maaingwehAvatar border
TS
maaingweh
pengalaman kerja ane di PT.Infomedia Solusi Humanika (Infomedia Nusantara)
Halo gan, ane mo share nih pengalamen ane kerja di Infomedia Solusi Humanika,khusunya ISH bandung
Buat yg belum tau ISH itu perusahaan outsourcing gt biasanya client ny T*lkomsel & G*ruda tp ktny ada jg perussahaan2 lain. Langsung aja ya

Dulu ane masukin lamaran di jobfair bandung,sekitar kurang lebih 1 mingguan dipanggil buat interview.
Interview hari pertama banyak bgt yg dipanggil sampai harus dibagi per kelas ,tempatnya di ISH Malabar bandung.sebelum masuk kelas kita wajib isi formulir yg disediakan disana, oiya di form ini jika kalian mengisi keahlian bahasa inggris nya aktif nanti kalian akan mencerritakan pengalaman kerja harus menggunakan bhs inggris dan biasanya nantinya akan ditempatkan menjadi agent G*ruda. Interview ny sendiri dilakukan di dalam kelas di isi 1-15 orang nanti kita satu2 disuruh menceritakan pengalaman kerja/data diri.

Kurang lebih seminggu kemudian ada panggilan utk psikotes,psikotesnya sendiri standar lah ya.
Besoknya ane dapet sms panggilan utk interview user utk call center t*lkomsel WOW cepet bangetttt,pas interview user kirain yg dipanggil cm tinggal bbrp org ternyata 98% yg ikut psikotes kmarin lolos semua hehehe.

Sekitar 1-2 minggu kemudian dpt sms utk mengikuti training, ternyata yg interview user kmarin hampir lolos semua jg -_-a .training ny sendiri memakan waktu kurang lebih 3 minggu dibagi jadi 3 sesi training : softskill, hardskill, tandem

1.training softskill : disini kalian ky kuliah lg,nyatet2 materi, setiap hari dikasih tugas mirip anak2 baru ospek, tapi seru disini kalian dpt banyak temen baru sm trainernya juga seru2 jadi di kelas tidak terasa bosan. Disini kita dikasih tau klo nanti kita akan DAPAT uang training,cm nominalnya tdk disebutkan dan katanya baru cair di gaji bulan pertama.

2.training hardskill: hampir sama dgn softskill Cuma berbeda di materi yg disampaikan, jika di softskill kebanyakan materi sekitar kepribadian diri dan call center disinimaterinya ttg produk2 telkomsel, tiap harinya juga ada tugas2 contohnya selfie dengan petugas grapari telkomsel.Diakhir materi kita disuruh mengisi kuesioner dimana didalamnya ada poin ttg konsumsi, ya seharusnya kita selama training mendapat konsumsi cm kt trainernya nanti uang konsumsi bakal dimasukan di gaji bulan pertama dan lagi2 nominalnya tdk disebutkan.

3.tandem : nah di sesi ini sudah mulai banyak nih gan temen2 ane yg berguguran,oiya selama proses training kalian harus masuk terus jika tidak masuk 1 hari saja dengan alas an apapun langsung gugur/reschedule ke batch selanjutnya. Tandem disini ada 2 yaitu pasif dan aktif. Pasif yaitu kita ikut mendengarkan agent senior yg sedang online selama 2 jam. Dan tandem Aktif kita harus menghandle sendiri customer didampingi oleh agent senior. Disini banyak temen2 ane yg berguguran karena berhadapan langsung dengan ‘kejam’nya customer telkomsel hehehe

Setelah proses training beres kita ditawari kontrak untuk kerja part time terlebih dahulu,di parttime kita dpt di th 2016 Rp 13rb /jam. Ya terhitung kurang sh jika lihat dr uang transport dan makan kita tiap harinya apalagi yg rumahnya jauh ane pikir waktu itu gpp lah buat pengalaman. Oiya sebelum ttd kontrak cb dibaca dlu kontraknya yg jelas gan karena draft kotraknya ky dibuat copas gt hanya diganti2 kata2/nomernya saja maka ada poin2 dlm kontrak yg tidak jelas dan bias segera agan tanyakan langsung.lalu disini jg dijelaskan klo kita gajian di tgl 28 TAPI hitungan kerjanya per tanggal 15. Jadi misalkan kita ttd kontrak tgl 1 meskipun kita kerja smp tgl 28 pas gajian tp hitungan gaji kita dihitungnya cuma sampai tgl 15 saja jam2 an nya. Well

