GenPicoAvatar border
TS
GenPico
Astronot Muslim Ditanya Bagaimana Cara Salat di Luar Angkasa

GenPI.coAstronot asal Uni Emirat Arab Hazzaa al-Mansoori baru saja kembali ke bumi pada Kamis (3/10) dari stasiun luar angkasa (International Space Station). Sebelum mendarat, dia sempat melakukan panggilan video dengan anak-anak dari seluruh Emirat yang berkumpul di Mohammed bin Rashid Space Centre, Dubai. Hazzaa mempersilakan mereka menanyakan apa pun soal misinya itu. Hasilnya? Pertanyaan bagaimana cara salat di antariksa jadi yang terbanyak.


Baca juga : Sambut Hut ke-74 RI, Emirates Beri Tarif Murah ke Luar Negeri

Hazzaa berada ISS selama 8 hari untuk melakukan percobaan terkait persepsi atas waktu dan kondisi tulang di luar angkasa. Dia tersenyum mendengar lontaran pertanyaan anak-anak seputar melaksanakan ibadah di antariksa, mulai dari wudhu hingga kapan waktu salatnya.


Hazzaa lalu menerangkan bahwa dia melakukan salat dengan menghadap ke Bumi dan video mengenai cara dia salat dan berwudhu akan segera dibagikan.

Baca juga : Jokowi Senyum Lebar Sambut Putra Mahkota Uni Emirat Arab

ISS mengelilingi Bumi dalam kecepatan 45.061 kilometer per jam dan dalam 24 jam versi waktu di Bumi, para Astronot di luar angkasa akan bertemu dengan 16 kali matahari terbit dan 16 kali matahari terbenam.
Dengan kata lain, siklus 1 hari di bumi yang berlangsung selama 24 jam di luar angkasa hanya berlangsung selama 90 menit.

Bagaimana cara melakukan salat lima waktu di waktu sesingkat itu tampaknya akan dibahas dalam video yang akan dirilis oleh Muhammad bin Rashid Space Centre. Meski demikian, sebelum terbang ke luar angkasa Hazzaa sempat membekali diri dengan buku panduan salat terbitan departemen agama Uni Emirat Arab.

Reporter : Robby Sunata

Redaktur : Ardini Maharani Dwi Setyarini



kenpachiku
kenpachiku memberi reputasi
1
2.1K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan