CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
D-DAY : Hari Pembebasan Eropa dari Kekuasaan Nazi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d85e893af7e932e8d74daff/d-day--hari-pembebasan-eropa-dari-kekuasaan-nazi

D-DAY : Hari Pembebasan Eropa dari Kekuasaan Nazi

Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 7
Quote:


Banyak blockade gan.. Jerman sudah mempersiapkan ini walau akhirnya kemakan isu juga. Lain cerita kalau kekuatan jerman full disini. Ada ranjau, barikade, trap dll.. Lagian pantai Normandy itu tebing2 tinggi ciri khas pantai di perancis dan inggris.. Satu2 nya jalan terbaik adalah menerjunkan airborne di Belakang trus infantry rangsek dari depan maka itu kenapa banyak jd korban jiwa dari sekutu..juga bantuan artileri dr kapal2
Quote:


Minyak terutama di daerah libya, bwt bahan bakar pesawat2 & tank2 tempur
emoticon-Salam Kenal
Quote:


Wah senior nih

emoticon-Jempol
Quote:



Film perang sepanjang masa yang selalu gw tonton lagi dan lagi
Khususnya band of brother emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
Quote:


Setuju gan, kegoblokan hitler yang nyenggol uni soviet yang akhirnya digempur dari barat ma timur
Belum lagi tentara nazi yang dikirim ke afrika
profile-picture
profile-picture
uray24 dan gagoblokgabener memberi reputasi
Quote:


kena ranjau tanknya? support tembakan kanon dari kapal angkatan laut sekutu ke darat ada nggak?
Quote:


sama sekali nggak ada pantai yang landai?
kalau masuk di pantai bertebing memang susah kayak mau nerobos benteng kalau sudah masuk pantai pun harus cari cara lagi supaya bisa naik ke tebing, untuk mengamankan pasukan tidak ada jalan lain selain mesti di bombardir dulu habis-habisan pantai dan tebingnya dari jarak jauh pakai artileri kapal dan serangan pesawat bomber
Jadi ingat peleton D. Haha
Quote:


Ada gan, mungkin ga banyak, mungkin ketakutan sekutu waktu latihan, 5 kapal pendarat tank dihajar torpedo jerman. Lagian ini kan operasi senyap, jd sebisa mubgkin menjauhkan dukungan al disekitar lokasi biar ga mencolok
Quote:


Aduh agan ini emoticon-Betty

Klo bombardir abis2an bisa tambah bengkak anggaran perang, apalagi kondisi ekonomi US pd saat itu jg gk terlalu bagus. klo bombardir Nazi jg punya AA FLAK CANNON jd terlalu risky. lagian ini operasi senyap... intinya hit them fast and hard

emoticon-Cool
Diubah oleh gagoblokgabener
ngga ada D-Day indonesia ngga akan merdeka seperti sekarang, hanya orang yang mengerti sejarah yang mengetahuinya
umum banget ini gan artikelnya, walau nais juga sih.

coba sisi lain perang dunia 2 yang lain, misalnya battle of bulge, dunkirk, afrika korps dll dll
ada versi filmnya gak? biasanya cerita nazi bnyk djadikan film
Quote:


masa operasi senyap ngirim pasukannya ribuan orang?? emangnya jerman nggak punya peralatan intelijen buat mendeteksi kedatangan pasukan musuh macam u-boat gitu??
kalau operasi senyap ya harus senyap nggak ada pergerakan besar-besaran
kenapa nggak kirim pasukan 'rambo' ya?
yang memang tujuannya untuk operasi senyap melumpuhkan dengan cepat kayak ninja bikin jalan masuk buat pendaratan pasukan
Diubah oleh barulangit
Sebelum d day terjadi, sekutu menemukan fakta mencengangkan bahwa ada laboratorium jerman yang mengubah warga sipil menjadi super human dengan serum. Tapi untungnya lab tersebut udh d bom dengan sekutu meski harus ngorbanin nyawa.








