darth.tytydAvatar border
TS
darth.tytyd
Generasi Sandwich, Apasih itu



Setelah milenial dan generasi micin, sekarang muncul lagi istilah baru "Generasi Sandwich". Maksudnya bukan generasi yang suka makan sandwich, bukan...

Istilah generasi sandwich digunakan untuk menggambarkan orang-orang usia produktif  yang harus menanggung kebutuhan finansial dirinya sendiri, anak, orang tua, serta saudara.



Generasi Sandwich. Gambar dari ReksadanaSAM


Nah, ilustrasinya seperti gambar di atas. Fenomena generasi sandwich ini terjadi karena ketidakmampuan generasi tua untuk mengatur keuangan dan menyisihkan dana pensiun. Jika tidak diperbaiki, akan terbentuk suatu mata rantai yang turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Yang tua menggencet yang muda. Gitu terus sampai yang masih bocah pun terancam kegencet 😅


Untuk golongan menengah ke atas, fenomena ini mungkin jarang terjadi. Kalau ortunya kaya, nggak mungkin kan bakal bergantung sama anak meskipun udah sepuh. Yang ada malah kadang mereka masih bantu anaknya secara finansial meskipun si anak sudah punya penghasilan sendiri. Lain halnya dengan golongan menengah ke bawah. Rata-rata orang dengan penghasilan minim dan tingkat pendidikan rendah, berprinsip bahwa "sudah sewajarnya anak harus membantu orang tua. Merupakan kewajiban bagi anak yang lebih tua untuk membantu adik-adiknya secara finansial". Ini beneran saya temui dalam kehidupan sehari-hari. Keluarga saya pun punya prinsip seperti itu. Bahkan orang tua saya juga sama.


Kadang berat juga rasanya. Di satu sisi kita perlu memikirkan masa depan sendiri dan di sisi lain ada kebutuhan keluarga yang tidak bisa diabaikan. Please jangan tembak dengan kalimat, "Membantu keluarga itu ibadah loh.. Kalau ikhlas, pahalanya besar banget."

Iya, memang... Membantu keluarga termasuk ibadah dan pasti pahalanya besar. Apalagi dalam agama saya, diutamakan untuk bersedekah kepada orang terdekat terlebih dahulu.


Tapi nganu... Kadang orang tua kurang bijak menyikapi masalah ini. Banyak orang tua yang beranggapan bahwa anak adalah investasi. Maksudnya investasi di dunia. Segala bentuk pengorbanan mental dan fisik, moral dan material yang telah mereka lakukan untuk anak, harus bisa kembali di masa mendatang. Ibarat nanam saham, maka returnnya harus tinggi. Dividennya harus banyak. Ogah banget rugi.


Sebagai contoh saya sendiri. Kebetulan saya anak tunggal dari keluarga yang sangat biasa-biasa saja. Bisa dikatakan saya beruntung karena seluruh perhatian orang tua hanya tertuju pada saya seorang. Tapi hal itu juga sejalan dengan tanggung jawab di masa depan. Ketika saya dewasa, maka hanya ada saya yang harus memikirkan segala tuntutan finansial. Menyokong sebagian dana renovasi rumah, beli kendaraan, kebutuhan konsumsi sehari-hari, dan menanggung biaya hidup orang tua di waktu yang akan datang. Untungnya, saya belum menikah sehingga saya masih bisa fokus.



Mungkin tidak begitu memberatkan jika orang tua tidak terlalu menuntut. Kenyataannya, banyak sekali orang tua yang secara terang-terangan menunjukkan bahwa anak harus bisa mengembalikan apa yang sudah mereka berikan dari kecil sampai dewasa. Ibaratnya mereka bilang di depan muka si anak, "Hey! kamu itu dari kecil kita kasih makan, kita rawat, kita biayain sekolah. Kita capek-capek cari uang buat ngidupin kamu. Sekarang udah gede, udah lulus sekolah, udah kerja, gantian dong.. Balikin apa yang udah kita kasih."


Jika kebetulan si anak punya rezeki yang bagus dan bisa memenuhi segala kebutuhan keluarga, maka mereka akan bangga dan bahagia. Tapi, ketika si anak MASIH BERJUANG dan BELUM BISA mewujudkan apa yang mereka impikan, mereka akan kecewa dan marah. Sedih nggak sih kalau begitu? Saya tidak mengada-ada atau mendramatisasi karena dulu saya mengalami itu. Alhamdulillah sekarang keadaan sudah jauh berubah. Sikap orang tua pun membaik seiring dengan bertambahnya financial support. Hahaha.


Please, don't get me wrong! I'm not blaming parents to rely on their children. Adalah hal yang wajar jika orang tua berharap anak bisa membantu kebutuhan mereka di hari tua. Yang perlu diperbaiki di sini adalah sikap dan cara penyampaiannya. Jadi, sebagai anak yang termasuk dalam generasi sandwich, saya ingin menyuarakan harapan anak kepada orang tua :

Jangan musuhi anak jika anak belum bisa memenuhi semua kebutuhan finansial keluarga

Ungkapkanlah harapan kepada anak dengan kata-kata dan cara yang bijak

Daripada bersikap kasar, lebih baik do'akan semoga rezeki anak lancar

Ketika anak memberi uang, meskipun jumlahnya tidak banyak, hargailah dengan mengucapkan terima kasih

Tidak perlu membanding-bandingkan anak dengan anak lain yang lebih sukses


Intinya, orang tua perlu banget mendukung proses. Jangan cuma mengacu pada hasil. Bantulah anak-anak yang sedang berjuang dengan memberikan sugesti positif. Semua anak pasti ingin membahagiakan dan membanggakan orang tua. Hanya saja, waktu dan rezeki yang didapat belum tentu sesuai harapan.


Untuk millenials, kita yang tingkat pendidikannya lebih baik dari para orang tua jaman baheula, harus bisa bersikap lebih bijak. Singkirkan mental bergantung pada anak (khususnya secara finansial). Boleh menjadikan anak investasi, tapi investasi akhirat..Hehehe. Jauh lebih penting kan, ketimbang terlalu sibuk mengurus duniawi?


Ciptakan kekayaanmu sendiri. Gambar dari Instagram

Selagi masih bisa bekerja, alangkah baiknya kita menyiapkan bekal finansial buat hari tua. Menabung tiap bulan dan memulai investasi sedini mungkin. Mari hentikan rantai generasi sandwich, sis and bro.. 💪

sum
Richy211
vasbungaku1985
riansantoso4776
riansantoso4776 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
5K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan