi2 idiot? pengen dibully rame2? emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan Aparatkaskus memberi reputasi
Negara Macan Asia memang negaranya ras-ras kulit kuning.

Israel mungkin cocoknya masuk Eropa, karena nggak diterima sama tetangga2nya sebagai bagian negara Asia Timur Tengah.

Ras manusia paling pintar di dunia itu dua, ras kulit putih dan ras kulit kuning. Ras yahudi juga pinter tapi sudah nyampur sama ras kulit putih.

Ras kulit kuning paling jago di ilmu-ilmu terapan (elektronik, otomotif).

Ras kulit putih paling jago di ilmu-ilmu teoritis (fisika teori, astronomi, matematika murni)

Ras kulit kuning kurang tertarik mempelajari hal-hal yang tidak ada penerapannya di dunia nyata. Bagi mereka belajar adalah untuk mendapatkan uang dan keuntungan.

Ras kulit putih banyak membuang2 waktu mereka mempelajari hal-hal teoritis yang tidak ada penerapannya di dunia nyata hanya dengan alasan "keingintahuan".
profile-picture
profile-picture
steven.thereds dan soljin7 memberi reputasi
Diubah oleh kampret.stres
Lihat 7 balasan
Revo mental solusinya
Masuk G20 tapi tidak negara maju alias gedhe gombong (seperti giant tapi otaknya kopong)
profile-picture
profile-picture
Edex dan soljin7 memberi reputasi
ah sama tau aja lah gan, pola asuh ortu di Indo, anaknya disuruh sekolah sana-sini, belajar les smp malem, bawa buku berat2, ujung2nya disuruh tes PNS...
mending dari kecil diajari rintis usaha, sekolah ya kuasai matematika, fisika, sm ekonomi aja, kuliah ambil IT aja
Lihat 1 balasan
Balasan post BeritaFlash
Quote:


sekolah-sekolah di jepang, singapura, china, dan korea itu kejam-kejam bre. belajarnya gila-gilaan.

imigran-imigran asian di amerika dianggap pinter-pinter. terutama matematika nya.


negara-negara asia timur lebih memilih working dan learning harder. tapi negara-negara barat lebih memilih working dan learning more efficiently.

makanya sekolah dan kantor-kantor di barat lebih santai-santai.

di jerman orang rata-rata kerja sehari hanya 5 jam senin sampai jumat. tapi selama bekerja mereka tidak disambi chit-chat sehingga lebih efisien kerjanya.

di jepang orang rata-rata bisa kerja 12 jam sehari.
profile-picture
steven.thereds memberi reputasi
Diubah oleh kampret.stres
pendidikan benahi dulu...
semua berasal dari pendidikan.

dari semua negara maju, ga ada pendidikannya yg bermasalah.


Oiya, otak pemerintah = benahi pendidikan = makin padatkan pelajaran

Suram.
profile-picture
obnoxiouspussy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ya karena masih berkembang
Quote:


Klo arab saudi & tetangga2-nya masuk ras apa ?
& tertarik ilmu macam apa ?
Lihat 3 balasan
Balasan post sibuk.nyaleg
Masih negara berkembang karena kesenjangan yg tinggi, tidak merata om
Balasan post leonard21
Bukan cuma itu, tetapi juga karena tingkat korupsi yg sangat tinggi di china, dan yg terutama kesenjangan yg lebar antara sikaya dan simiskin om
profile-picture
soljin7 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di