... Plot film Overlord
profile-picture
xandernathaniel memberi reputasi
Quote:


Ada tapi udah di jaga titik2 nya sama tim2 senapan mesin nazi juga jgn lupa ada ranjau.

Nah. Carpet bombing itu jadi doktrin sampai sekarang, jadi wilayah musuh di "steril" kan dulu mungkin dulu tantangannya sejalan dengan arsenal-arsenal perang nya. Cuma skrg kan tantangan nya semakin kompleks, sekarang udah ada SAM dan radar canggih minimal pake senjata anti pesawat macam S-60.

Kira-kira kualat gak ya nyebut S60 emoticon-Mewek

Yg pernah gue baca (cmiiw) itu salah satu D-day berhasil ya karena nazi kemakan isu dr operasi pengalihan yg di buat sekutu. Juga sebenernya di tubuh nazi sendiri sudah lemah,karena di blockade sana-sini. Belum lagi internal nazi sudah mulai ada perpecahan-pecahan termasuk posisi Hitler sendiri.

Sekutu tahu bakal byk korban jiwa di pihaknya pada saat itu, jadi memang yg diperlukan adalah semangat juang dan patriotis me nya. Bayangin anda baru loncat dari kapal udah mati duluan kena senapan mesin, padahal belum nembak apa-apa juga.
Diubah oleh PapinZ
Mantap nih diskusi agan2..menambah wawasan ane juga tentang d dayemoticon-Jempol
*Stalingrad: Hari Pembebasan Eropa dari Kekuasaan Nazi
profile-picture
profile-picture
gagoblokgabener dan lqmnnhkm memberi reputasi
Diubah oleh bocahharam
hmmm bahasan berat nnih
ikut nyimak emoticon-Cool
Quote:


Quote:


Quote:


Pertempuran untuk menguasai Inggris oleh Nazi Jerman itu sudah tidak ada harapan lagi, karena pada saat pertempuran tersebut RAF lebih superior dibandingkan Luftwaffe.

Walaupun pada saat itu juga Luftwaffe jauh lebih kuat dari RAF karena pesawat mengandalkan armor yang relatif lebih tebal dan persenjataan yang lebih berat.

Kekurangan Luftwaffe pada saat itu ada desain pesawatnya yang memiliki kapasitas bahan bakar yang relatif sedikit bila dibandingkan dengan bobot pesawatnya.

Singkatnya pesawat Bomber dan Fighter Nazi Jerman tidak mampu untuk terbang dalam waktu yang lama karena masalah bahan bakar, Fighternya tidak cukup lincah untuk melawan RAF Spitfire dan Hurricane, bila Pesawat Me 110 rusak sangat repot untuk memperbaiki-nya.

Sementara Spitfire dan Hurricane ini sangat sederhana desainnya dan mudah untuk diperbaiki, selain itu karena berperang di wilayah sendiris bila pesawat Inggris tertembak dan bila pilotnya selamat maka mereka bisa segera kembali dan bila ada pesawat lainnya dapat langsung mengudara kembali.

Disisi lain RAF pada saat itu memiliki dua keunggulan yaitu RADAR dan pesawat-pesawat Fighter yang lebih kecil, lebih mudah dimaintenance dan lebih Agile atau lincah dalam Dogfight.

RADAR adalah teknologi baru saat itu dan Nazi Jerman tertinggal dalam hal ini.

Inggris menempatkan RADAR pada posisi strategis dan bisa mendeteksi adanya serangan udara Nazi Jerman kira-kira 18 menit sebelum tiba, jadi masih cukup waktu bagi pilot-pilot RAF untuk mengudara dan Intercept sebelum Bomber Nazi Jerman menghancurkan pangkalan udara ataupun objek-objek vital bagi Inggris.

Karena itu Bomber Nazi Jerman selalu ke Intercept lebih dahulu sebelum bisa sampai ketujuan, jadi banyak yang sudah hancur lebih duluan sementara yang sampai dan bisa menjatuhkan bom kurang efektif karena jumlahnya yang sedikit.
Diubah oleh comrade.frias
Halaman 6 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di