Pengalaman pas masuk kerja di bulan pertama agan cm dpt 4 jam saja setiap harinya,disini mulai bnayak temen2 ane yg berguguran lg karena ‘shock therapy’ dr pelanggan telkomsel hehe. Ga aneh sih karena pas training kita belajar materi ky kapan ultah telkomsel,visi misi perusahaan,dll sedangkan kenyataan di lapangan ny beda jauh, belum lg ketika training porsi yg diajarkan utk mengenal software2 yg digunakan ketika online sangat minim. Akibatnya banyak temen2 ane yg kewalahan menghadapi pelanggan dan berujung pada maki2an. Sebelum terjun ke layanan kita dikasih tau oleh trainer tidak usah khawatir klo kesusahan dilayanan nanti akan ada senior dan TL yg akan membantu. Kenyataannya tidak seperti itu. Hanya segelintir TL saja yg mengerti tugas mereka sebagai 'teamleader' . Pernah ketika teman sy hendak menanyakan solusi kpd TL perempuan yg sedang ngobrol malah disuruh coba tanya ke TL yg lain saja pdhl TL tsb tdk sedang sibuk dan mengobrol mengenai tempat makan enak di bdg (WTF). Yg ane tangkap disini ISH divisi cc *elkomsel terlalu mendewakan call yg masuk, pernah ane habis selesai solat ditanyain “kenapa solatnya lama?”(WTF) ketika sedang ramai ada call,lalu utk solat jg kita harus solat di tempat layanan tsb di pojokan sudut ruangan dgn alasan demi menghemat waktu,pdhl di lantai dasar ada musola bagus yg layak digunakan utk solat berjamaah.

Nah ketika sudah masuk kerja part time ini banyak agenda2 kegiatan di luar jam kerja yg wajib utk diikuti seperti kurikulum tambahan,coaching,tandem,dll yg seharusnya dilakukan ketika proses training dulu. And u know what, jam kerja overtime tsb tidak dibayar sama sekali lho gan dan itu harus dilakukan diluar jam online kita.

Ane coba sabar aja dan ikutin prosesnya ky gimana skalian nunggu gajian pertama hehe. Gaji pertama berhubung hitungannya cm smp tgl 15 (walaupun kita kerja smp tgl 28) ane dan temen2 seangkatan cm dapet sekitar 400-500rb aj gan. Dan uang training dan uang konsumsi yg dijanjikan sebelumnya TIDAK ADA. Ketika kami menanyakan mereka mengelak dengan mengatakan seharusnya training yg dilakukan ISH ini berbayar.kalau memang seharusnya training ini berbayar apa kita bisa mengaplikasikan hasil training kmarin di *ndosat?*L?*ri? Apa kita dapat sertifikat dr training kmarin? Jawabannya tidak.

Disini ane merasa cukup dengan perusahaan ISH ini, hingga akhirnya ane memutuskan utk pindah ke tempat lain alhamdulillah dgn pekerjaan dan gaji yg layak tentunya hehehe.
Walaupun ane sudah tdk lg di tmpt tsb ane msh bergabung di group sosmed,ya meskipun pekerjaannya kurang cocok dgn ane tp teman2 yg ada disana sudah seperti keluarga sendiri. Dan katanya memasuki bulan ke 2 jam kerjanya ditambah lg bahkan ada temen ane perempuan masuk dari jam 2 siang- 9 malam ditambah harus coaching tambahan sampai jam 11 mlm sehingga ketika pulang dia harus menunggu di pos satpam utk menumpang karyawan lain yg searah pulangnya karena jam segitu sudah tidak ada lg angkot yg lewat situ,ckckck.

Tp agan tdk usah khawatir, katanya sih setelah 3 bulan nanti akan diangkat ke fulltime dgn gaji 2,3jt (blm termasuk tunjangan lembur malam,prestasi,kehadiran) durasi kerja 9 jam untuk pria biasanya masuk dr sore smpai tengah malam, tp tergantung dr performa kita jg karena kmrn2 ane msh liat di layanan agent yg sudah lebih dr 4 bulan masih belum diangkat jg jd fulltime. Lalu utk agent yg sudah fulltime jg jika kinerjanya bagus bisa diangkat/pindahkan menjadi cs grapari. Malah ada agent yg sudah bekerja selama 7th disini.

Klo menurut ane pekerjaan ini cocok sih buat fresh graduate ato mahasiswa yg masih kuliah buat nambah2 pengalaman. Tp klo buat yg nyari kerjaan office hour bukan disini tempatnya,contohnya hari ini tgl 5 Mei ada libur panjang temen2 ane di layanan tidak libur malah ditambah jam kerjanya hehehe. ada sih layanan obc yg office hour itu tugasnya menawarkan produk ke cust via telp dgn gaji sekitar 2,3 belum termasuk bonus klo achieve target.lalu agan2 jika bekerja di bidang pelayanan harus siap2 jika lebaran tidak berkumpul bersama keluarga tetapi akan mendapat tunjangan jg (hanya hari raya lebaran & natal saja). Oiya lalu utk izin juga aga dipersulit disini jika urusannya tidak penting2 amat (meskipun itu utk urusan keluarga: pengalaman ts) ttp harus masuk dan utk izin sakit harus ada ket surat dr dokter tdk boleh dr puskesmas.

Barangkali ada temen2 lain yg punya pengalaman lain sharing yuk disini ,nanti ane tambah2 lg klo ada info2 tambahan lg
emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh maaingweh 06-05-2016 03:55
nona212
nona212 memberi reputasi
1
89.5K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan